Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Dasar Tepung Terigu dan Proses Pembuatannya

Sering memasak atau membuat kue dari tepung terigu tapi kebanyakan kita tidak tahu apa bahan dasar tepung terigu dan bagaimana proses pembuatannya. Pada artikel ini akan saya jelaskan untuk Anda para pembaca. 

Bahan Dasar Pembuatan Tepung Terigu
Tepung terigu berbahan dasar dari gandum yang di haluskan dengan berbagai proses sehingga menghasilkan tepung dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan standard konsumen.

Tepung terigu ini kemudian diolah menjadi berbagai macam makanan dan kue yang sering kita jumpai di sekeliling kita. Gluten yang terkandung dalam tepung terigu memiliki peran dalam menentukan kekenyalan makanan.

Bahan Dasar Tepung Terigu dan Proses Pembuatannya

Proses Pembuatan Tepung Terigu 
Dala proses produksi tepung terigu terdapat 4 tahapan, yaitu : 
1. Cleaning (pembersihan)
Proses ini bertujuan untuk mendapatkan biji gandum yang bersih dan terhindar dari partikel lain-lain seperti batu, krikil, tanah ataupun tanaman lain yang ikut pada proses pengumpulan biji gandum. 

2. Tempering (proses agar biji gandum agar siap digiling)
Tahapan ini biji gandum yang sudah di sortir dan dibersihkan dari partikel lain di kondisikan agar siap di giling, dengan cara di semprotkan air hingga pada kadar tertentu dan selanjutnya di diamkan selama beberapa jam biasanya 18 sd 36 jam tergantung kebutuhan pabrik.

3. Milling (penggilingan)
Pada bagian ini gandum yang berupa biji akan digiling secara mekanik sehingga menjadi hancur seperti tepung pada umumnya. Tahukah Anda bahwa proses penggilingan biji gandum hingga menjadi tepung membutuhkan 3 proses yaitu pemecahan, penghalusan dan pengayakan. 

4. Packing
Setelah 3 proses di atas sudah dilakukan maka langkah terkahir adalah pengemasan tepung agar tepung dapat aman disimpan dan di distribusikan ke toko-toko penjual tepung. 

Nah itu tadi ulasan tentang Bahan Dasar Tepung Terigu dan Proses Pembuatannya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman para pembaca. Terimakasih dan sampai jumpa.