Kapan Ganti Oli Transmisi Atau Gardan Motor Matic Yang Benar?

Bagi sobat yang memiliki sepeda motor matic pastinya sudah memahami bahwa didalam motor matic terdapat 2 jenis oli yang harus rutin untuk diganti agar performa mesin motor matic kita selalu baik.

Pertama adalah Oli mesin yang umum kita ketahui dan hampir disemua kendaraan bermotor baik yang model bebek dan matic menggunakannya, Kedua adalah Oli transmisi atau Oli gardan.

Mengganti oli transmisi dan oli mesin merupakan hal yang sama pentingnya sebab dengan mengganti oli mesin maka sobat memelihara komponen mesin sedangkan oli transmisi untuk menjaga komponen transmisi otomatis pada motor matic.

Kapan Ganti Oli Transmisi Atau Gardan Motor Metic Yang Benar?
pic by: otoracers.blogspot.

Jadi sangat disayangkan jika sobat hanya mengganti oli mesin dan mengabaikan mengganti oli gardan atau transmisi sebab jika oli transmisi tidak diganti akan mengakibatkan rusaknya komponen mesin.

Apasih Fungsi Oli Transmisi atau Gardan
Fungsi oli gardan atau yang sering disebut dengan transmisi ini berfungsi agar kinerja transmisi otomatis menjadi lancar. Banyak komponen yang saling bergesekan satu sama lain didalam transmisi motor metic sehingga perlu pelumas agar komponen tidak cepat rusak atau aus dan sekaligus melindungi komponen transmisi dari karat. Apa bila komponen transmisi ini tidak dilumasi maka kan mengakibatkan suara bising pada bagian box CVT bagian belakang.


Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Oli Transmisi atau Gardan?
Berikut ini waktu yang disarankan untuk mengganti oli gardan berdasarkan saran dari situs resmi honda:

1. Ketika jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 8000 km
2. Ketika pemakaian motor sudah mencapai umur 8 bulan

Jika sobat ingin memiliki motor matic yang perpindahan gigi otomatisnya tetap lembut dan berjalan dengan lancar serta usia pakai uni CVT lebih lama pastikan untuk selalu mengontrol oli transmisi atau oli gardan matic. Bila motor Sobat Honda dan sudah waktunya untuk mengganti oli gardan segeralah untuk datang ke AHASS terdekat dari tempat tinggal Sobat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Bila Mengganti Oli Transmisi atau Gardan Secara Rutin
Kabar baiknya jika sobat rutin mengganti oli transmisi sesuai dengan waktunya maka motor matic kesayangan sobat akan terhindar dari suara berisik dari bagian box CVT.  Saran lagi nih dari saya buat sobat, ketika menggunakan oli transmisi pastikanlah oli tersebut memiliki keunggulan tingkat gesekan rendah, serta mampu melumasi celah tersempit pada Gear CVT, menahan tekanan dan temperatur yang tinggi karena kerja kompenen terhadap daya pelumasan.
Bagaimana sobat, sudah mengerti kapan waktu yang benar mengganti oli transmisi atau gardan motor matic, jika iya, silahkan dieraktekkan dirumah ya. Semoaga artikel ini bermanfaat dan terimakasih untuk kunjungannya. Salam senyum.
loading...
Blog, Updated at: 11.15.00

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi