Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Pokak Dan Manfaatnya

Hallo sahabat semuanya, kali ini saya akan menunjukkan tanaman pokak yang ada di halaman rumah tempat tinggal saya di Malang. Pohon pokak ini kalau saya perhatikan selalu dalam kondisi berbuah dan umur tanaman ini sudah lebih dari 1 tahun, cukup lama juga ya jika di bandingkan dengan kerabatnya yaitu tanaman terong.



Apakah tanaman ini juga ada di sekitar tempat tinggal sahabat? Jika iya, berarti sahabat tidak asing dengan tanaman pokak. Nah kira-kira buah pokak bisa kita apakan ya? Salah satu cara memanfaatkan buah pokak adalah dengan mengkonsumsinya, caranya bisa langsung di makan sebagai lalapan, atau kita masak terlebih dahulu, misalnya di jadikan botok atau kita rebus.

Rasa Buah Pokak
Nah kebetulan saya juga pernah makan buah ini dalam keadaan sudah di masak, saya lupa di masak apa sama ibu' kemarin yang jelas rasa sayur pokak ini pahit, dan rasanya jelas tidak manis. Saya bisa membayangkan jika buah ini langsung dimakan mentah menjadi lalapan, pasti pahit sekali. Konon sih orang jawa barat/sunda suka makan buah pokak dalam kondisi mentah sebagai lalapan.

Tanaman Pokak Bisa di Stek/Sambung Sisip Dengan Terong
Kalau sahabat punya tanaman pokak, bisa nih buat eksperimen menempelkan pohon terong pada pokak agar nanti juga bisa panen buah terong sekaligus buah pokaknya. Jadi nanti tanaman ini memiliki akar dan batang tanaman pokak sedangkan buah dan daunnya sebagian pokak dan sebagian terong. Keunggulan dari penggabungan tanaman pokak dan terong adalah kita bisa panen dua jenis buah sekaligus, dan tanaman terong akan memiliki usia yang lebih lama dari pada tanaman terong murni.

Kalau sahabat tidak percaya, bahwa pohon pokok bisa di sambung sisip/pucuk dengan pohon terong bisa melihat di video youtube, banyak kok yang share pengalaman mereka yang sudah berhasil menumbuhkan pohon terong di tanaman pokak.

Manfaat Buah Pokak
Katanya sih baik untuk melawan kanker dan meningkatkan kesehatan tubuh, saya sendiri belum melakukan kajian ilmiah tentang manfaat pokok, jadi ya anggap saja manfaat pokak ini hanya mitos. Nanti jika saya ada waktu akan saya coba mencari referensi penelitian tentang buah pokak ini untuk kesehatan.

Saya rasa cukup sampai disini dulu ya pembahasan tentang tanaman Pokak dan manfaatnya, untuk klasifikasi ilmiah, bagaimana cara budidaya nya, dan bagaimana cara stek tanaman pokak akan saya bahas di artikel part 2 nya, dan bisa jadi saya buat kan video nya juga. Jadi jangan lupa subscribe channel youtube saya juga, ya agar tidak ketinggalan informasi terbaru dari saya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sahabat pembaca, terimakasih dan sampai jumpa.