Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akankah Asgardia Benar-Benar Terwujud? (Manusia Hidup dan Bernegara di Luar Angkasa

mazmuiz, Halo sahabat, kali ini saya akan membahas tentang Asgardia yang secara resmi sekarang di sebut Space Kingdom of Asgardia. Dulu awal-awal saya mendengar berita ini saya cukup takjub, dan berfikir akan sangat keren jika benar-benar bisa terwujud. Namun dalam perjalanannya sejak 2016 hingga sekarang ini 2019 apakah rencana ini benar-benar rasional untuk 5 sampai 10 tahun mendatang?

Akankah Asgardia Benar-Benar Terwujud

Kalau menurut saya sepertinya belum bisa terwujud dalam waktu 10 tahun mendatang, mengingat sekarang ini sudah tahun ke tiga asgardia di umumkan ke publik, namun sampai sekarang saya belum menemukan desain atau bentuk tempat tinggal manusia seperti apa nantinya, jika di luar angkasa. Selain itu belum ada jadwal-jadwal kongkrit yang menggambarkan step by step Bangunan Asgardia akan terwujud.

Jika memang rasional, harusnya ada planing yang kongkrit dari penggagas negara Asgardia, misalnya tahun 2024 desain rumah diluar angkasa untuk manusia, tahun 2025 pengiriman komponen yang dibutuhkan ke luar angkasa dan 2030 rakyat Asgardia akan mulai tinggal di luar angkasa.

Pada kenyataannya sampai saat ini saya belum menemukan satupun model (prototype) bangunan/ stasiun luar angkasa Asgardia yang akan menjadi tempat tinggal manusia di luar angkasa dan tidak ada target-target yang bisa menjadi acuan untuk mencapai hal itu.

Saya sendiri lebih suka planning manusia ke Mars yang sudah memiliki jadwal kongkrit step-step nya.  Model pesawat dan  rumah yang akan ditempati manusia sudah bisa kita lihat di internet, tinggal realisasinya. Bagaimana dengan Asgardia? Hmmm sepertinya untuk teknologi dan model tempat tinggalnya masih belum pasti.

Informasi Terakhir Asgardia
Berdasarkan informasi terakhir yang saya baca, saat ini Asgardia sudah memiliki presiden, lagu kebangsaan dan komponen lain dalam bernegara, namun sayangnya belum ada informasi seputar bagaimana manusia tinggal, hidup dan bernegara dengan nyaman di luar angkasa. Kira-kira teknologi seperti apa yang akan diterapkan untuk bertani dan beternak di luar angkasa untuk memenuhi kebutuhan hidup rakyatnya disana.

Atau saya yang salah paham tentang Asgardia, artikel di kompas mengatakan bahwa Asgardia adalah negara virtual yang berbasis di luar angkasa, jadi maksudnya hanya data-data saja yang di luar angkasa, manusianya ya tetap di planet, terus buat apa data rakyat di luar angkasa? Kalau memang demikian mengecewakan. Namun tidak menutup kemungkinan dimasa datang Asgardia menjadi negara pertama yang membuat manusia hidup dan bernegara di luar angkasa.

Sepertinya menarik untuk kita simak perkembangan tentang Asgardia, semoga pihak-pihak terkait bisa segera memaparkan step dan target, bagaimana dan kapan rakyat Asgardia mulai bisa tinggal di luar angkasa. Atau setidaknya memberikan penjelasan seperti apa Asgardia sebenarnya, benarkah hanya basis data saja atau manusia benar-benar tinggal di luar angkasa? Kita tunggu saja informasinya.