Jangka Waktu Ganti Oli Motor Yang Benar

Bila Sobat ingin motor kesayangan sobat tetap awet dan performanya tetap stabil maka memelihara kinerja mesin tetap baik adalah sebuah keharusan untuk dilakukan secara berkala. Salah satu cara merawat mesin motor tetap baik adalah dengan mengganti oli mesin secara rutin.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli Mesin Sepeda Motor? Saya yakin tidak semua orang yang memiliki sepeda motor mengerti hal ini, termasuk saya dulu. Oke sekarang saatnya kita bahas dari hal yang cukup mendasar.

Jangka Waktu Ganti Oli Motor Yang Benar

Sebelumnya baca juga artikel ini : Alasan Mengapa Harus Ganti Oli Motor Secara Rutin

Tahukah sobat bahwa oli pada mesin memiliki beberapa fungsi yang salah satunya adalah untuk melindungi komponen didalamnya agar terhindar dari aus yang disebabkan karena gesekan komponen saat mesin dalam keadaan menyala.

Namun dalam waktu tertentu oli dalam mesin mengalami penurunan kualitas sehingga harus rutin diganti dengan yang baru sebab kualitas oli akan berpengaruh pada perlindungan mesin motor kita.

Lalu kapan saat yang tepat mengganti oli mesin motor?
Sebenarnya ada banyak reffrensi yang saya peroleh dan cukup beragam, kalau dari teknisi mesin motor Honda ada yang menyarankan setelah jarak yang di tempuh 4000km diganti oli yang baru, dan jika sobat ingin perfomanya tetap baik gantilah oli setiap 2000km atau kira-kira 2 bulan sekali.

Hal ini tidak menjadi patokan utama, sebab jika medan yang kita lalui banyak tanjakannya dan jarak yang ditempuh sehari-hari sangat jauh maka penggantian oli mesin motor bisa lebih cepat. jadi bisa disesuaikan dengan kondisi jalan yang sobat lalui setiap hari.

Tapi jika kita mengikuti petunjuk pemakaian umunya menganjurkan pergantian oli setelah 1500/km hingga 4000/km. Bila jarak yang kita tempuh dikisaran 200-500 km disarankan untuk mengganti oli setiap 1 setengah bulan. Namun, jika jarak tempuh sepeda motor setiap bulannya melebihi 500km maka dianjurkan untuk mengganti oli setiap 1 bulan sekali.

Berbeda lagi jika setiap hari jarak yang sobat tempuh 200km, maka penggantian oli mesin dianjurkan setiap 2 minggu sekali atau setiap 1200 km.

Tips satu lagi nih dari saya, jika sobat benar-benar sayang pada sepeda motor yang sobat miliki dan ingin memberikan perawatan yang baik agar mesin motor awet maka gunakanlah oli yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mesin motor sobat. Kalau mau aman gunakanlah oli yang di produksi oleh pabrik motor itu, misalkan motor sobat Yamaha maka sobat bisa menggunakan oli keluaran Yamaha, hal ini berlaku pada merk motor yang lainnya.

Namun, jika sobat sudah kesem-sem dengan merk oli yang lain dan sudah merasa cocok dengan oli tersebut maka sebaiknya jangan gonta-ganti merk oli yang lain karena dikhawatirkan oli tidak cocok dengan spesifikasi mesin motor sehingga menjadikan mesin tidak awet alias aus. Jadi usahakan konsisten ya pada satu merk oli.

Artikel Terkait : Amankah Mesin Sepeda Motor Bila Sering Ganti Merk Oli

Akhirnya sampai juga diakhir perjumpaan kita, semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat-sobat semua yang masih bingung tentang Jangka Waktu Ganti Oli Motor Yang Benar. Sampai jumpa di postingan yang lain yang tentunya masih membahas permotoran. Terimakasih dan salam senyum :-)
loading...
Blog, Updated at: 20.41.00

0 comments:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi