Fungsi Oli Pada Mesin Sepeda Motor

Apasih fungsi atau peran oli pada mesin sepeda motor kita? Mungkin untuk Anda yang sering bergelut di bengkel akan mengerti jawabannya. Tapi untuk Anda yang jarang di bengkel atau bukan orang teknisi mesin akan bingung jika ditanya fungsi oli pada mesin motor itu apa. Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Oli memiliki banyak fungsi pada komponen mesin, apapun itu mesinnya (mesin mekanik). Fungsi utama oli adalah sebagai bahan pelumas dan perapat antar komponen agar mesin berjalan sebagai mana mestinya sehingga terbebas dari gangguan. Pelumas oli pada mesin memiliki fungsi lain, diantaranya sebagai berikut:

Fungsi Oli Pada Mesin Sepeda Motor
Artikel terkait : Alasan Mengapa Harus Ganti Oli Motor Secara Rutin

1. Mengurangi Gesekan Komponen Dalam Mesin
Mesin motor kita memiliki banyak komponen yang bergerak dan bergesek satu sama lain untuk menghasilan sebuah putaran roda. Gerakan yang terjadi didalam mesin yang begitu cepat dan kuat dapat mengakibatkan komponen di dalamnya menjadi cepat aus, sehingga ketika komponen itu aus akan menyebabkan tenaga motor menjadi berkurang, munculnya kotoran dan mesin komponen menjadi panas.

Untuk mengurangi geseran yang menyebabkan komponen mesin cepat aus peran oli berkualitas di perlukan, semakin baik kualitas oli mesin maka kemampuannya untuk mengurangi gesekan semakin bagus pula sehingga komponen motor kita menjadi lebih awet.

2. Sebagai Pendingin Koponen Mesin
Terjadinya geseran komponen dan hasil pembakaran di ruang silinder mengakibatkan munculnya panas pada mesin. Oli yang terdapat pada mesin ini berfungsi untuk mengurangi panas atau dengan kata lain menjadi pendingan panas yang dihasilakn kinerja mekanik mesin. Mesin yang terlalu panas dapat mengakibatkan komponennya cepat rusak.

3. Sebagai Perapat Celah Antara Piston dengan Silinder
Oli yang berfungsi sebagai pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi dan tekanan yang dihasilkan sistem pembakaran dengan membuat lapisan oli untuk mengisi cela antara piston dan silinder.

4. Peredam Getaran dan Suara Bising Mesin
Benturan Piston, batang piston dan engkol mengasilkan suara bising dan getaran yang cukup menggangu kenyamanan berkendara. Fungsi oli disini juga cukup penting yaitu sebagai pelumas untuk melapisi antar komponen tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara dan getaran yang dihasilkan lebih halus.

5. Sebagai Pembersih Kotoran 
Terkadang gesekan komponen mesin ketika menyala mengakibatkan munculnya kotoran, Pelumas selain untuk meredam benturan dan getaran juga berfungsi untuk membawa kotoran yang dihasilkan komponen mesin sehingga komponen yang bergesek tetap dalam konsisi bersih.

6. Sebagai Antikarat 
Komponen mesin kita terbuat dari logam yang mudah karat apabila berkontak langsung dengan udara dan air, pelumas melapisi bagian logam mesin sehingga terhindar dari kontak langsung dengan air dan udara penyabab karat pada logam.

Bagaimana, apakah sekrang Anda sudah paham fungsi oli pada mesin sepeda motor? Saya rasa penjelasan diatas cukup mebantu didalam menjawab pertanyaan diatas. Sebab pentingya peran oli pada mesin motor membuat kita harus rutin mengganti oli mesin dengan yang baru. Demikian artikel kali ini semoga membantu ya sobat. Sampai jumpa di artikel yang lain. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fungsi Oli Pada Mesin Sepeda Motor"

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi