18 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak

Protein adalah adalah senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh karena bertindak sebagai sumber energi. Protein juga merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah dan darah pada umumnya. 

Di dalam olahraga protein merupakan komponen pembangun otot. Intinya protein berfungsi sebagai sumber untuk membangun dan membentuk pertumbuhan tubuh, terutama bagian otot tubuh, mengganti sel-sel yang rusak, pembentukan sel-sel baru, pembuatan enzim, pembuat hormon dan pembentuk pigmen. 

Meskipun banyak sekali fungsi dan kegunaan dari protein, namun protein tidak dapat disimpan dalam tubuh seperti lemak. Sedangkan lemak adalah senyawa organik yang sifatnya tidak bisa larut dalam air dan merupakan salah satu penghasil kalori yang terbanyak. Lemak bisa ditimbun dalam tubuh sebagai cadangan makanan. 

18 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak

Fungsi dari lemak adalah sebagai pembentuk hormone tubuh, pengatur pencernaan, pembentuk membrane sel tubuh, penghasil energy bagi tubuh, melarutkan vitamin, penahan rasa lapar, menjaga suhu tubuh dan melindungi organ-organ tubuh yang lain yang ada di dalamnya.

Diantara sekian banyak fungsi dari protein dan lemak yang telah dipaparkan, tetapi orang-orang banyak mencari makanan yang berprotein tinggi daripada lemak, meskipun kelebihan protein tidak bisa disimpan di dalam tubuh. Banyak pemilih protein daripada lemak adalah karena lemak sangat cepat menggemukkan badan, jadi bagi orang-orang yang sedang dalam diet sehat, secara otomatis mereka akan menjauhi jenis lemak dan menggantinya dengan protein. 

18 Makanan dan Buah yang Berprotein Tinggi 
1. Daging
Daging mengandung banyak protein, selain protein juga terdapat kandungan zat besi, zinc, dan vitamin B 12.

2. Makanan laut (seafood)
Anda bisa sering-sering mengonsumsi makanan laut. Karena makanan laut terkenal dengan banyak kandungan protein dan rendah lemak

3. Telur
Protein lebih banyak terdapat dalam kuning telur. Jika anda hanya mengonsumsi putih telur nya maka anda hanya mendapatkan sebagian proteinnnya saja. Selain protein telur juga mengandung asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

4. Kacang-kacangan
Kacang memiliki kandungan protein dan serat yang akan menjaga kekenyangan anda, sehingga anda tidak mudah merasa lapar.

5. Kedelai
Kandungan protein dalam kedelai mampu membantu menekan kolesterol dan juga sagat baik untuk jantung. Konsumsi daging boleh-boleh saja, asal tau kadar yang baik. Disamping konsumsi daging anda harus sesekali mengonsumsi olahan kedelai yang mampu menjaga kadar kolesterol seperti tahu dan tempe.

6. Susu
Susu terkenal dengan kandungan protein, kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang. Sayangnya, selain kandungan di atas susu juga terkenal dengan kandungan lemak yang banyak, terutama pada susu murni. Jika anda ingin susu, tetapi takut dengan lemak nya, anda bisa mengonsumsi susu UHT yang rendah lemak tinggi kalsium.

7. Keju
Sama halnya dengan susu, keju juga memiliki kandungan yang sama dengan susu. Karena tidak ada keju rendah lemak, jadi anda harus benar-benar mengontrol konsumsi keju anda.

8. Yoghurt
Selain protein, kalsium, dan vitamin D yang terkandung dalam susu. Yoghurt juga mengandung bakteri baik yang membantu menyehatkan pencernaan anda.

9. Ayam tanpa kulit
Daging ayam memang mengandung banyak protein. Usahakan untuk mengonsumsi ayam tanpa kulit, dan jangan goreng ayam tersebut karena akan menghasilkan banyak lemak. Anda bisa memasak ayam dengan cara di sup.

10. Kepiting
Kepiting mengandung banyak protein, vitamin dan mineral. Tetapi anda harus berhati-hati mengonsumsinya karena kepiting mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi.

11. Belalang
Makanan satu ini sering dianggap menjijikkan bagi sebagian orang. Padahal tanpa anda ketahui, terdapat protein yang tinggi dalam belalang, ada juga vitamin, mineral, asam lemak esensial dan nutrisi-nutrisi lain. Kekurangannya untuk orang-orang yang alergi terhadap kandungan proteinnya akan merasakan gatal-gatal yang parah.

12. Jamur
Jamur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan lemak yang rendah sehingga baik untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Anda bisa mengolahnya menjadi sup jamur atau tumis jamur.

13. Ikan lele
Ikan lele mengandung protein yang tinggi. Satu porsi ikan lele bisa mencukupi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

14. Kacang almond
Kacang almond memilik kandungan protein sebesar 100mg. selain protein, kacang almond juga mengandung lemak baik yang baik untuk kesehatan tubuh.

15. Buah alpukat
Buah alpukat menyediakan 5 gram protein per 8 ons. Buah alpukat juga mengandung serat yang bisa digunakan untuk menunda rasa lapar.

16. Buah kurma
Selain mengandung gula alami dan sangat lezat, ternyata buah kurma juga mengandung protein 2,50 gram tiap 100 gram buah kurma.

17. Taoge
Taoge mengandung banyak protein, vitamin dan mineral. Taoge juga mempunyai senyawa anti kanker, selain itu taoge juga bisa membantu memproduksi hormone untuk reproduksi.

18. Jagung manis
Selain protein yang cukup banyak, jagung manis mengandung vitamin B kompleks dan menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Anda bisa menyajikannya dengan membuat sup jagung manis.

Itu dia makanan-makanan yang mengandung protein tinggi rendah lemak. Meskipun begitu anda harus mengetahui seberapa kadar protein yang dibutuhkan oleh tubuh anda, terutama bagi para atlet. Tentunya tidak baik kekurangan maupun kelebihan asupan protein.
loading...
Blog, Updated at: 20.52.00

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi