Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat SIM C Online di Kota Batu KTP Luar Kota

mazmuiz, Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah hal wajib untuk dimiliki bagi pengendara sepeda motor, untuk mengurus pembuatan SIM sekarang sudah Online jadi sudah tidak harus pulang kampung lagi jadi bisa bikin di luar kota. Contohnya saya sendiri yang kemarin habis membuat SIM C baru di Kota Batu secara online.

Sebenarnya saya sudah memiliki SIM C, namun karena masa berlakunya udah habis dan tidak sempat diperpanjang jadinya harus ngurus pembuatan SIM C dari awal alias membuat baru dengan mengikuti ujian teori dan praktek.

Syarat mengurus SIM online disetiap Satpas bisa berbeda-beda, misalnya di Polres Kota Kediri tidak perlu daftar online, cukup membawa fotocopy e-KTP sudah bisa, sedangkan di Polres Batu dokumen yang harus di bawa adalah fotocopy KTP, fotocopy KK, dan print bukti daftar online.

Oke pada artikel ini saya akan membahas alur pengurusan SIM C di Polres Kota Batu ya, untuk yang di Polres Kediri insyallah di artikel selanjutnya. Berikut ini alur-alur yang harus kita lalui untuk membuat SIM C baru di Kota Batu :


  1. Daftar dulu SIM Online di http://sim.korlantas.polri.go.id/simonline-registrasi/
  2. Siapkan dokumen wajib (Fc KTP, fc KK dan Print pendaftaran online)
  3. Datang ke Polres Kota Batu di Jln A.P. III Katjoeng Permadi No. 16, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65321
  4. Sebelum masuk ke Polres, lakukanlah tes kesehatan dulu agar tidak bolak balik, lokasi tes kesehatan berada di sebelah utara Porles batu pas di depan kantor DPRD Kota Batu. Biaya tes kesehatan dan map 22rb. 
  5. Dokumen sudah lengkap langsung masuk ke Porles dan menyerahkan dokumen ke loket 1
  6. Tunggu panggilan, lalu isi form yang diberi petugas, kemudian kembalikan ke loket 1. 
  7. Tunggu panggilan foto, setelah foto ke ruang ujian teori
  8. Apabila lulus ujian teori, jika memungkinkan akan langsung ujian praktek di hari yang sama. 
  9. Apabla ujian praktek lulus maka akan diberikan jadwal pencetakan SIM C, pengalaman saya jarak lulus dan jadwal pencetakan SIM C selama 7 hari. 
  10. Di hari percetakan datang ke polres, ke loket 3 dan bayar 100rb untuk penerbitan SIM C baru. 
Nah itu tadi serangkaian acara yang harus sahabat lalui jika ingin membuat SIM C baru di Polres Kota Batu baik yang domisili Batu ataupun yang luar kota. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.