Apa Itu Corel Draw? Berikut Penjelasan Serta Kelebihan dan Kekurangan

Corel Draw, software yang pastinya tidak asing ditelinga kita. Ketika mendengar Corel Draw, apa yang anda fikirkan? Software untuk editing? Ya, Corel Draw adalah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Mirip dengan adobe photoshop, yang mengkolaborasikan antara tulisan dan gambar.

Corel draw yang dibuat oleh Corel, perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada ini, dikembangkan pada windows. Corel draw juga pernah ada pada Linux, tetapi penjualannya dihentikan karena rendahnya penjualan.

Seperti apa kegunaan Corel Draw? Pada dasarnya untuk editing tentu saja, seperti menciptakan desain logo atau simbol. Terutama simbol 2 dimensi karena Corel Draw sendiri terkenal dengan kemudahan mengolah garis dan warna. Pengerjaan desain poster, pamflet, undangan serta brosur juga sangat mudah dikerjakan pada Corel Draw. Banyak sekali kegunaan Corel Draw, tergantung kita menggunakannya untuk editing apa. 

Apa Itu Corel Draw? Berikut Penjelasan

Corel Draw terkenal dengan banyak nya font yang sangat mendukung desain semakin menarik dan imajinatif, selain itu Corel Draw juga software yang gratis dan hampir semua PC memiliki instalan nya. Corel Draw terkenal dengan kemudahannya dan juga banyaknya pecinta komunitas Corel Draw sangat besar sehingga untuk mendapatkan tips tips dan trik untuk menggunakannya tersebar di internet.

Saat ini Corel Draw versi terbaik yaitu X3 yaitu versi ke 13. Dengan Corel Draw versi ini butuh spesifikasi prosesor, RAM, dan memori grafis yang tinggi untuk mendukungnya.

Lembar kerja di Corel Draw ada 6 fitur antara lain:
1. Title Bar, berisi info tentang aplikasi yang sedang aktif dan file yang sedang dikerjakan. Apabila file sebelumnya belum disimpan, nama nya akan menjadi graphic1.cdr, graphic2.cdr, graphic3.cdr, dan lain lain.
2. Menu Bar, berisi perintah mengenai file yang akan atau sedang dikerjakan. Isinya antara lain file, editing, view, layout, arrange, effect, bitmaps, text, tools, window, dan help.
3. Standar Toolbar, berisi perintah standar seperti:

  • New, untuk membuka file baru
  • Save, untuk menyimpan yang telah dikerjakan
  • Print, untuk mencetak hasil
  • Copy Clipboard, untuk mengcopy gambar atau tulisan
  • Paste Clipboard, untuk menyalin hasil copy
  • Cut, untuk memotong
  • Undo dan Redo
  • Export dan Import
  • Application launcher, untuk eksekusi aplikasi corel yang lain
  • Corel Online, untuk terhubung pada web Corel
Zoom Level, untuk memperbesar objek
4. Toolbox, berisi sekumpulan alat untuk membuat dan mengatur gambar, garis, dan warna
5. Printable Area, untuk area yang bisa kita cetak pada media kertas
6. Color Palette, yaitu palet warna untuk fill maupun outline objek sesuai default warna.

Meskipun banyak sekali kelebihan, pasti ada kelemahannya karena sesuatu tidak ada yang benar benar sempurna. Kekurangan untuk software Corel Draw adalah, Corel Draw memakan banyak memori dan resource lain sangat besar terlebih bila gambar yang dibuat mempunyai detail yang banyak. Selain itu, pada PC yang low end, penggunaan Corel Draw sering menimbulkan pesan 'crash' pada sistem bahkan dalam proses effect bevel atau emboss dalam PC yang bagus pun dapat timbul hang. Dan, besar file yang dibuat menimbulkan warna cetak tidak akurat (tidak sesuai seperti warna dilayar) pada beberapa jenis printer.

Bagaimana penjelasan tentang Corel Draw diatas? Sudah punya gambaran jelas, kan? Tentang kelemahan dan kelebihan serta apa saja yang ada dilembar kerja Corel Draw. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat!