Mengenal Antimatter (Antimateri) dan Kegunaannya

loading...
Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah artikel yang mengulas material termahal di dunia, salah satu diantaranya adalah Antimatter atau dalam bahasa indonesia antimateri. Antimateri ini adalah materi yang paling termahal yang pernah diciptakan manusia saat ini karena proses pembuatannya yang sangat mahal. 

Antimateri ini tidak ditemukan secara alami di bumi, jikapun ada maka jumlahnya akan sangat sedikit, info yang saya dapatkan dari artikel itu ternyata ada info menarik bahwa pada pisang juga ditemukan antimateri dengan jumlah sedikit (tidak dijelaskan berapa jumlah kongkritnya). Yuk sekarang kita masuk pada bahasan pokoknya.

Mengenal Antimatter (Antimateri) dan Kegunaannya
Panning trap

Apa itu Antimateri?
Sekarang yang menjadi pertanyaan, apasih antimatter atau antimateri itu? Penjelasan dari wikipedia yang saya baca antimateri adalah materi yang terdiri dari antipartikel dari partikel yang menyusun materi biasa

Mungkin Anda masih bingung tentang penjelasan dari wiki diatas, kalau masih bingung akan saya jelaskan dalam kalimat yang lebih sederhana versi saya. Jadi begini, didunia ini ada materi dan ada anti materi, contoh lain yang sederhana ada siang dan ada malam, ada terang ada gelap, ada tinggi ada rendah dan lain sebaginya. Sama halnya dengan kasus ada materi dan ada antimateri. Keduanya salaing bertolak belakang atau berlawanan. 

Pengetahuan umum yang kita ketahui bahwa semua di dunia ini adalah materi yang disusun oleh partikel-partikel yang menyusun sebuah materi, pada kasus lain yang ditemukan oleh ilmuan, bahwa dalam terjadinya atau terbentuknya sebauh partikel akan ada dua produk yang tercipta pertama adalah partikel itu sendiri dan yang kedua adalah antipartikel itu sendiri. 

Nah sekarang apa yang terjadi jika partikel bertemu dengan antipartikelnya? Anti partikel dan partikel akan saling menghancurkan sehingga di hasilkan energi yang sangat kuat kemudian berubah menjadi partikel lain dengan energi yang sama sesuai dengan persamaan Einstein. 

Beberapa Fakta Menarik dan Kegunaan Antimateri di Masa Depan

1. Dapat dimanfaatkan menjadi sumber energi yang kuat
Antimateri dan materi dapat di perumpamakan antara angka 1 (materi) dan -1 (antimateri), jika keduanya di pertemukan maka akang saling menghancurkan dan menghasilan energi yang sangat dahsyat. 1 gram dari antimatter dapat membuat ledakan atau bom sekuat bom atom atau nuklir yang terjadi di sejarah jepang. 

Oleh sebab itu saat ini para ilmuan meneliti dan berupaya menemukan cara bagaimana memanfaatkan energi dari antimateri ini untuk kepentingan manusia seperti pembangkit listrik, atau bahan alat transportasi pesawat luar angkasa. 

2. Harga Yang Super Mahal 
Tahukah Anda bahwa materi termahal di dunia bukanlah emas dan bukanlah hormon. Materi termahal yang ada saat ini adalah antimatter/antimateri yang diciptakan oleh manusia. Menurut para ilmuan proses pembuatannya sangat sulit dan biaya yang dikeluarkan sangat mahal untuk dapat menghasilkan antimateri seberat 1mg.

Informasi yang saya peroleh menyebutkan bahwa 1gram antimatter senilai $62,5 triliun (dolar bukan rupiah). Namun bukan tidak mungkin suatu saat manusia dapat menciptakan antimateri dengan biaya yang jauh lebih murah, kita tunggu saja. 

3. Ledakan Antimateri Pernah Terjadi di Tahun 2009
Apakah Anda masih ingat fenomena ledakan bintang raksasa yang terjadi pada akhir tahun 2009, sebuah bintang raksasa yang memiliki energi 200 kali matahari lenyap karena sonar gamma yang dihasilkan olen antimateri. Hasil ledakan itu dapat dilihat dengan jelas selama berbulan-bulan yang diakibatkan awan radioaktif yang tampak dari luar angkasa berukuran sangat besar

4. Konsep Antimateri Telah Ditemukan Sejak 1928 Oleh Paul Dirac
Anda kenal Albert Einstein? Betul dia adalah ilmuwan terkenal yang menemukan rumus energi E=mc2. Pada tahun 1928, seorang ahli fisika Inggris bernama Paul A.M. Dirac merevisi persamaan yang telah dibuat Einstein tersebut menjadi E= +/-mc2. Apa yang dilakukan oleh Paul Dirac sontak membuat heboh dunia ilmuan.

Pendapat Dirac, sebuah massa memiliki nilai positif dan juga memiliki nilai negatif. Hal tersebut diungkapkan Paul Dirac setelah dia melakukan banyak percobaan menggunakan posiitron dimana positron memiliki massa yang sama dengan elektron hanya saja berbeda lambang. Jika elektron memiliki nilai negatif, maka positron memiliki nilai positif. Melalui persamaan inilah Paul Dirac menegaskan adanya keberadaan antimatter, waktu itu manusia belum bisa menemukan cara membuat dan menyimpannya.

5. Memerlukan Penyimpanan Khusus
Antimateri sangat sulit dan mahal untuk di buat, selain itu ketika berhasil dibuat antimateri dapat bertahan sekitar 15 menit sebelum lenyap dengan sendirinya. Oleh sebeb itu para ilmuan berusaha membuat teknologi untuk menyimpan antimateri agar dapat bertahan lama.

Panning Trap adalah nama alat yang berhasil di ciptakan oleh ilmuan untuk menyimpan antimateri, teknologi ini menggunakan medan magnet dan listrik agar antimateri dapat disimpan lebih lama dan dalam kondisi yang aman.

6. Bahan Bakar Pesawat Penjelajah Luar Angkasa
Ilmuan NASA saat ini masih berusaha mencari cara bagaimana menggunakan antimateri sebagai bahan bakar pesawat luar angkasa mereka. Jika teknologi ini berhasil maka manusia dapat menjelajah luar angkasa lebih cepat (Bumi Ke planet mars 180 Hari).

7. Apakah Berpotensi Menjadi BOM 
Bila Anda penah melihat film Angels and Demons di bioskop, dalam film itu menceritakan adanya rencana penggunaan bom antimateri untuk menghancurkan vatikan. Namun dalam kenyataannya antimateri tidak dapat dijadikan BOM untuk saat ini, sebab untuk menciptakan 1 gram antimateri ilmuan membutuhkan waktu 100 juta tahun (untuk saat ini).

Kalau menurut saya, antimateri bisa menjadi potensi besar perkembangan teknologi energi, walaupun untuk saat ini antimateri sangat sulit di buat, saya yakin jika terus dikembangkan dan diteliti para ilmuan dapat menciptakan antimatter atau antimateri lebih efektif dan efisien (murah dan lebih cepat). Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan ya untuk para pembaca, jika Anda suka dengan artikel ini silahkan share dan like agar yang lain juga dapat informasi yang bermanfaat. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Antimatter (Antimateri) dan Kegunaannya "

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi