Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Khasiat Kegunaan Fungsi Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Kecantikan Wajah Kulit Rambut Diet Dan Jerawat

Jeruk Nipis adalah salah satu jenis buah jeruk yang sangat familiar di dengar oleh semua orang indonesia bahkan luar negri. Buah yang penuh manfaat ini umumnya berwarna hijau sampai ke kuningan, ukurannya lebih kecil dari pada buah jeruk yang langsung bisa di konsumsi, cara mendapatkan buah ini juga cukup mudah, di pasar tradisional bahkan di super market menyediakan buah ini.

manfaat khasiat fungsi kegunaan jeruk nipis


Biasanya jeruk ini kita buat sebagai penambah rasa asam pada soto dan mungkin juga sering kita buat untuk minuman segar pelepas dahaga. Banyak sekali khasiat yang bisa kita manfaatkan dari jeruk nipis ini. Kebetulan saya juga suka mengkonsumsinya setiap hari. Awalnya saya mendengar dari teman saya tentang manfaat jeruk nipis bisa mengurangi minyak berlebih di wajah, karena wajah saya berminyak makanya saya tertarik mencobanya dan alhasil benar kata teman saya, minyak di wajah saya berkurang. Tidak sampai di situ saja, saya mencoba memperdalam pengetahuan tentang jeruk nipis dan mulai mengembara di dunia maya untuk mencari informasi lebih lengkap mengenai hal ini, apa saja sih kegunaan dan mafaat jeruk nipis untuk kesehatan dan adakah hubungannya dengan jerawat dan diet. 

Setelah bosan membaca banyak sumber mengenai jeruk nipis akhirnya saya mendapat informasi yang cukup padat legas dan ringkas (kayak apa aja bahasanya ya heheh) saya sengaja menggunakan bahasa tidak formal karena saya suka bergaul dan anda sebagai pembaca saya anggap sobat karip saya, maka dari itu saya menggunakan bahasa pergaulan agar anda merasa lebih dekat dengan saya. Okey balik ketopik, ternyata jeruk nipis ini sudah di manfaatkan oleh nenek-nenek moyang kita dan sudah digunakan diseluruh dunia, waah sungguh luar biasa, coba di bayangkan hampir seluruh orang di dunia mempercayai manfaatnya, berarti testimoni tentang khasiat bauh jeruk nipis ini tidak diragukan lagi. Lalu apa saja manfaat jeruk nipis bro ? Ia ia sabar mas, mba, kakak, adek, bapak dan ibu ini sudah saya rangkumkan buat anda-anda semua :

Manfaat jeruk Nipis Untuk Kecantikan

manfaat jeruk nipis untuk kecantikan


Manfaat masker jeruk nipis untuk kulit wajah

Salah satu cara memanfaatkan jeruk nipis adalah dengen membuatnya sebagai masker, selain pembuatannya mudah dan tidak perlu ribet manfaatnya pun sangat banyak untuk kulit, kan di pakeknya buat kulit jadi sangat cocok untuk teman yang peduli kecatikan namun pingin yang tradisional.

9 Manfaar masker jeruk nipis pada wajah:

  1. Mampu Menghilangkan komedo
  2. Mampu Membersihkan kulit wajah yang kusam
  3. Mampu Menghaluskan kulit wajah yang kasar
  4. Bisa mengencangkan kulit wajah
  5. Bisa mengangkat sisa-sisa kosmetik
  6. Dapat menghilangkan jerawat
  7. Bisa Menyamarkan noda dan bintik hitam
  8. Juga bisa mengatasi kulit berminyak
  9. Mampu Menghilangkan tanda-tanda penuaan
Sebenarnya masih ada lagi manfaat dari masker jeruk nipis ini, tapi saya fikir segitu saja udah cukup karena kebanyakan masalah wajah yang di alami pada umumnya di antara sembilan itu. Cara membuat masker jeruk nipis cukup dengan sabuah jeruk nipis yang masih segar kemudian sobat belah jadi dua, oleskan sisi jeruk nipis yang berair ke kulit wajah secara perlahan-lahan atau juga bisa dengan memeras dan di ambil airnya sobat oleskan pada wajah sobat, selanjutnya tunggu beberapa saat hingga cukup mengering setelah itu cuci wajah dengan air yang sejuk dan lap dengan kain yang lembut, lakukan cara ini sebelum sobat tidur maka nanti kerasa manfaaatnya setelah beberapa hari. 

Cara ini ampuh untuk merawat kecantikan wajah anda, sedikit memberi informasi, teman kerja saya membuktikannya, dia memiliki wajah yang bersih dan mulus di wajahnya karena sering menggunakan masker jeruk nipis dan saya bandingkan dengan teman saya yang lain yang kulit wajahnya sama putih tapi tidak menggunakan jeruk nipis hasilnya sangat berbeda, teman yang menggunakan masker ini memiliki kulit yang lebih bagus dan cantik.


Manfaat Jeruk nipis untuk diet

Nah sekarang masuk soal diet, apakah anda ingin diet? ternyata jeruk nipis juga memiliki peran dalam membantu usaha anda untuk diet. Mungkin anda pernah mendengar informasi dari tetangga ataupun teman-teman dekat anda , kalau jeruk nipis bisa membuat berat badan menjadi ideal dan langsing. Setalah mendengar hal itu timbul pertanyaan " Benar ga sih manfaat jeruk nipis untuk diet? " Bagi anda yang memiliki pertanyaan demikian akan saya coba jelasakan berdasarkan apa yang saya baca dari berbagai sumber, dan jangan khawatir akan saya sertakan juga alasan secara ilmiahnya.

Bagi sobat yang sedang memogram diri untuk menurunkan berat badan, Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang sangat penting untuk tubuh . Alasannya ialah karena Vitamin C itu memiliki fungsi tertentu dalam membantu tubuh sobat untuk menyerap kalsium di dalam sel-sel lemak. Selain itu, vitamin C adalah komponen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses sintetis carnitin. Carnitin merupakan sebuah molekul yang sangat kecil dalam tubuh yang mempunyai peranan penting di dalam proses transportasi lemak yang kemudian dikonversi oleh tubuh menjadi energi. Apabila semua proses tersebut berjalan dengan baik, maka di dalam tubuh sobat tidak akan ada lagi lemak yang tertimbun.

Alasan Mengapa Jeruk Nipis Bisa Membantu Proses Melangsingkan Tubuh ?
Tidak hanya kandungan Vitamin C yang terdapat didalamnya, jeruk nipis juga banyak terkandung asam yang berfungsi sebagai agen pembantu proses pencernaan dalam perut Sobat . Asam ini mampu berinteraksi sedemikian rupa dengan asam dan enzim lainnya dalam perut sehingga berdampak pada proses pencernaan yang sehat dan alami. Kandungan asam yang tinggi dalam air jeruk nipis bisa juga berperan penting dalam membantu dalam mengurangi penyerapan gula dari makanan yang sobat makan.

Para peneliti sudah membuktikan bahwa orang-orang yang meminum jeruk nipis secara rutin setiap hari cenderung lebih memiliki berat badan yang ideal. Mereka juga menemukan bahwa diet menggunakan jeruk nipis mampu membantu proses detoksifikasi dan mempercepat metabolisme dalam tubuh yang dapat bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Nah sekarang bagaimana caranya menggunakan jeruk nipis untuk diet ?
Banyak orang yang menyukai jeruk nipis dan mengonsumsinya dengan cara membuat minuman dari perasan air jeruk yang di tambahkan air, (bisa hangat atau dingin). Sobat bisa menggunakan metode ini untuk menurunkan berat badan  dengan membuat minuman jeruk nipis, terserah mau dingin atau panas, tapi jika sobat sedang mengalami batuk sebaiknya hindari es dan minuman dingin.

Cara menyajika jeruk nipis untuk diet sobat ambil perasan airnya kemudian masukkan dalam gelas dan dituangkan air hangat, agar rasa kecut atau asamnya berkurang bisa juga dengan menambahkan satu sendok madu supaya aga enak minumnya. Lakukan cara ini setiap pagi hari saat perut masih kosong saat sebelum sarapan. Jika sobat melakukan cari ini secara rutin maka tidak hanya berat badan menjadi ideal tetapi sistem kekebalan akan meningkat juga, tapi ingat selalu imbangi dengan gerakan atau olah raga ang cukup serta pola makan yang sehat. Namun jika anda mengidap penyakit maag sebaiknya jangan mengkonsumsi jeruk nipis karen kandungan airnya sangat asam dan tidak akan bagus untuk lambung yang terkena maag.

