Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pemberian Merek/ Brand Pada Produk (Baik Barang dan Jasa)

Tahukah kamu jika produk barang yang pernah kita jumpai seperti jam, Handphone yang mungkin pernah dipakai oleh anda dalam kehidupan sehari-hari memiliki sebuah merek yang berbeda. Setiap perusahaan pasti memiliki merek untuk mewakili barang yang akan ditawarkan pastinya ada kontribusi dari merek bagi perusahaan. 

Pada dasarnya hampir setiap perusahaan mempunyai merek dagang. Merek terdapat pada  produk atau jasa yang tujuannya membedakan merek tersebut dengan beberapa barang/jasa lainnya yang didesain untuk menciptkan kepuasan pada konsumen. Jadi dapat diartikan bahwa merek adalah sebuah pengenalan dan tanda simbol, maka dari itu merek sangat vital bagi perusahaan tanpa adanya merek mustahil perusahaan dapat masuk kedalam pasar. 

Manfaat Pemberian Merek/ Brand Pada Produk

Meskipun biaya dalam merek membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Juga resiko statement jelek jika tidak berhasil dalam mutu produk tersebut, namun semua itu adalah tantangan bagi perusahaan untuk terus bisa bertahan dipasar.

Tanpa adanya merek perusahaan akan sulit dalam memasarkan barang yang berkualitas, berikut ini yang menjadi latar belakang perusahaan mengenai pentingnya sebuah merek pada produk yang bernilai manfaat tinggi bagi konsumen:

Dapat membuat produsen untuk menolong aktivitas dalam mengelompokan pasar
Artinya jika produk makanan maka akan ditaruh sejajar dengan makanan dengan merek yang dibuatnya, contohnya indomie, maka akan disejajarkan dengan supermi yang dijual pada pasar swalayan maupun modern

Dapat membuat pelanggan setia dalam mengkonsumsi produk kita
Inilah keuntungan produsen yang cukup positif, semakin bertambahnya pelanggan yang setia maka semakin bertambah benefit yang didapat oleh perusahaan tersebut

Dapat membuat Good will atau nama baik perusahaan bertumbuh dengan diimbangin produk yang berkualitas baik dan berenergi cukup baik pada pasar

Dapat mempermudah dalam mengenali barang dalam perdagangan 
Dengan adanya merek produsen dapat mengetahui produknya sudah sejauh mana berkembang dipasaran, juga konsumen dapat dengan mudah mencari dan mendapatkan produk tersebut jika dalam membeli barang.

Memudahkan dalam proses pesanan bagi penjual yang dilakukan oleh konsumen, inilah yang diharapkan bagi seorang penjual atau perusahaan yang berorientasi pada konsumen.

Dapat juga mengidentifikasi kelebihan produk yang dimiliki dan dapat membedakan produk tersebut dari produk kompetitor, merek dapat memberikan ciri khas tersebut.

Merek juga bisa membuat rasa aman dalam hukum artinya kompetitor tidak bisa meniru ide atau gagasan yang dihasilkan perusahaan untuk disalurkan kemasyarakat karena adanya merek tersebut memudahkan hukum untuk melindungi produk yang diciptakan.

Juga yang tidak kalah penting hadirnya brand atau merek bagi perusahaan bukan hanya sebatas memperlihatkan nama, simbol, tanda atau yang kita bahas diatas, tetapi lebih dari itu. Brand dapat memperlihatkan ekuitas dari produk, yang menjadikan different antara produk tersebut dengan produk kompetitor. 

Keberhasilan dalam membangun merek yang kuat akan tercipta apabila komponen-komponen pendukung merek memberi support, komponen yang dimaksud sini yaitu mutu produk yang bagus, keahlian produk dalam menyukupi Need and Want pelanggan. Juga keahlian taktik markting yang pandai membacar pasar dan terus mempromosikan brand dimasyarakat. 

Itulah alasan mengapa perusahaan sangat-sangat serius dalam menggunakan merek, meskipun juga ada kegagalan jika dalam barang tersebut mengalami kerusakan, ataupun persepsi yang jelek atas produk yang gagal, namun itu semua tidak menjadi sebuah alasan perusahaan untuk tidak bangkit, justru suatu kesempatan yang baik untuk perusahaan memajukan produknya, perusahaan biasanya melakukan garansi pada produk yang kurang memuaskan pelanggan. 

Contoh dilapangan Perusahaan dari Hp merek Samsung, Perusahaan ini selain menjual produk samsung juga melayani pelayanan yang jika ada kendala, maka itu banyak gerai-gerai samsung disetiap kota-kota tujuannya adalah untuk meningkatkan merek agar dapat terus diminati oleh pelanggan.