Lingkungan eksternal Makro dan Mikro Perusahaan

loading...
Didalam sebuah Perusahaan Tentu Lingkungan Makro dan Mikro dapat berdampak pada kemajuan sebuah perusahaan maka dari itu penting sekali untuk diketahui pembahasan kali ini mengenai Lingkungan Makro dan mikro berikut ini Penyebab Lingkungan Eksternal Makro dari Perusahaan. Lingkungan Luar Perusahaan dapat memberikan dampak bagi Perusahaan 

Beberapa hasil penelitian yang terjadi dilapangan yang sering dialami oleh Perusahaan:

1. Kemajuan Teknologi
Perkembangan teknologi yang begitu cepat mengambil peranan penting dalam menetapkan untuk membuat produk dan jasa yang akan diterbitkan.  Sebagai alat, teknologi berkembang berdasar saling hubungan manusia dengan praktik kerja. 

Teknologi di ciptakan dari praktik kerja, selanjutnya ia menolong manusia untuk menolong dalam praktik kerja. Jika Pesaing Perusahaan telah menggunakan tekonlogi yang canggih dalam proses kegiatan memproduksi maka tentu dapat meningkatkan kualitas yang  baik dan kecepatan dalam berproduksi dengan ini menjadi ancaman bagi Perusahaan.

2. Lingkungan Pemerintah (Politik)
Lingkungan Pemerintah atau lingkungan Politik adalah pelaku pembuat peraturan pemerintahan yang meliputi anggaran pendapatan dan belanja negara, pajak dan tingkat suku bunga. Kebijakan pemerintahan sangat mempengaruhi strategi perusahaan dikarenakan pemerintahan merupakan kekuatan pembeli terbesar produk perusahaan juga turut dalam memberikan subsidi kepada perusahaan agar mampu bersaing dengan perusahaan asing karena perusahaan dalam mencari bahan baku perlu bantuan pemerintah dalam mengsubsidi agar dapat bersaing. 

Pemerintah juga melindungi barang dalam negeri melalui berbagai kebijakan pajak bea masuk artinya tinggi rendahnya pajak sangat membawa dampak pada laba perusahaan tersebut dan yang terakhir. Pemerintah menetapkan undang-undang penanaman modal asing dan dalam negeri sangat berdampak bagi keberlangsungan hidup perusahaan karena modal adalah alat sebagai penggerak usahanya.

3. Lingkungan Sosial adat istiadat
Dalam hal ini adat istiadat suatu masyarakat merupakan pegangan hidup yang dapat mempengaruhi perusahaan untuk melakukan kegiatan. Karena lingkungan sosial adat istiadat atau kebudayaan meliputi kepercayaan, nilai-nilai, norma-norma, perspektif juga kehidupan yang dibentuk oleh kebiasaan, pendidikan, kelompok etnis, ekologi, serta agama. 

Maka dengan lingkungan yang demikian perusahaan harus dapat menyesuaikan dengan baik agar produk tersebut dapat diterima dengan baik kedalam kebudayaan atau adat tersebut inilah yang menjadi suatu tantangan bagi sebuah perusahaan

4. Lingkungan Internasional
Unsur-unsur internasional dalam dimensi eksternal turut menunjukkan peluang-peluang dan usaha-usaha, juga memiliki kekuatan menjadi penyebab yang berdampak langsung pada Perusahaan yang melakukan kegiatan ekspor-impor. Kemampuan-kemampuan lingkungan internasional ini berpengaruh melalui perkembangan politik dunia, ketergantungan ekonomi, penularan nilai-nilai dan sikap hidup serta transfer teknologi. 

Pimpinan perusahaan setidaknya dapat menganalisa dan melakukan tindakan preventif untuk masa depan dalam meletakaan pondasi yang kokoh dalam menjalani lingkungan Internasional.

Lingkungan Eksternal Mikro
Unsur-unsur lingkungan eksternal Mikro yang berpengaruh bagi perusahaan adalah para kompetitor. Tentu saja beberapa lingkungan eksternal mikro lainnya penting untuk di perhatikan meskipun tingkat dampkanya yang berbeda. 

Berikut ini yang anda harus ketahui yang sangat penting untuk dijadikan sebagai referensi anda:

1. Kompetitor
Perusahaan dapat mengetahui kedudukan kompetitor dalam dunia perdagangan dan seberapa besar dalam mengusai pangsa pasar, disini perusahaan harus dapat meneliti apa yang membuat produk tersebut unggul dan memberikan evaluasi internal untuk kemajuan perusahaan

2. Customer
Perusahaan perlu melakukan kegiatan penelitian yang membuat pelanggan berkurang dan mencari tau penyebabnya karena bukan lagi orientasi perusahaan pada Mikro, perlu diketahui yang  harus dilakukan adalah Orientasi Customer agar dapat membuat kemajuan yang baik dalam hal ini perusahaan dapat melihat apa kebutuhan dan keinginan dari Customer tersebut.

3. Pasar Tenaga Kerja
Sumber daya Manusia sangat penting bagi kontribusi sebuah perusahaan yang perlu diperhatikan perusahaan dalam mencari Tenaga kerja adalah status Manusia tersebut yaitu pendidikan, kemampuan dan pengalaman dalam hal ini perusahaan harus mampu mendapatkan karyawan atau manusia yang berkompeten yang tujuan melakuka kontribusi kepada perusahaan.

4. Investor atau lembaga Keuangan
Perusahaan juga bergantung kepada modal karena modal adalah alat pendorong atau penggerak untuk melakukan ekspansi. Keperluan akan dana dari lembaga-lembaga atau investor tersebut dalam jangka pendek dapat digunakan untuk Buying operasi dan fasilitas lainnya. Maka perusahaan harus cermat dalam menarik pihak investor untuk bergabung melakukan kerjasama dengan baik.

5. Perusahaan Komplementer
Setiap Perusahaan sangat membutuhkan bahan baku untuk memuluskan hasil produksinya membuat produk atau jasa, perlu adanya kerjasama yang baik antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Karena tidak dapat dipungkiri perusahaan memerlukan bahan baku atau bahan mentah, dan peralatan yang bersifatnya menunjang untuk melakukan kegiatan produksi barang jasa.

Sekian dari Pembahasa yang menarik namun mudah dipahami semoga apa yang telah disampaikan menjadi kan wawasan anda menambah sehingga dalam melakukan tindakan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Lingkungan eksternal Makro dan Mikro Perusahaan "

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi