Penyebab Buta Warna Dan Cara Mengatasinya

Buta warna, Apa sebenarnya yang membuat seseorang mengalami buta warna, adakah tindakan yang dapat mengatasi kelainan mata ini? Sebelumnya saya akan becerita awal mula saya mengenal buta warna.
Penyebab dan Cara Mengatasi Buta Warna


Sedih mendengar cerita pilu dari salah seorang teman dekat kuliah yang telah menunda studinya hampir 3 tahun untuk mendaftar menjadi TNI dan telah melakukan banyak perjuangan keras, latihan fisik hingga memesan, dana yang tidak sedikit, pindah tempat sana sini untuk mengejar cita-cita mulia menjadi tentara negara tercinta. Tragisnya ketika semua tes telah dia lalui hingga pada tes kesehatan kedua yang mengharuskan calon tentara lulus dari tes ishihara (tes uji apakah mata mengalami buta warna) ternyata dia baru tahu kalau memiliki kelainan pada matanya.

Depressi berat menimpa teman saya ini, hancur tidak kepalang, jauh-jauh dari jatim ke kalimantan namun pulang dengan membawa kesedihan yang mendalam hingga mengalami sakit yang harus di rujuk kerumah sakit. Dari kisah ini saya ingin sekali mengetahui lebih lanjut dan melakukan studi mandiri tentang butawarna ini. 

Penyebab Seseorang Mengalami Buta Warna

Dari mana sebenarnya asal seseorang terkena buta warna, sebelumnya kita akan membahas sedikit definisi dan sebabnya. Buta warna adalah kelainan pada mata yang di sebabkan oleh ketidak mampuan sel kerucut mata untuk dapat menerima spektrum warna tertentu yang di karenakan faktor genetis(keturunan).

Jadi seseorang bisa mengalami buta warna karena melalui gen yang di turunkan oleh orang tuanya. Umumnya di turunkan kepada anak laki-laki. Sedangkan perempuan akan memungkinkan menurunkan pada anak laki-lakinya kelak walupun dia tidak mengalami buta warna, ini karena wanita hanya membawa sifat keturunan. 

Seseorang yang memiliki buta warna dengan orang normal tidak bisa di bedakan secara fisik, mereka hampir sama. Namun yang sangat bisa di bedakan adalah saat menentukan warna pada objek akan berbeda. 

Buta warna sendiri terbagi dari dua jenis, yaitu buta warna total dan buta warna persial. Jika total maka orang tersebut tidak akan bisa melihat objek kecuali dengan warna hitam dan putih saja.Sedangkan persial dia akan kesulitan membedakan warna yang hampir mirip, karena bisa jadi 2 warna pada mata normal menjadi satu warna pada orang yang memiliki buta warna.

Adakah Cara Mengatasinya?

Sampai saat ini belum ada teknologi yang mutahir mampu menyembuhkan atau mengatasinya pada kelainan ini, namun ada beberapa kasus untuk buta warna persial dapat di obati dengan pengobatan tradisional. Memang untuk penyakit yang melalui sifat keturuna sulit untuk di atasi, namun bukan tidak mungkin kelak profesor kedokteran menemukan cara bagaimana menyembuhkan buta warna.

Pencegahan Buta Warna

Hampir sulit sekali di cegah karena sifatnya keturunan, namun yang bisa anda lakukan adalah mencegah ini terjadi pada anak laki-laki anda kelak. Caranya dengan mensleksi calon ibu (Istri anda) apakah memiliki garis keturunan buta warna. 
Sumber gambar :eddypasaribu.blogspot.com
loading...

0 Response to "Penyebab Buta Warna Dan Cara Mengatasinya "

Poskan Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi