Amankah Mesin Sepeda Motor Bila Sering Ganti Merk Oli

Berdasarkan pengalaman pribadi motor saya juga sering ganti merk oli mesin sebab langganan bengkel saya selalu berubah. Pertanyaan ini muncul di benak saya " Aman ga ya motor kalau sering ganti merk oli?" Akhirnya untuk menjawab pertanyaan ini saya mencari informasi di internet dan akhirnya ketemulah jawabannya.

Ganti oli mesin motor memang perlu untuk menjaga kinerja komponen mesin tetap baik. (walaupun saya bukan anak teknik mesin tau lah sedikit-sedikit) Namun, yang menjadi masalah adalah apakah tidak apa-apa jika kita sering gonta ganti merk oli? Jawabannya tidak masalah. 

Amankah Mesin Sepeda Motor Bila Sering Ganti Oli

Alasannya? Sebab fungsi oli adalah untuk membersihkan mesin, medinginkan sekaligus sebagai pelumas mesin. Semua oli yang di jual di bengkel memiliki stadard SNI (produk resmi) sehingga bisa digunakan sesuai spek motor yang kita pakai. Misalkan motor metik dan motor bebek memiliki spek oli yang berbeda.

Berdasarkan hasil tanya jawab dengan tukang bengkel, mereka juga tidak mempermasalahkan kalau kita sering ganti merk oli, bahkan di suatu media digital juga menjelaskan kalau sering ganti merk oli itu tidak masalah, yang menjadi masalah adalah kalau mesin tidak di beri oli sesusai kapasitasnya akan menjadikan komponen mesin cepet rusak.

Kesimpul ya tidak apa-apa kita ganti merk oli, namun ada baiknya kalau kita konsisten pada satu merk. Alasannya untuk menjaga kualitas oli mesin tetap baik, karena jika kita ganti oli yang lainnya kita tidak tahu apakah oli yang baru kita gunakan cocok dengan mesin motor kita. 
loading...
Blog, Updated at: 06.04.00

0 comments:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi