Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Bau Kaki Dan Cara Mengatasi Kaki Yang Bau Secara Alami


Penyebab Bau Kaki Dan Cara Mengatasi Kaki Yang Bau Secara Alami- Apakah sobat mengalami masalah dengan kaki bau? jika ia berarti anda berada di tempat yang benar. Masalah bau pada kaki menjadi masalah bagi sebagian orang, apa lagi ketika berada di ruang tertutup dan berAC alas kaki harus di lepas, heem pasti baunya menyebar kemana-mana kalau udah seperti ini jadi tidak PEDE dan di jauhi oleh orang lain.

Penyebab Bua Kaki dan cara mengatasinya


Ada beberapa kasus yang saya temu tentang bau kaki, ada yang sudah menjalankan anjuran memakai teh namun, bau kaki tak kunjung hilang, ada yang sudah menggunakan bedak pada kaki juga bau kaki tetap menemani kaki. Sebenarnya apa sih yang membuat kaki kita bau? Banyak faktor penyebab kaki kita bua, bisa di sebabkan karena kebersihan yang tidak di jaga sehingga bakteri-bakteri penyebab bau, hidup dan berkembang di kaki kita, ada juga karena faktor alas kaki kita yang memiliki peran besar dalam membuat kaki kita menjadi bau.

Hal Penyebab Kaki Menjadi Bau

Kebersihan Sepatu Biasanya kaki yang bau itu di sebabkan sepatu yang digunakan tidak di jaga kebersihannya atau orang sering bilang kemproh. Sobat tau? kaki kita itu juga berkeringat, bila keringat mengendap di kaki dalam sepatu itu dapat menimbulkan bau di kaki kita. Air keringat dapat menjadi media tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab bau, apa lagi di tambah dengan kaos kaki yang tidak pernah dicuci hal itu akan membuatnya semakin parah. Sedikit bercerita ya sobat, sekitar 2 minggu yang lalu saya berangkat diklat lapang di suatu UKM mahasiswa, pergi ke hutan tanpa membawa sandal dan hanya sepatu yang digunakan pada saat itu saja. Di hutan selama tiga hari dan sepatu dalam keadaan basah ga pernah kering selama diklat lapang itu, dan tidak boleh di lepas kecuali untuk solat, tidur dan ke kamar mandi, sepulang dari diklat sepatu da kaki menjadi bauuu sekali. Dari cerita ini bisa menjadi contoh bukti kalau air dan keringat dalam sepatu bisa membuat sepatu menjadi bau.

Kaos Kaki Juga menjadi salah satu penyebab kaki menjadi bau, sama halnya seperti sepatu kalau kita ga pernah ganti maka juga bisa menjadi tempat tumbuh jamur dan bakteri yang bau apa lagi keringat di kaki membuatnya semakin bau jika berda di ruangan tertutup.

Kuku Yang Kotor Bisa menjadi bau bila tidak pernah di bersihakan dan di potong, buat apa juga sobat meramut kuku kaki toh juga tidak kelihatan kalau mau pamer hehehe. Sebenarnya kuku kaki menjadi kotor tergantung kebiasaan kita, jika lantai yang kita pijak kotor dan enggan mencucinya dengan rutin ini dapat membuat kaki menjadi bau tidak sedap.

Tips Mengatasi Bau Kaki Dengan Mudah dan Alami

1. Bersihkan Sepatu dan Kaos Kaki Dengan Teratur Salah satu penyebab kaki yang bau karena kebersihan sepatu dan kaos kaki, alasan jarang dibersihkan karena tidak sempat dan malas untuk melakukannya apa lagi di saat musim hujan seperti saat ini, giman mau kering dan juga butuh waktu yang lama untuk mengeringkannya. Hemmm oasti dah bau banget ya sepatunya. Sebaiknya di cuci seminggu sekali paling lama, jika saat ini anda mengalami bau kaki sebaiknya di cuci 3 hari sekali untuk kaos kaki dan sepatu. Ciri-ciri sepatu ketika harus di cuci adalah ketika kita gunakan terasa lengket tanpa menggunakan kaos kaki, saat seperti itu sepatu cepatlah di cuci agar tidak tumbuh jamur dan bakteri.

2. Bersihkan Kuku dan Kaki Kuku kaki juga dapat menyimpan bau busuk di sela-selanya, maka bershkanlah dengan memotong kuku dengan sutin dan mencuci kaki ketika akan tidur dan saat melepas sepatu. Sering angin-angikan kaki ketika dalam keadaan basah. Contoh kasus lagi dan dari pengalaman pribadi. Dulu (bukan sekarang loh) saya sering main lumpur dan pasir, kalau jalan kaki keluar rumah sering nyeker (ga pake sandal) akhirnya di sela-sela kuku kaki terisi pasir dan tanah saya biarkan kok lama-lama kerasa ga enak, kok ada bau yang tak sedap akhirnya saya congkel tuh sela-sela kaki dengan pinset dan sebelumnya saya potong kuku dulu, hasilnya kotoran berhasil di angkat dan heeemmmm baunya masya allah busuk banget. Owh ternyata ini penyebab bau kaki. Setelah kejadian itu saya rutin memotong kuku dan mencuci kaki ketika bermain yang kotor-kotor. Nah sekarang alhamdulillah kaki tidak menjadi bau lagi.

3. Jangan Memakai Sepatu Atau Kaos Kaki saat kaki dalam keadaan basah atau lembab, karena apa yang kita pakai di kaki akan juga basah dan lembab saat pemakaiannya, kalau terpaksa harus memakainya maka sebaiknya kaki di lap dengan kain yang bersih agar kering. Ini tujuannya agar bakteri tidak tumbuh di kaos kaki dan sepatu, dan agar sepatu tidak menjadi lemab. Kan ga enak kalau kaki lembab ngotot pake sepatu.

Saya pernah mendengar bahwa bau kaki juga diebabkan kerena genetik tubuh kita, tapi apa ia demikian? saya sendir jugatidak percaya 100% kalau GEN juga berperan dalam bau kaki kita. Soba jangan khawatir asal kaki sering di bersihkan, sepatu dan kaos kaki sering di cuci bau kaki akan hilang secara perlahan. Yang penting konsisten untuk selalu membersihkannya.

Saya kira cukup sekian pembahasan mengenai Penyebab Bau Kaki Dan Cara Mengatasi Kaki Yang Bau Secara Alami dan Insyaallah akan terus saya update tentang masalh ini. terima kasih sudah mampir semoga bermanfaat dan sampi jumpa