Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Membuat SKCK di Polres Gresik

mazmuiz, pada postingan kali ini admin akan membagikan pengalaman membuat SKCK untuk melamar pekerjaan di polres Gresik. Sebelum ke kantor polisi untuk membuat skck sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan administrasinya sebagai berikut :

1. Pas Foto 4x6 sebanyak 3 lembar
2. KTP dan Foto copy  KTP/ Jika tidak ada bisa pakai SIM
3. Foto copy Akte/ Ijazah terakhir
4. Foto copy Kartu Keluarga (KK)

Ke empat dokumen ini wajib dibawa ya agar proses pembuatannya lancar, tidak perlu menggunakan calo. Apabila sahabat baru pertama kali membuat SKCK maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Masuk ke ruangan pembuatan SKCK dengan dokumen lengkap
  2. Mengambil formulir pengajuan SKCK dan mengisinya 
  3. Masuk ke ruangan perekaman sidik jari untuk memperoleh rumus sidik jari kita
  4. Menyerahkan formulir yang sudah di isi ke petugas
  5. Dokumen akan diperiksa dan dilakukan penelitian history kriminal oleh petugas
  6. Tunggu sampai kita di panggil untuk melakukan koreksi data dan tanda tangan
  7. Menunggu SKCK di cetak sekitar 15-30 menit
  8. Setelah di panggil membayar penerbitan SKCK 30rb dan SKCK sudah di tangan. 

Jadi seperti itu tahapan yang kemarin saya jalani untuk membuat SKCK di Gresik, adapaun jam kerja nya mulai jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Nah kemarin saya datang jam 12 siang, karena masuk jam istirahat jadi mulai mengurusnya jam 1 siang, adapun selesai mengurusnya jam 14:30. Lamanya proses pengurusan bisa jadi karena antrian yang banyak.

Bisakah kita membuat SKCK di luar daerah? Berdasarkan peraturannya kita hanya bisa membuat SKCK sesuai domisili KTP kita, tetapi bukan berarti kita tidak bisa mengurusnya dari jauh alias tidak perlu pulang kampung khususnya untuk yang baru pertama kali membuat SKCK.

Sahabat bisa datang langsung ke polres terdekat, untuk merekam rumus sidik jari, kemudian rumus sidik jarinya di kirim ke alamat email atau WA sodara atau teman yang sanggup mengurusnya di alamat sesuai ktp sahabat, Kirimkan juga gambar tanda tangan sahabat.

Jika prosesnya lancar maka SKCK dapat diterbitkan dengan bantuan orang lain di alamat sesuai ktp, asalkan persyaratan dan kelengkapan telah terpenuhi semua. Demikian ulasan yang bisa yang berikan, semoga memberikan manfaat untuk sahabat semuanya. Sampai jumpa dan terimakaih.