Penyebab Bau Mulut Dan Tips Cara Mengatasinya

Taukah Anda penyebab bau pada mulut? Mungkin di antara anda ada yang belum mengerti mengapa mulut menjadi bau dan tips mengatasinya. Banyak orang yang mengalami permasalahan seperti ini, sama seperti saya dulu juga mengalami masalah ini, namun setelah mendapat tips dari teman-teman dan akhirnya berhasil di singirkan.
Penyebab Bau Mulut Dan Tips Cara Mengatasinya

Memiliki bau mulut tak sedap memang sebuah hal yang tidak mengenakkan ketika bergaul dan bersosial dengan orang-orang di sekitar kita, bau ini akan mengindikasikan bahwa Anda orang yang kurang bersih (jorok) dan pemalas. Heeem pastinya anda tidak mau di bilang seperti itu, apa lagi untuk mendekati calon pasangan idaman. Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

Pada kesempatan kali ini saya akan mensharing mengenai penyabab mengapa mulut menjadi bau apa lagi saat bernafas dan sekaligus bagaiaman mangatasi bau yang tidak sedap itu. Mungkin beberapa penyebab di bawah ini adalah salah satu faktor mulut Anda menjadi bau.

Penyebab Mengapa Nafas Mulut Berbau 

1. Kebersihan Mulut Dan Gigi

Semua orang yang mulutnya kotor dan kurang kebersihan akan mengakibatkan menumpuknya bakteri pembusuk sehingga akan muncul bau mulut yang tidak sedap. Salah satu penyeab mulut tidak bersih karena jarang berkumur dan menyikat gigi. Fakta menunjukkan orang indonesia jarang yang menyikat gigi sebelum dan sesudah bangun tidur. Padahal sisa-sisa makanan yang berada di mulut lebih dari 1 hari akan mengakibatkan bakteri berkembang biak dan menjadi bau, ini sebabnya kenapa dokter gigi menganjurkan menyikat gigi sebelum tidur malam dan sesudah bangun tidur.

2. Gigi Yang Berlubang

Bila gigi Anda berlubang mungkin inilah salah satu penyebab mulut anda menjadi bau. Alasan tepat mengapa menjadi faktor berbau karena lubang pada gigi akan menjadi tempat menumpuknya sisa makanan, plak gigi dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang sulit untuk di bersihkan dengan sikat gigi. Sistematika mengapa mulut menjadi bau karena bakteri karena sisi makanan yang tidak di bersihkan akan menjadi makanan bakteri yang kemudian terfermentasi, dari hasil fermentasi ini akan menimbulkan bau tak sedap dari mulut Anda.

3. Jarang Minum Air

Kok bisa ya bau mulut bisa di sebabkan kurang minum air? Alasannya karena air adalah stimulu yang merangsang terbentuknya air liur pada mulut. Peran air liur membantu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut karena berfungsi membunuh bakteri, bila anda jarang meminum air maka anda akan kekurangan kadar air liur sehingga bakteri pada mulut tidak terkendali hasilnya mulut menjadi bau. Fakta unik mengenai air liur berdasarkan pengalaman pribadi saya selain untuk mengatasi bau mulut juga dapat mengurangi rasa nyeri saat sakit gigi, caranya anda duduk bisa juga jongkok dan hadapkan wajah anda kearah bawah, lalu biarkan air liur anda keluar melewati sela-sela gigi yang nyilu selama beberapa saat (1-5 menit) dan rasakan secara perlahan rasa sakit gigi akan berkurang.

4. Kebiasaan Merokok

Jika Anda merasa pecandu rokok pastinya anda akan menyadari bahwa mulut anda akan bau rokok, tetapi sebenarnya bukan hanya malah itu yang akan di alami. Asap rokok yang anda hirup dan berkumpul di mulut anda membawa karbon-karbon penyabab munculnya bakteri jahat sekaligus menstimulus munculnya kanker mulut dengan gigi berwarna hitam dan munculnya plak tempat menumpuknya bateri penyebab bau. 

5. Makanan Penyebab Bau Tak Sedap

Ternyata makanan juga menjadi faktor mulut menjadi bau. Semisal bawang yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh jika di konsumsi menimbulakn bau tak sedap. Tetapi anda bisa mengatasinya dengan berkumur dan mengosok gigi setelah memakannya. Bawang juga di cantumkan di dalam sebuah hadist bahwa tidak di anjurkan memakan bawang dalam ke adaan mentah karena menyebabkan bau mulut. 

Tips Cara Mgatasi Bau Pada Mulut

1. Rajin Berkumur Dan Menggosok Gigi

Karena penyebanya mulut yang tidak bersih maka solusinya rajinlah menggosok gigi saat bangun tidur dan sesaat sebelum tidur. Juga biasakan untuk berkumur setelah makan karena berfungsi mengurangi sisa makanan yang menempel pada gigi.

2. Perawatan Gigi Berlubang

Jika sudah terlanjur gigi berlubang jangan bersedih hati, karena ada tips jtu agar bau mulut berkurang. Langkah pertama jika memungkinkan untuk di lakukan adalah dengan menambal gigi, andai sudah tidak mungkin di lakukan selanjutnya rajin meminum air putih setelah makan. bila perlu rutin untuk menggunakan obat kumur penghilang plak dan sisa makanan.

3. Hindari Merokok Dan Makanan Berbau

Caranya kurangi kebiasaan ini jika Anda sulit menerapkan ini maka biasakan untuk menggosok gigi dan minum air putih yang banyak setelah anda makan ataupun merokok. Lebih baik juga untuk berkumur menggunakan cairan pembersih seperti lasterin. 

Rangkuman dari artikle ini adalah kebersihan mulutlah menjadi penyebab penting dalam munculnya bau yang tidak enak ketika bernafas dan berbicara. Jaga selalu kebersihan mulut agar terjaga dari penyakit dan bau mulut. Demikian ulasan mengani Penyebab Bau Pada Mulut Dan Cara Mengatasinya. Semoga memberikan manfaat salam senyum :-).
Sumber gambar : blis.co.nz
loading...
Blog, Updated at: 17.06.00

0 comments:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi