Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tumpang Sari Pisang dan Ubi Jalar - Contoh Kebun

mazmuiz, Halo sahabat kali ini saya akan memberikan informasi tentang penerapan kebun tumpang sari antara tanaman pisang dengan ubi jalar putih. Pada video sebelumnya saya sudah memposting contoh tumpang sari tomat dan kembang kol selain itu juga ada pisang dan buncis/ucet, insyallah ke depannya akan ada tanaman-tanaman lain yang akan saya share pada video saya.

Baca Juga : Tumpang Sari Tomat dan Kembang Kol 



Kembali pada fokus pembahasan tentang tumpang sari pisang dan ubi. Di sekitar tempat tinggal saya daerah Malang ada yang menanam pisang dan di tumpang sari kan dengan tanaman ubi jalar. Bagaimana dengan kondisi tanaman nya? Setelah saya amati, kondisi tanaman dalam keadaan baik dan sehat, bahkan ubi dapat tumbuh subur dan menghasilkan yang cukup banyak.

Salah satu keuntungan menanam ubi jalar dan pisang adalah gulma tanaman pisang dapat berkurang karena tanaman ubi dapat mendominasi gang antar tanaman pisang, hal ini cukup efektif untuk memaksimalkan lahan kosong dari jarak tanam pohon pisang yang ada. Jadi, sambil nunggu pohon pisang berbuah (sekitar 9 bulan) kita bisa panen ubi jalar. Ubi jalar nilai ekonomi nya juga tinggi loh.

Kalau dibandingkan dengan buncis atau ucet tanaman ubi menurut saya lebih baik, karena waktu saya amati tanaman pisang tumpang sari dengan buncis hama banyak menyerang buncis dan daun banyak yang berlubang, sedangkan ubi hama tanaman nya jarang, saya perhatikan tanaman ubi jalar dalam kondisi baik dan minim serangan hama.

Cukup sekian dulu ya sharing kali ini yang membahas tentang tumpang sari pisang dan ubi jalar, semoga tulisan ini benar-benar bermanfaat untuk sahabat pembaca, di lain waktu akan saya bahas tentang jarak tanam pisang di kebun tersebut. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.