Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nutrisi Yang Di Butuhkan Mata Untuk Tetap Sehat

Banyak artikel yang menyebutkan buah dan makanan yang baik untuk kesehatan mata, tetapi taukah Anda nutrisi apa saja yang di butuhkan oleh mata agar tetap terjaga kesehatannya. Didalam artikel ini akan saya jelaskan gizi atau nutrisi apa saja.

nutrisi yang di butuhkan mata untuk tetap sehat


Seseorang berkata bahwa "buah ini bagus lho untuk kesehatan mata!" sebenarnya yang menjadi banyak pertanyaan, mengapa buah itu bagus untuk kondisi mata? Heemmmm kalau di tanya pada umumnya akan berkata "karena banyak mengandung vitamin A, kan disekolah waktu SD sudah di ajarkan" Sebenarnya nutrisi yang di butuhkan oleh mata tidak hanya vitamin A saja, butuh nutrisi selain vitamin A juga. Tanpa banyak basa basi, berikut ini saya sebutkan 

Nutrisi Yang Di Butuhkan Mata Beserta Fungsi

1. Vitamin A

Vitamin ini sudah banyak orang yang mengetahuinya, kan dari SD udah di ajarin kalau vitamin A itu baik untuk mata :-) . Mengapa vitamin ini baik untuk mata? Karena di dalam vitamin A ada senyawa retinol yang berperan penting menjaga kesehatan mata. Sumber buah dan makanan yang kaya vitamin adalah kacang tanah, telur, alpukat, wortel, bayam dll.

2. Vitamin C

Siapa bilang vitamin C hanya baik untuk menjaga kesehatan mulut dan pencernaan? Vitamin ini juga di butuhkan oleh mata bahkan mampu menurunkan resiko terkena penyakit katarak dan menjaga ketajaman penglihatan visual. Vitamin C ini banyak terdapat pada buah jeruk, pisang, tomat dan pepaya.

3. Vitamin E

Vitamin E terkenal sebgai anti oksiden yang mencegah penuan dan menjaga kondisi tubuh dari berbagaimacam radikal bebas. Ternyata vitamin E ini juga bagus untuk mejaga kesehatan mata. Peran vitamin E adalah untuk mejga sel-sel mata dari ancaman kerusakan radikal bebas. Adapun sumer vitamin E yang banyak terdapat pada kecambah dan buah alpukat.

4. Zeaksantin dan Lutein

Cukup asing ya terdengar di telinga? Hehehe maka dari itu artikel ini di buat agar Anda mengerti. Dua antioksidan ini telah di uji di dalam sebuah penelitian yang membuktikan bahwa mampu mengurangi resiko terkena penyakit mata kronis termasuk katarak. Sumber nutrisi ini dapat di peroleh  dari buah mangga, cabe, jagung, dan bayam.

5. Asam Lemak Esensial / Omega 3

Peran dari asam lemak esensial pada mata adalah memelihara sistem syaraf, meningkatkan sistem imun serta berfungsi untuk meningkatkan peran fungsi retina. Beberapa sumber Omega 3 atau asam lemak esensial adalah ikan tuna (tongkil), kakap, tiram, kedelai dan tahu.

6. Zinc

Fungsi dari nutrisi ini adalah sebagai pengangkut vitamin A menuju retina untuk memproduksi melanin pigmen pelindung retina mata. Nutrisi ini sangat spesifik kebutuhannya pada mata dan sangat penting perananya dalam melindungi mata tetap sehat. Adapun sumber zinc bisa di peroleh dari daging sapi, telur, salmon dan susu.

7. Sulfur

Mutrisi yang terakhir ini berguna untuk menjaga lensa mata tetap kuat. Taukan lensa mata itu? lensa merupakan organ mata yang terletak di bagian belakang pupil yang berfugnsi untuk memfokuskan cahaya pada retina. Sumber sulfur dapat di peroleh dari  bawang putih dan sayuran jenis kol lainnya.

Cukup beragam juga ya nutrisi yang di butuhkan mata untuk tetap terjaga kesehatannya. Anda bisa mencari sumber mineral di atas pada selain yang terncantum pada artikel ini, karena pada informasi ini saya hanya memberikan informasi sebegai contoh sumber mineral pada buah dan makanan, sebenarnya masih ada makanan dan buah yang lain yang memiliki kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh mata. Demikian sedikit berbagi informasi mengenai Nutrisi Untuk Kesehtan Mata semoga bermanfaat salam senyum :-)
Sumber gambar : sukasains.com