Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Donat Kentang Goreng Lembut dan empuk - Resep Makanan

Resep Makanan Cara Membuat Donat Kentang Goreng Lembut dan Empuk - Saya suka sekali dengan namanya donat kentang, selain rasanya enak, gurih dan rasanya  mebuat saya semakin menggemari makanan ini. Awal saya menyukai donat saat ibu dan kakak saya membuat sendiri donat kentang goreng dirumah. Heran sih awalanya, apa ia bisa di buat dengan kentang? jujur saya benar-benar penasaran cara membuatnya. Baca juga : Cara Membuat Pisang Goreng Simpel Banget -Akhirnya saya memperhatikan proses pembuatan dan bahan-bahan yang mereka siapkan dalam pembuatan donat kentang.

Resep Cara Membuat Donat Kentang Goreng Lembut dan Enak - Resep Masakan


Sebelum kita membahas proses pembuatannya ada baiknya jika mengetahui beberapa hal mengenai donat. Donat sebenarnya memiliki banyak vareasi rasa, ada yang rasa kentang, rasa ubi dan rasa-rasa yang lain, tergantung bahan tambahan utamanya. Kali ini kita membuatnya dari kentang jadi rasanya rasa kentang, namun apakah pekat sperti aslinya? tentunya tidak dong. Saya benar-benar suka sekali donat yang satu ini. Okey langsung pada proses pembuatannya, simak ya baik-baik di bawah ini :

Bahan untuk Membuat Donat Kentang Goreng


  • 500 gram tepung terigu yang berkualitas
  • 50 gram bubuk susu
  • 11 gram ragi instan
  • 200 gram kentang yang sudah di kukus kemudian di lumatlumat kalau bisadi blender
  • 100 gram gula pasir
  • kuning telur ayam  sebanyak 4 butir
  • air dingin                  100 mililiter
  • mentega                     75 grm
  • garam                       1/2 sendok teh
  • minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Donat Kentang 


  1. Campurka tepung terigu, susu, bubuk, gula, ragi instan dalam baskom bersih dan aduk-aduk sampai merata semuanya. 
  2. Siapkan kentang yang sudah di lumat atau halus, tuangkan ke dalam wajan yang sudah kita saipkan tadi bersama kuning telur bersama air dingin secara perlahan dan campur aduk hingga rata.
  3. Setelah itu campurkan metega dan garam dalam adonan lumat-lumat hinga bentuk adonan menjadi elasis, diamkan beberapa menit (15 menitan)
  4. Setalah itu adonan di bagi kecil-kecil sekitar 50 gram per bagian, bualtkan bagian itu menjadi berbentuk bulat donat kemudian di diamkan 20 menit nanti adonan akan mengembang ( Untuk membulatkan semua adonan dan membaginya membutuhkan waktu sekitar 20 menit jadi ketika anda sudah menyelesaikan potongan yang terakhir adona yang pertama langsung bisa di goreng).
  5. Adonan yang telah mengembang anda goreng dengan minyak yang cukup banyak hingga berwarna ke emasan gelap.
  6. Nah yang terakhir kita angkat dan tiriskan donat kentang yang sudah di goreng. Selanjutnya tinggal anda yang berkreasi. Kalau cara saya menghiasinya dengan melapisi mentega pada bagian atasnya dan di taburi gula atau misis coklat, Heemmmm lezat sekali rasanya.


Makanan ini biasanya di hidangkan untuk tamu, sebagai kue acara-acara pernikahan, dan lain-lain sebagainya. Gimana anda tertarik untuk membuatnya dirimah? silahkan membuatnya dan berkreasilah sebaik mungkin.

Demikian sudah sidikit sharing Resep Cara Membuat Donat Kentang Goreng Lembut dan empuk - Resep Makanan semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca dan selamat mencoba.