Penyebab Kelopak Mata Bengkak Dan Mengatasinya

loading...
Penyebab Bengkak pada kelopak mata bisa disebabkan oleh berbagai macam kemungkinan. Kulit di sekitar mata menjadi membesar kadang terasa sakit dan berwarna merah sehingga mangganggu pandangan dan penampilan menjadi terganggu.

Biasanya mata bengkak ini dirasakan saat bangun tidur kemudian mata terasa berat dan bila di sentuh menjadi nyeri. Kasus pada umumnya bengkak pada sebelah mata bagian kanan ataupun kiri. Pada artikel ini akan di bahas khusus mengenai penyebab mata bengkak, yuk simak penjelasan berikut ini : 

penyebab kelopak mata bengkak

Penyebab Mata Menjadi Bengkak 

Pada umumnya anak-anak yang mengalaminya saat bangun dari tidur mata menjadi bengkak berwarna merah dan sakit jika di pegang, air mata juga keluar dan terasa sakit jika banya bergerak, saya sendiri mengalami hal ini waktu masih kecil. Namun juga tidak jarang kasus seperti ini juga menimpa orang dewasa dan remaja. Kunjungi juga : Nutrisi Untuk Kesehatan Mata 

Biasanya terjdainya pembengkakan mata di sebabkan tangan yang kotor mengucek mata cukup berlebihan sehingga terjadi infeksi pada mata. Beruntung jika saat bengkak tidak terasa ada nyeri karena bisa jadi ini hanya gejala alergi yang memblokir kelenjar minyak yang ada di kelopak mata. Kondisi Mata Yang Bengkak yang sakit dapat di tandai adanya gejala dari berbagai masalah mata semisal blepharitis, timbilan (di sudut mata berbintil), konjungtivitis, selulitis orbital dan Chalazion. Pembengkakan dapat di atasi tanpa obat ataupun dengan obat. 

Bintilan

Berbentuk seperti jerawat posisinya berada di sekitar bulu mata dan biasnya di bagian ujung mata. Ini disebabkan oleh salah satu infeksi di bawah bulu mata. Cara mengatasinya cukup tanpa obat dan mengompressnya dengan air hangat maka secara perlahan bintil akan mengempes. Namun jika anda melihat pada bulu mata tepat di atas benjolan anda dapat mencabut 1 rambut dengan hati-hati memakia pinset dan mengeluarkan nanah yang ada di dalamnya secara higenis, cara ini mempercepat proses penyembuhan.

Blepharitis

Sering blepharitis disebabkan karena bakteri pada kelenjar minyak yang berada di dekat bulu mata. Namun juga dapat di sebabkan karena reaksi alergi terhadap kosmetik. Kemungkinan kulit anda memberikan respon negatif terhadap bahan kosmetik tertentu dan lupa menghapusnya saat sebelum tidur. Ini tidak menimbulkan bahaya pada mata tetapi rasa radangnya bisa hingga beberapa minguu.

Untuk mengatasi ini umunya tidak membutuhkan obat, cukup dengan mengompresnya dengan air dingin nanti lamban laun peradangan menghilang, namun jika kondisi semakin buruk dengan seiring waktu maka segerakan konsultasaikan pada dokter mata.

Konjungtivitis

Konjungtivitis ada dua macam, yang akan saya bahas disini adalah konjungtifitis venalis yang di sebabkan oleh alergi dan juga bisa karena virus. Pada saat awal terjangkit ini biasanya mata terasa gatal, mata merah dan juga keluar kotoran. Cara pengobatannya jika terkena sebab alergi biasanya dokter mata akan memberikan obat tetes antibiotik, namun jika di sebabkan oleh virus maka tidak bisa di obati dengan antibiotik bahkan belum ada obatnya. Biasanya dokter akan hanya memberi obat tetes penyegar mata, dan setelah 2 minggu pada umumnya akan perlahan sembuh.

Selulitis Orbital 

Infeksi pada mata yang sangat berbahaya yang banyak menyerang anak usia 6-7. Infeksi ini dapat merusak mata dengan cepat dan bisa mengakibatkan kebutaan. Maka jika mata kian lama kian memburuk maka segerakanlah minta penangan medis.

Baca dan kunjungi : Obat Untuk Mata Bengkak

Demikian pembahasan mengenai penyebab kelopak mata bengkak dan mengatasinya semoga bermnfaat, jaga selalu kesehatan mata. Sampai jumpa di postingan selantutnya salam senyum :-)
Sumber gambar :caramengobatisakitmata.blogspot.com
loading...
Blog, Updated at: 20.25.00