Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wattpad, Situs Hitz Baca Buku! Pengertian dan Istilah Pada Wattpad

Wattpad, buat kalian para remaja pasti gak asing,kan dengan aplikasi ini? Wattpad adalah aplikasi untuk mengunduh dan membaca jutaan buku, dimana kita bisa membuat akun secara gratis! Uniknya, selain bisa membaca buku, kita bisa terhubung langsung ke penulis bahkan menulis cerita kita sendiri!

Tidak jauh berbeda dengan blogger, wattpad bisa memposting artikel, cerita bersambung atau cerbung, puisi, dan cerpen. Kita juga bisa mem vote dan memberi komentar pada cerita yang telah kita baca. Pada wattpad kebanyakan cerita nya berupa fanfic, yaitu cerita dengan tokoh idolanya. 

Pengertian dan Istilah Pada Wattpad


Wattpad memiliki istilah istilah unik, diantaranya yaitu:

1. Author
Author adalah penulis pada wattpad, biasa juga dipanggil thor.

2. POV
Singkatan dari Point Of View, itu semacam sudut pandang dari cerita tersebut. Jadi cerita bisa menggunakan sudut pandang orang pertama, atau orang ketiga serba tahu atau pengamat.

3. ASAP
Singkatan ini sebenarnya sudah menjadi bahasa slang sejak lama, tetapi menjadi sering digunakan pada wattpad. Singkatan ASAP dari As Soon As Possible. Maskutnya, secepatnya. Semisal kita membaca cerbung kita bisa mengcoment 'ASAP' agar cerita cepat dibuat kelanjutannya

4. Voment
Slang dari wattpad ini singkatan dari Vote & Coment. Jadi di wattpad kita memberi feedback kepada Author berupa vote dan coment. Cara memberi vote yaitu tekan gambar bintang dipojok kanan atas atau dibagian bawah tengah. Dan kita bisa mengkomen berupa pujian atau saran.

5. Silent Reader
Silent reader artinya pembaca yang tidak memberi vote dan coment, biasanya membuat Author gregetan. Tetapi, beberapa author tidak merasa terganggu ketika ceritanya tidak di voment oleh para silent reader.

6. TBC
Singkatan dari To Be Continued

7. Watty
Sebutan untuk para pengguna wattpad

8. Fyi
ini juga slang mirip ASAP dan sudah ada sejak lama, tetapi sering dipakai kembali di wattpad. Fyi adalah singkatan dari for your information yang artinya sekedar informasi.

Nah, jadi untuk kalian yang baru akan membuat akun atau bergabung dengan wattpad, sudah jelas kan? Panduan diatas bisa untuk pembelajaran atau informasi sebelum kalian bergabung diwattpad!