Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Presentasi Power Poin yang menyenangkan berdasarkan pengalaman pribadi

Beberapa hari yang lalu saya mendapat tugas untuk membuat makalah dan presenasi di mata kuliah Ekologi Tanaman yang pokok pembahasannya mengenai PLASMA NUTFAH NABATI yang merupakan kelompok terakhir, namun teman saya tidak pernah masuk kuliah maka saya presentasi sendiri. Sekarang kita langsung ke poko pembahasan bagaimana sih presentasi yang menyenangkan baik bagi audiens dan bagi pemateri yang menyampaikan presentasi di depan teman-teman.
  1. Siapkan bahan materi pembahasan
    Agar tidak terhamabat dalam menyampaikan maka perlu dipersiapkan materi yang akan disampaikan dalam presentasi minimal seminggu sebelum hari H, ini tujuannya agar ketika kita didepan kita ga monoton liatin slite show terus, padahal kalau seperti itu audiense bakal ngerasa penyampainya kurang kompeten dan hanya asal-asalan dalam menyampaikan. Penonton juga ngerasa tidak di hormati karna tidak ada kontak diantara penonton dan pengisi acara.
  2. Carilah Informasi atau data-data ilmiah
    Data ilmiah maksudnya disini kita mencari data yang kongkrit dan usahakan sesuai fakta, penelitian dan pengalaman orang lain. Contohnya bab plasma nutfah tadi saya mencari data ilmiah tentang jurnal yang menyangkut plasma nutfah itu, kalau bisa juga diberi data penunjang seperti jurnal yang membahas punahnya plasma nutfah nabati karna polusi dan lain-lain.
  3. Dapatkan hati audiens saat pembukaan
    Mengapa harus mendapatkan hati para audiens saat pembukaan? jika Anda bisa melakukan ini maka anda dapat memberikan kesan ke mereka dan anda mendapatkan perhatian mereka. Cara mendapatkan hati penonton di awal presentasi itu banyak cara, saya akan membagi satu cara yang bener-bener ampuh dan terbukti saat saya presentasi kemaren di kelas. Ilmu ini saya dapat dari acara Seminar kuliah di New Zealan yang pematerinya memberikan hadiah pada sesi awal acara presentasi di buka, mekanismenya sangat sederhana. Mereka memberi pertanyaan gampang tentang materi yang disampaikan, contoh "siapa yang tahu kota terbesar di New Zealand?" jelas banyak yang tau namun yang berani angkat tangan cuma sedikit dan yang angkat tangan dan menjawab entah bener atau salah yang penting kita mengapresiasikan keberanian mereka dengan hadiah sederhana itu membuat mereka sangat senang, secara tidak langsung audiense yang lain tertarik dengan cara anda menarik perhatian mereka. Hadiah yang diberikan tidak usah terlalau mahal, saya aja cuma ngasi cokolotos 3 buah untuk tiga audiens dengan jeda yang cukup panjang. 
  4. Berikan gambar atau video dalam Slite Show
    Ini sangat membantu bagi audiens yang tipe visual karna mereka tertarik pada gambarnya dengan penglihatan mereka. Anda mendapatkan perhatian mereka secara tidak langsung. Keuntungan yang lain ada fareasi di presentasi anda.Gambar atau video apa yang di ikutkan dalam slite show? ya yang masih ada hubungannya dengan materi conotoh saya kemaren memekai video tentang penyebab perubahan iklim akibat pemanasa.n global yang dampaknya memunahkan plasma nutfah tertentu. Berikan joke kecil atau cerita lucu di selah ke bosanan para audiense contohnya "aneka ragam plasma nutfah memberikan dampak banyaknya warna pada tumbuhan ada putih, coklat, kuning dan hitam, hitamnya sepeti saya, namun walaupun saya hitam audiense tercantik disini naksir sama saya" terserah anda mengelola kata atau uga mencari kata-kata lucu di internet.
Demikian tadi sedikit tips dan trik Cara presentasi  power poin yang menyenangkan berdasarkan pengalam pribadi yang terbuki dapat memberikan nilai tambah pada saat presentasi bahkan dari awal sesi dibuka, semoga bermanfaat salam dari saya maz muiz :-)