Manfaat Jeruk nipis untuk jerawat


Inilah salah satu keuggulan dari jeruk nipis, manfaaatnya juga mampu mengatasi masalh yang di alami banyak orang termasuk saya sendiri yaitu jerawat. caranya adalh dengan menjadikan jeruk nipis sebagai masker wajah, adapaun langkahnya sudah saya jelaskan di atas. So tinggal peraktek aja ya sobat.

Manfaat Jeruk nipis untuk memutihkan kulit 


Mungkin sobat tidak menyangka kalau buah ini bisa memutikan kulit secara alami. Tapi faktanya demikian, manfaat jeruk nipis dapat mengangkat kulit mati dan membersihkan kulit dari minyak yang berlebih pada kulit. Salah satu penyebab kulit menjadi gelap adalah kotoran, sel kulit mati dan minya yang menmpel di permukaan kulit, jadi cara membuatnya lebih cerah dan lebih putih dengan mengangkat penyebab kulit menjadi hitam.

Cara memutihkan kulit dengan jeruk nipis hampir sama dengan membuat masker, hanya saja air perasannya di oleskan pada kulit tubuh kita bisa wajah, lengan dan badan. lakukan cara ini sebelum tidur dan bersihkan setelah bangun tidur, tetapi jika merasa lengket dan tidak nyaman bisa sobat bilas ketika sudah mengering.

Dengan cara di atas sobat bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk merawat kulit dan mengatasi kulit berminyak.

Manfaat Jeruk nipis untuk kesehatan rambut


Selain untuk kecantikan kulit dan wajah, jeruk nipis juga dapat mengatasi beberapa masalah pada rambut seperti rambut rontok dan berketomebe Gak percaya ? coba aja. Berikut ini saya jelaskan satu persatu.

Rambut rontok sobat cukup satu buah jeruk nipis peras dan ambil airnya, oleskan airnya pada seluruh kulit rambut dan diamkan selama semalam, so lakukan cara ini sebelum tidur. setalah ke esokan harinya di bilas dengan air sejuk. lakukan cara ini berhari-hari dengan teratur dan lihat hasilnya setelah penggunaan setelah hari ke 5. Kalau ada pertanya "bilasnya boleh menggunakan shampo?" sebaiknya jangan, gunakan air bersih dan dingin.

Rambut Berketombe caranya hampir sama dengan cara di atas hanya saja perbedaannya sobat tidak mendiamkannya semalaman, diamkan sekitar 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih yang sejuk. lakukan 2 sampai 3 kali untuk hasil yang maksimal.

11 Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan


khasiat jeruk nipis untuk kesehatan


Untuk mendapatkan khasiat jeruk nipis yang masimal perlu tau, bagaimana manyajikan minuman jeruk nipis dengan benar agar gizi dan kandungan vitamin di dalamnya tidak rusak.

1. mengobat amandel
Bisa juga untuk mengobati amandel, caranya 3 buah jeruk nipis di potong-potong hingga berukuran cukup kecil, kemudian rembus dengan 2 gelas air hingga tingggal 3/4 kemudain gunakan ketika sudah hangat dengan cara di kumur lakukan 3-4 kali sehari

2. mengobati batuk
Saat musim hujan dan dingin seperti ini banyak yang terjangkit batuk, namun jangan khawatir karena salah satu khasiat jeruk nipis untuk meredakan batuk. cara menggunakannya adalah denganmengambil air perasa jeruk nipis, masukkan dalam gelas yang berisi air sedikit, tambahan satu sendok makan madu atau kecap agar tidak terlalu kecut dan diminum 2 samapi 3 kali sehari agar batuknya redah.

3. memperkuat sistem kekebalan tubuh
Salah satu peran vitamin C dalam tubuh manusia adalah sebagai antioksidan alami, racun-racun yang masuk ketubuh kita akan di netralisir oleh sistem imun dan antiksidan didalamnya. Jeruk nipis kaya akan dengan vitamin tersebut. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin dapat membantu memaksimalkan kerja jantung sehingga sirkulasi oksigen keseluruh tubuh melalui darah menjadi normal sehingga membuat tubuh kita menjadi segar dan kebal dari penyakit.Tapi perlu di imbangi dengan makanan yang bergizi dan olahraga yang cukup.

