Alasan Mengapa Harus Ganti Oli Motor Secara Rutin

Bila Anda baru memiliki sepeda motor, mungkin Anda akan bertanya-tanya mengapa ya kita harus rutin mengganti oli mesin motor secara rutin?. Berbeda dengan motor dua tak yang saat ini sudah jarang kita jumpai, karena kalah penjualan dengan motor 4 tak yang jauh lebih hemat bahan bakar. Oli pada motor 2 tak akan habis bersama dengan penggunaan sepeda motor, sedangkan pada sepeda motor 4 tak tidak, oli digunakan untuk memberikan pelumas pada mesin sehingga tidak habis. 

Dari pada membahas masalah yang tidak terarah lebih baik kita langsung pada pokok pembahasan yaitu mengapa kita harus mengganti oli sepeda motor secara rutin. Berikut ini ulasannya untuk Anda : 

Alasan Mengapa Harus Ganti Oli Motor Secara Rutin
Mengganti Oli Secara Rutin Merupakan Hal Yang Penting
Oli pada mesin motor memiliki tugas untuk menjaga performa dan kondisi mesin tetap dalam keadaan prima, dengan kata lain semakin baik kualitas oli motor yang ada pada mesin maka performa dan keadaan mesin Anda akan semakin baik pula. 

Walupun demikian bukan berarti Anda bisa menggunakan segala macam oli berkualitas pada mesin motor Anda, jadi saran saya sebaiknya Anda kenali dulu tipe motor Anda dan konsultasikanlah pada teknisi mesin motor kira-kira oli yang seperti apa yang cocok untuk tipe motor yang Anda miliki. 

Setelah menemukan oli yang cocok untuk tipe sepeda motor Anda, usahakan jangan gonta ganti merk oli atau jenis oli lain karena dikawatirkan akan merusak mesin sebab bisa jadi komposisi oli yang lainnya tidak sesuai standard tipe mesin motor Anda. 


Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli Kapan Ya?
Pertanyaan ini juga menjadi pertanyaan saya dulu, setelah mengetahui jawabannya saya jawab pada artikel ini. Kualitas oli dalam mesin akan berpengaruh pada jarak tempuh dan lamanya penggunaan mesin motor, maksudanya semakin lama atau semakin jauh jarak yang di tempuh oleh kendaraan Anda maka kualitas oli dalam mesin akan semakin menurun.

Biasanya saran untuk mengganti oli sepeda motor lama berkisar antara 3000 hingga 4000 kilometer, sedangkan pada motor baru lebih cepat. Untuk Anda yang ingin menjaga performa mesin sepeda motor agar tetap stabil pada 2000 kilometer atau 2 bulan sudah mengganti oli mesin dengan yang baru ( Tergantung intensitas penggunaan mesin dan kondisi jalan yang sering Anda lalui).

Jika penggunaan sepeda motor Anda sehari-hari memerlukan pejalanan yang jauh maka jangka waktu untuk mengganti oli motor baru semakin cepat. 

Hal-hal yang perlu Pertimbangkan dalam mengganti oli
Perhatikan beberapa hal berikut ini saat akan mengganti oli sepeda motor Anda :

1. Beberapa bengkel yang memiliki kompresor akan menyemprot lubang oli dengan udara bertekanan yang bertujuan agar oli lama dapat cepat keluar. Hal ini jangan dilakukan karena dapat mengakibatkan kotoran yang terdapat pada filter oli masuk ke area mesin.

2. Sebaiknya jangan membuka baut pembuangan oli apa bila mesin dalam kondisi panas, sebab tindakan ini dapat cepat merusak ulir baut.

3. Bila perlu gantilah ring oli setiap Anda membuka baut pembuangan oli, hal ini untuk mencegah kebocoran pada saat akan memasang baut oli.

4. Setiap 12.000 kilometer sebaiknya besihkanlah filter oli untuk membuang sisa kotoran yang mungkin terdapat pada mesin.

Sekarang Anda sudah mengerti kan, mengapa kita harus rutin mengganti oli mesin sepeda motor kita, Anda juga telah mengetahui hal yang harus dipertimbangkan dalam mengganti olis mesin. Semoga dengan membaca artikel ini mesin motor Anda tetap berperforma baik dan kondisi mesin tetap Oke. Sekian dan terimakasih untuk kunjungannya. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alasan Mengapa Harus Ganti Oli Motor Secara Rutin"

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi