Cara Berhenti Merokok Dalam Islam

loading...
Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah untuk di lakukan bagi seorang perokok aktif, Namun bukanlah hal yang tidak mungkin, ada banyak cara yang dapat di lakukan agar dapat mengehentikannya, salah satunya adalah dengan tips berhenti merokok dalam islam yang akan di paparkan pada artikel ini. 

Mungkin di antara Anda sudah sering mencoba beberapa metode agar dapat stop merokok, namun sering gagal karena tak tahan dari efek candu yang telah tertanam dalam tubuh sehingga mengalami sakau (Gejala berhenti obat) kemudian karena derita yang di alami rokok kembali di konsumsi.

Bagaimana sih pandangan rokok dalam islam sebenarnya? Banyak perselisihan yang terjadi di dalam hukum islam mengenai produk ini, sebab di zaman rosul belum ada rokok. Tetapi jika kita tinjau dari manfaat dan kerugiannya rokok dapat menjadi hal yang dapat di sangkut pautkan dengan aturan dari allah dan rosul. 

Cara Berhenti Merokok Dalam Islam

Salah satunya adalah tentang mubadzir, jika kita tinjau dari segi manfaat dan kerugiannya rokok memiliki kerugian yang jauh lebih besar dari pada manfaatnya, sebab bahaya dari rokok dapat merusak tubuh pemberian sang pencipta, lagi pula untuk mendapatkan rokok kita harus membayarkan sejumlah uang sehingga uang yang seharusnya dapat dimanfaatkan pada hal yang lebih baik menjadi hal yang kurang bermanfaat dan inilah kenapa rokok itu mubadzir.

Kembali pada pokok pembasan, bagaimana sih cara berhenti merokok dalam pandangan islam? baca terus lanjutan artikel ini : 

1. Tentukan Alasan Mengapa Harus Berhenti Merokok

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai berhenti merokok adalah mengetahui alasan mengapa Anda harus berhenti merokok. Contoh karena mubadzir (mudazir itu sodaranya syetan), karena memenyebabkan penyakit, Uang terbuang sia-sia, mengganggu hubungan sosial kepada orang yang anti rokok dll. Tulislah alasan ini dan tempel pada tempat yang mudah terlihat oleh Anda setiap hari. Dengan cara ini Anda akan selalu ingat alasan harus berhenti merokok sehingga semangat Anda tetap awet.

2. Jangan Langsung Berhenti Total

Kebanyakan orang yang ingin berhenti merokok langsung tidak merokok seketika, cara ini memang bagus tetapi bukanlah hal yang mudah untuk di lakukan, karena pengaruh zat rokok masih melekat dalam otak sehingga saat berhenti mengkonsumsinya akan ada tolakkan batin dan fikiran yang berefek pada mulut yang pahit dan mudah emosi. maka dari itu jangan langsung berhenti total.

3. Buat Jadwal Merokok 

Loh kok di beri jadwal? Ya memang harus di jadwal saat merokok. Langkah ini masih ada hubungan dengan cara nomor 2 jangan berhenti langsung. Cara paling tepat adalah dengan perlahan-lahan berhentinya. 

Asumsi anda setiap hari dapat menghabiskan 1 bungkus rokok (30 batang), maka buatah jadwal selama 30 hari dengan hari pertama Anda akan mengkonsumsi 29 batang, hari k dua mengkonsumsi 28 batang dan seterusnya selalu And kurnagi hingga satu hari Anda tidak merokok. 

4. Hadiah Dan Hukuman 

Apresiasikan diri ketika Anda dapat mematuhi jadwal yang telah Anda buat, contoh anda berhasil setiap hari selama 1 minggu mematuhi jadwal maka sebagai hadiahnya Anda akan membli makanan kesukaan atau hal lain yang benar-benar Anda sukai. namun jika Anda gagal mematuhi jadwal maka berikanlah hukuman pada diri Anda sendiri atau juga bisa meminta orang terdekat Anda menghukum Anda.

5. Konsisten

Kunci sukses adalah konsisten pada komitmen. Ketika Anda telah berhasil maka jangan terpengaruh oleh lingkungan, kalau bisa jauhi orang yang merokok dan seringlah menghirup udara segar dan minum banyak air putih. Lakukan semua cara di atas dengan usaha dan doa yang kuat kepada sang pencipta agar niat Anda ini di ridhoinya.

Demikian artikel Cara Berhentikan Merokok Dalam Islam semoga memberikan manfaat untuk para pembaca dan buat Anda yang meroko semoga cepat dapat berhenti secara total. Amiin :-) 
loading...

Postingan terkait: