Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan Air Hujan

mazmuiz.blogspot.com Penasaran apa sih kandungan air hujan itu? Anda akan menemukan jawabannya pada artikel ini sekaligus manfaat air hujan bagi kehidupan di bumi. Air hujan adalah air yang terbentuk karena siklus air di bumi yang mengalami penguapan kemudian di cairkan lagi menjadi butiran air di langit yang jatuh ke permukaan bumi. 


Nah sekarang apa saja kandungan kimia yang ada pada air hujan, apakah sama dengan air suangai, atau sama dengan air yang di ambil dari tanah? Jawabannya berbeda sobat. Air itu adalah zat yang dapat melarutkan berbagaimacam zat seperti gas dan benda-benda yang bersifat memudar sehingga ketika air melarutkan suatu benda maka kandungan air itu akan sama dengan kandungan benda yang di larutkannya. Misal saja Anda membuat teh manis maka kandungan air dalam segelas teh manis adalah teh, air dan gula. 

Lalu apa sih kandungan murni dari air itu ? Air kalau dalam bahasa ilmiahnya adallah H2O yang artinya H itu adalah Hidrogen sedangkan O itu adalah oksigen. 

Kandungan Air Hujan
Kembali ketopik pembahasan yaitu kandungan air hujan. Kandungan air hujan di setiap tempat berbeda tergantung dari lingkungannya. Jika Air hujan turun pada tempat yang berpolusi tinggi seperti daerah industri dan perkotaan yang padat maka air hujan cenderung memiliki sifat Asam karena terkontaminasi dengan karbon-karbon sisa pembakaran kendaraan dan industri yang melayang bebas di udara yang kemudian bertabrakan dengan butiran air dan hasilnya butiran air menjadi kotor.

Bagaimana dengan daerah pegunungan yang masih asri ? Ya lebih bersih dan sehat airnya, tapi tidak di anjurkan untuk di gunakan untuk di minum jika belum di masak atua di sharing takut ada bakterinya. 

Demikian ulasan singkat mengenai Kandungan Air hujan semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Salam senyum :-)