Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Jeruk Nipis Untuk Menyembuhkan Batuk

mazmuiz.blogspot.com - Resep herbal di indonesia sangatlah banyak ragamnya, salah satu resepnya adalah jeruk nipis yang dapat meredakan bahkan untuk menyembuhkan batuk. Sebenarnya tidak hanya meredakan batuk tetapi juga bermanfaat untuk kesehtan lainnya. 

Air jeruk nipis telah di gunakan sejak lama sebagai obat herbal oleh para leluhur kita, sebab menurut pakar obat-obatan herbal dri Universitas Indonesia dulu tanaman jeruk nipis sangat mudah di jumpai di setiap pekarangan rumah, Jadi sudah menjadi hal yang umum.

Apa sih kandungan jeruk nipis kok di kait-kaitkan dengan batuk? katanya bisa sebagai obat batuk alami.

Resep Jeruk Nipis Untuk Menyembuhkan Batuk

Jeruk nipis atau dengan nama ilmiah Citrus aurantifolia air perasan buah ini mengandung minyak astiri dan zat lainnya yang dapat mengontrol otot-oto di pernafasan yang beguna meredakan batuk. 

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa tidak hanya batuk yang dapat di atasi oleh jeruk nipis, beberapa masalah kesehatan seperti jerawat, meningkatkan nafsu makan, mengatasi serak, mencerahkan kulit kusam berminyak, mencegah rambut rontok dll.

Berikut ini beberapa resep jeruk nipis untuk mengatasi batuk yang dapat Anda peraktekkan dirumah berdasarkan paparan seorang profesor dan ahli obat herbal UI yang saya peroleh dari membaca. :

Air Jeruk Nipis Dan Kecap

Untuk membuat obat batuk herbal ini Anda butuh sebutir air jeruk nipis sebenayak satu sendok makan, kemudian campurkan sedikit saja kecap manis dan resep siap di gunakan. Mungkin Anda menumukan artikel lain yang menganjurkan untuk di panaskan hingga didih, tetapi cara ini tidak saya anjrukan karena dapat merusak vitamin C (sifat Vitamin ini mudah rusak di suhu tinggi)

Taukah Anda apa fungsi kecap pada resep obat batuk herbal ini? Penambahan kecap pada perasan jeruk nipis pada dasarnya tidak tidak berkahasiat untuk mengatasi batuk melainkan agar jeruk nipis dapat di konsumsi dengan cara mengurangi kadar asam yang tinggi sehingga lebih nyaman untuk diminum.

Air Jeruk Nipis Dan Madu

Sama halnya dengan kecap di atas, hanya saja madu memiliki khasiat untuk tubuh kita. Jadi anda dapat mengganti kecap dengan madu jika rasanya tidak enak. 

Jeruk Nipis Dan Air Gula

Jika Anda merasa tidak cocok dengan campuran madu dan kecap para resep jeruk nipis untuk obat batuk bisa kok pake air gula sebagai campurannya. Usahakan penyajiannya dalam ke adaan hangat dan hindari panas. 

Demikian ulasan mengenai Resep Jeruk Nipis Untuk Menyembuhkan Batuk semoga dapat di peraktekkan di rumah dan dapat mengatasi batuk. Owh ia hampri lupa, untuk aturan minumnya dapat di minum 3 kali sehari atau sebelum tidur. Perbanyak minum air putih ketika tenggorokan gatal hingga dahak keluar. Terimakasih untuk kunjungannya.