Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tumbuhan Herbal ? Ini Ulasannya


Manfaat Tumbuhan Herbal? -  Anda sering mendengar bahwa tanaman herbal memiliki manfaat untuk kesehatankan. Ia tanaman herbal biasanya di gunakan untuk pengobatan secara tradisional oleh para pakar obat alami. Penggunaan tmbuhan herbal telah dimualai oleh nenek moyang kita sebelum ilmu medis berteknologi kedokteran dimualai yang saat ini telah tersedia di seluaruh penjuru dunia termasuk di negara kita.

Manfaat Tumbuhan Herbal ? Ini Ulasannya


Obat alami memang selalu menjadi alternatif ketika seseorang enggan menggunakan obat-obatan dari rumah sakit yang umumnya dari bahan kimia sintetis. Ada yang beranggapan bahwa obat herbal lebih aman dan tanpa efek samping pada kesehatan kita, dan kenyataannya memang demikian. Tanaman herbal juga mudah tumbuh disekitar kita, jadi untuk pemanfaatannya tinggal mencarinya di sekitar pekarangan rumah.

Manfaat Tumbuhan Herbal 

1. Kemungkinan Efek Samping Kecil
Obat-obatan herbal adalah produk alami yang diperoleh dari alam. Proses pembuatanyapun dilakukan dengan tradisional dan tanpa campuran obat-obatan kimia atau sintetis seperti sirup, tablet, kapsul, dan serbuk. Sebab karena itulah obat herbal sangat kecil kemungkinan memiliki efek samping, jadi lebih aman untuk digunakan.

2. Peracikannya Lebih Mudah
Olahan obat herbal diperolah dari proses yang sedeerhana yang di ambil dari bagian tumbuhan seperti, batang, daun, akar, rimpang, bunga, kulit dan bagian lainya. Untuk menyajikan obat herbaltidak harusmenggunakan alat berteknologi ataupun penelitian yang besar.

3. Lebih Aman
Tumbuhan herbal memiliki sifat detoksifikasi yang berfungsi untuk melebur racun yang ada di dalam tubuh. Perlu di ingat anda harus berhati-hati didalam memilih tanaman untuk dijadikan obat herbal, karena ada sebagian tumbuhan yang bersifat racun. Jika dibandingkan dengan obat kimia farmasi memang obat herbal lebih aman karena obat farmasi itu bersifat racun jadi harus dengan resep dokter.
Diatas sudah di jelaskan kalau mengenai keunggulan dan manfaat tanaman herbal, sekarang kita akan belajar apa saja tanaman herbal itu. 

Contoh-contoh Tanaman Herbal 

1. Rimpang Kunyit
Rimpang Kunyit digunakan sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, perternakan dan bahan bumbu masak dan lain sebagainya. manfaat kunyi juga sebagai antioksidan, anti inflamasi, antimirkoba, mencegah kanker, antitumor, menurunkan kadar kolestrol dan lemak darah, juga seabgai pembersih darah.

2. Cengkeh 
Cengkeh ternyata sudah diguanakan sejak ribuan tahun yang lalu oleh penduduk cina. cangkeh ini dipercaya dapat merangsang vitalitas seksual, bermanfaat sebagai anti bakteri yang kuat, antiseptic dan antivirus.

3. Rimpang Jahe 
rimpang jahe herbalTumbuhan ini sudah familiarkan dikalangan kita, manfaat dari jahe adalah untuk mengobati masuk angin dengan cara menyeduhnya dengan gula aren.  Juga dapat mengurangi efek mabuk kendaraan dengan cara mengiris jahe secukupnya kemudian di rebus dan airrebusan itu diminum dalam keadaan hangat sebelum naik kendaraan.


Sebenarnya masih banyak tanaman herbal lainnya yang bisa kita manfaatkan, dan insyaallah akan sayasambung di lain waktu dan kesempatan. 

Lihat juga artikel :

Demikian sudah sekilas mengenai Manfaat Tumbuhan Herbal ? Ini Ulasannya Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya. Salam senyum :-).