Cara Membuat Jahe Instan Mudah dan Sehat

loading...
Cara Membuat Jahe Instan Mudah dan Sehat- Jahe adalah tanaman rimpang yang memiliki batang semu dan beraroma khas. Bentuknya yang unik dan rasa pedas yang dimilikinya membuatnya sebagai salah satu minuman penghangat yang di faforitkan. Tanaman rempah ini sudah digunakan sejak lama sebagai bumbu masakan, obat-obatan dan minuman sehat. Industri-industri sudah banyak yang membuat produknya dari bahan baku jahe.

Pada umumnya jahe dikenal dengan tiga jenis yaitu jahe emprit, jahe gajah dan jahe merah. Kali ini saya akan berbagi dari hasil praktikum Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) kemaren. Awalnya saya bingung giman caranya ya biar jahe bisa dijadikan bubuk instan. 


MInuman sehat merupakan minuman yang dibuat dari peramuan tanaman yang memiliki dampak posistif pada tubuh, membantu metabolisme dan menyegarkan ketika di konsumsi. Jahe instan merupakan salah satu minuman instan yang dapat menjadi piliah di rumah. Okey sesuai dengan judulnya, sekarang mari kita buat.

Alat dan Bahan Membuat Jahe Instan

Alat yang kita gunakan cukup sederana yaitu pemarut, pisau, wadah, saringan kain, baskom, kompor, wajan dan pengaduk makanan, sedangakan bahan yang digunakan jahe 1 kg dan gula 1 kg.

Siapkan bahan-bahan di atas di dapur. Jenis jahe yang digunakan terserah sobat , bisa jahe emprit jahe gajah dan jahe merah, tetapi kalau saya yang percobaan kemaren menggunakan jahe emprit dan jahe gajah.

Perbedaan pada hasil kedua jenis jahe di atas adalah pada rendemen dan rasa pedas yang di hasilkan. jahe emprit memiliki rasa yang lebih pedas dan rendemennya hampir 50% menurut dsen saya ini sudah bagus kalau tembus 50% sedangkan jahe gajah aroma, kepedasan dan nilai rendemennya masih kalah dengan yang emprit.

Cara Membuat Jahe Instan Sendiri

Sebelum membuat jahe sebaiknya tangan anda dilindungi dengan sublock atau semacam sarung tangan agar tidak panas. Kalau bisa juga gunakan clemek biar tidak kotor. Okey kita langsung ke pembuatan.
  1. Bersihkan jahe dari sisa-sisa tanah yang menempel dan kulit jahe yang hitam dan kotor di bersihkan dengan menggunakan pisau hingga cukup bersih, saran saya jangan di kupas kulitnya karena akan mengurangi rendemennya nanti.
  2. Parut jahe yang sudah dibersihkan di atas dengan pemarut, kalau punya mesin penggiling pemarut silah gunakan itu saja karena lebih cepat dan lebih aman.
  3. Hasil parutan diperas dan disaring dengan menggunakan saringan kain yang halus agar ampas tidak terikut dalam perasan, kan yang akan di ambil adalah sarinya ingat prosedur ini tanpa penambahan air jadi murni sari jahe saja. 
  4. Tunggu 3-5 menit agar pati dan sari yang sudah di peras terpisah. Pati itu lapisan larutan hasil perasan yang paling bawah berwarna putih kental sedangkan sarinya ada di atasnya pati.
  5. Tuangkan sari jahe ke atas wajan dan tambahkan juga gula 1 kg kemudian nyalakan kompor. Nyala apai sedang saja jangan besar-besar, aduk-aduk adonan terus menerus hingga mendidih, ketika telah mendidih terus di aduk agar gula tidak mengkaramel atau berwarna coklat agar hasil bubuk jahe instan hasilnya bagus.
  6. Proses pengadukan terus dilakukan sampai adonan menjadi bubuk, pemasakan ini tujuannya untuk menguapkan air dan sari buah mengikat gula sehingga bubuk yang di hasilkan bersatu dengan jahe instan.
Bubuk jahe instan yang dihasilkan bila bagus akan berwarna seperti susu (putih aga kecoklatan ) memang proses yang paling lama dibagian pengkristalan dan pembubukan saat memasaknya di atas kompor. Setelah jadi silahkan sobat timbang bobotnya untuk menghitung rendemen yang dihasilkan, caranya dengan membagi berat jahe dan gula sebelum di proses dan hasil bubuk jahe instan yang di peroleh kemudian di bagi 100. hasilnya kalau punya saya jahe emprit 49% sedangkan jahe gajah sekitar 48% kalau di kilogramkan akan sekitar 1 kg kurang beberapa gram untuk emprit.

Sobat coba deh jahe instannya dengan menyeduhnya dengan air hangat, porsinya sesuai selera, kalau saya biasanya 2 sendk makan untuk gelas ukuran sedang sudah enak. 

Demikian Cara Membuat Jahe Instan Mudah dan Sehat yang bisa saya share di hari ini, semoga bisa bermanfaat untuk semua pembaca. terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk meninggalkan komentar ya.


loading...
Blog, Updated at: 11.32.00