Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Tanaman Melon

Melon merupakan buah yang banyak disukai oleh penduduk dunia karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Namun tahukah Anda sejarah singkat tentang asal usul tanaman melon ini hingga tersebar diseluruh penjuru dunia?. Bila tidak berikut ini ulasannya. 

Melon (Cucumis melo L.) adalah tanaman buah yang termasuk dalam famili cucurbitaceae. Tanaman melon disebut-sebut tanaman yang berasal dari lembah panas Persia dan Mediterania yang merupakan perbatasan antara asia barat dengan eropa. 

Mulanya di abat ke-14 buah melon dibawa ke Amerika oleh Colombus dan akhirnya ditanam luas du Colorado, California, dan Texas. Hingga pada akhirnya melon ini tersebar kesulur penjuru dunia terutama di daerah tropis dan subtropis teramsuk sala satunya yaitu di negara kita Indonesia. 

Teman-teman mungkin berfikir, bagaimana dari amerika atau persia bisa sampai di Indonesia? Jawabannya bisa melalui berbagai macam cara, salah satunya dengan cara perdagangan. Pada waktu masa sebelum perang dunia pecah, Negara-negara maju berkelana menggunakan kapal untuk mencari relasi dan bertukar barang hingga terjadinya transaksi jual beli (perdagangan) antar negara ke negara lain. 

Karena Indonesia adalah penghasil rempah-rempah dan kaya akan sumberdaya alam, banyak negara yang ingin bertransaksi di Indonesia dan terjadilah pertukaran barang-barang baik dari sisi pangan dan sandang salah satunya adalah buah melon. 
Nah itu tadi ulasan sejarah singkat tentang asal usul tanaman dan buah melon di dunia. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung. Saran dan kritik lewat kolom komentar ya.