Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Ayam Kentucky KFC Tiruan - Resep Masakan

Resep Masakan Cara Membuat Ayam Kentucky KFC Tiruan - Resep masakan ini sangat populer ya kita dengar di telinga kita, di setiap mall besar, kota-kota besar hampir semuanya kita jumpai restoran KFC yang terkenal dengan masakan ayam spesialnya. Di TV pun kita selalu melihat iklan KFC yang menunjukkan betapa menariknya penyajian ayam yang di hidangkan dan rasa yang nikmat bila kita makan. Sekarang anda bisa membuat ayam yang hampir mirip dengan ayam kentucky ala KFC yang terkenal, ya walau rasanya mungkin sedikit berbeda dengan aslinya tapi jangan salah bisa jadi rasa yagn di hasilkan lebih enak buatan kita, apa lagi yang buat orang yang kita cintai yaitu istri kita tersayang (kita? hehe saya belum punya istri, jadi anda saja).

Resep Cara Membuat Ayam Kentucky KFC Tiruan


Sebelum kita membahas pada cara pembuatannya yuk kita mengintip sedikit tentang sejarah KFC di dunia dan siapa sih pendiri pertamanya.  Kentucky Fried Chicken atau dengan singkatan KFC merupakan salah satu brand perusahaan waralaba dari Yum! Brands, Inc. Berpusat di amerika serikat. Jadi, istilah Kentucky itu diambil dari salah satu negara bagian di Amerika. Pendirinya adalah Col. Harland Sanders, yang paling populer dari KFC ialah ayam gorengnya. Sanders Harland mengawali jualannya di SPBU kepunyaannya sendiri di Corbin, sebuah kota yang masih bagian dari Kentucky di thn 1939. Kemudian ia hijrah ke suatu motel. Namun, pada tahun 40-an ia menutup bisnisnya karena kotanya dibangun dan dilewati jalur jalan tol. Lalu di tahun 50-an, dia berkenalan dengan Pete Harman di Kota Salt Lake, yang kemudian mereka bersepakat membangun restauran KFC (pada mulanya restoran ini tidak bernama KFC). Harland menjual semua waralaba Kentucky Fried Chicken di thn 1964 sebesar $ 2 juta dollar. Dan pada umur 90 tahun, Harland terserang penyakit leukemia dan meninggal setelah melakukan perjalanan 250 ribu mil dalam setahun kunjungannya ke restoran KFC di seluruh dunia. Itulah sedikit profilnya, sekarang kita coba bagaimana cara membuat ayam goreng tepung ala Kentucky Fried Chicken.

Resep Cara Membuat Ayam Kentucky KFC

Bahan baku utama untuk membuat ayam kentacky ala KFC

- ayam 1/2 kg yang sudah bersih kalau bisa dagingnya yang paha bawah
- Minyak goreng yang berkualitas untuk menggoreng
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh lada halus
- 2 siung bawang putih

Bahan untuk membuat lapisan cair ayam kentucky tiruan ala KFC :

- 1 Telur ayam, yang di pakey kening telornya
- 1/4 sendok teh lada halus
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh vetsin
- 1/4 sendok teh baking soda sebagai pengembang dan perenyah
- 150 gram tepung terigu
- 150 mili liter air dingin biasa
- 20 gram tepung maizena

Bahan untuk Membuat Pelapis Kering Ayam Kentucky ala KFC :

- 200 gram tepung terigu
- 50 gram tepung maizena
- 1/4 sendok teh baking soda sebagai perenyah dan pengembang ayam goreng
- 1/4 sendok teh bubuk kaldu instan pilih yang rasa ayam
- 2 siung bawang putih
- 1/4 sendok teh vetsin sebagai penguat rasa

Proses Cara Membuat Ayam Kentucky KFC tiruan :

1. Bahan pelapis ayam yang cair di campur hingga merata
2. tambahakn kunign telur dan air sedikit demi sedikit dan aduk hingga merata
3. Masukkan kedalam lemari es atau kulkas, jika tidak punya bisa di letakkan di tempat yang dingin
4. Bahan yang digunakan untuk membuat lapisan ayam kering  juga di campurkan semuanya
5. Paha ayam bawah yang sudah kita siapkan di lmuri dengan garam, bawang putih juga selada kemudian di aduk hingga merata.  Di biarkan selama kurang lebih 10 menit agar meresap.
6. Kemudian daging di gulung-gulungkan di pelapis yang kering terlebih dahulu, selanjutnya di masukkan pada adonan pelapis yang cair dan angkat dan gulungkan kembali pada pelapis yang kering, pastikan gulungan telah melekat pada daging dengan baik selanjutnya tinggal di goreng.
8. Panaskan minyak goreng pada wajan hingga benar-benar siap untuk menggoreng, masukkan paha ayam yang sudah terlapis kedalam minyak hingga warna ayam dan pelapis ke kuning-kuningan.
9. Setelah itu di angkat dan tiriskan

Daging ayan goreng kentucky KFC tiruan siap di sajikan bersama saos nikmat kesukaan anda. jangan lupa untuk mengajak orang yang anda cintai untuk menikmatinya bersama anda.

Demikian Resep Cara Membuat Ayam Kentucky KFC Tiruan -Resep Masakan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah. Sampai jumpa di resep masakan selanjutnya.