4. mengatasi masalah buang air kecil
Kalium merupakan salah satu mineral yang ada di jeruk nipis yang dapat membersihkan racun pada ginjal dan kandung kemih sehingga sangat baik untuk menngatasi dan menyembuhkan infeki pada saluran buang air kecil sobat. Namun, jika di obati dengan cara ini belum sembuh juga dalm beberapa hari segeralah periksakan kedoter.

5. mengobati penyakit kuning
Dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara di minum airnya dipercaya dapat menigkatkan fungsi hati dan mengobati sakit kuning. walaupun saya sendiri belum perah mendengar penelitian tentang hal ini apasalahnya jika anda memiliki sakit ini untuk mengobatinya dengan jeruk nipis.

6. mengatasi sembelit
Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa jeruk nipis kaya dengan antiksidannya, dengan meminum air perasan jeruk nipis dapat membersihkan toksin dan racun yang ada di usus. toksin ini yang membuat kita menjadi sembelit.

7. Sumber mineral
Mineral seperti kalium, kalsium, besi dan fosfor terdapat dalam kandungan sebutir jeruk nipis, mineral ini dibutuhkan oleh tubuh kita untuk proses metabolisme dalam tubuh kita.

8. Sumber vitamin C
Saya yakin sobat mengerti kalau buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, perlu di ketahui bahwa jeruk nipis adalah salah satu dari jenis jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

9. melancarkan pencernaan
Jika pencernaan sobat terganggu anda bisa mengkonsumsi minuman jeruk nipis, buah ini di percaya dapat melancarkan pencernaan. mengapa demikian? karena jeruk nipis mengandung flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam dan cairan pencernaan yang kesemuanya itu berperan dalam proses penceranaan.

Kegunaan dan Fungsi Jeruk Nipis

Bahan tambahan soto jeruk nipis sering digunakan untuk mingkatkan keasaman pada soto yang sedang dinikmati, tanpanya soto kurang nikmat bukan. Jeruk ini memang pekat dengan kandungan asam.

minuman penyegar saat panas hari usai beraktifitas sangat enak minum segelas es jeruk nipis plus gula. Apalagi dinikmati sambil menikmati udara segar dan mendengarkan musik, biasanya kalau saya sih minum sambil duduk dan mendengarkan musik seusai makan siang, bagaimana dengan sobat?
tambahan untuk soto

Mengangkat kotoran pada pakaian kandungan jeruk nipis seperti asam sitrat mampu mengangkat kotoran dan plak di pakaian kita, terutama akan terlihat jelas pada pakaian berwarna putih, biasanya akan tapak lebih cerah. Jika anda memiliki baju putih yang sudah kusam dapat menggunakan jeruk nipis untuk membuatnya lebih cerah.

Jeruk nipis membersihkan plak dan kotoran yang menempel pada bak mandi, asam sitrat juga sering di gunakan dalam mebersihkan kamar mandi, caranya perasan air jeruk nipis di campurkan kedalam wadah kecil berisi air dan di oleskan pada dinding yang kotor maka perlahan kotorannya akan luntur secara perlahan.

banyak sekali bukan manfat yang bisa kita ambil dari jeruk nipis ini. Sebenarnya masuh banyak hal yang bisa kata gunakan dari buah ini. Sobat perlu juga di ketahui bahwa apapun di dunia ini memiliki sisi yang berlawan, termasuk jeruk nipis, ada sisi negativ untuk sebagian orang contohnya buat yang menderita dan memiliki asam lambung berlebih semisal maag jangan sampai mengkonsumsi jeruk nipis dalam keadaan perut kosong, ada beberapa hal negatif yang mungkin juga akan mengakibatkan bahaya bagi tubuh dalam mengkonsumsi jeruk nipis secara tidak benar, namun insy@ akan segera saya tuliskan postingan khusus mengenai hal itu, jadi tunggu ya sobat.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Manfaat Khasiat Kegunaan Fungsi Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Kecantikan Wajah Kulit Rambut Diet Dan Jerawat semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, jika sobat suka dengan artikel ini tolong di share ya. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa.