Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menanam Semangka di Pot Alakadarnya

Semangka adalah buah bulat yang memiliki kadar air tinggi di dalamnya, daging buah umumnya berwarna merah dan kuning. Semangka dapat ditanam dalam polybag ataupun pot sehingga siapa saja bisa mencobanya dirumah, termasuk saya sendiri mencoba menanam buah semangka di pot bekas ember yang pecah.

Bibitnya yang saya gunakan berasal dari biji buah semangka yang habis dimakan dan tumbuh liar di depan rumah, lalu saya pindahkan kedalam pot dengan media tanah tanpa kompos. Setiap hari disiram agar tidak layu, terutama saat tanaman mulai berbuah. 

Jadi ada berapa tanaman yang saya tanam? jawabannya ada 1, sementara ini hanya satu karena masih mau coba menanam semangka dalam pot, nanti apabila sarana dan prasarana sudah siap, insyallah akan menanam dalam sekala yang lebih banyak, tentunya dengan bibit dari benih yang ada di toko pertanian. 

menanam semangka di pot

Kendala

Bunga semangka sering rontok dan tidak jadi buah, perlu diketahui bahwa bunga semangka memiliki dua jenis bunga yaitu bunga jantan dan betina. Bunga jantan tidak memiliki bakal buah sedangkan bunga betina memiliki bakal buah dan akan berkembang menjadi buah semangka apabila terjadi perkawinan/penyerbukan. 

Apabila tidak terjadi penyerbukan maka bunga jantan dan betina akan rontok, nah ada dua cara menyerbukkan bunga pada semangka, pertama secara alami dengan bantuan serangga seperti kupu-kupu atau lebah dan cara kedua yaitu melakukan penyerbukan secara manual, yaitu kita yang membantu proses itu terjadi. 

Hal ini juga terjadi pada tanaman semangka saya, bunga selalu rontok karena tidak ada serangga penyerbukan, sehingga saya lakukan penyerbukan secara manual pada dua bunga betina, dan alhamdulillah 1 buah bunga betina membesar menjadi buah.

menanam semangka di pot

Setelah ada salah satu bunga yang menjadi buah maka tanaman akan mulai berhenti berbuah lagi dan fokus membesarkan buah yang sudah ada. 

Kendala kedua adalah kurang siapnya media tanam membuat pertumbuhan tanaman menjadi lamban dan ukuran buah menjadi kerdil. Hal ini sangat wajar karena media tanam yang saya gunakan adalah tanah dari campuran debu dan tanpa kompos sehingga membuat media cepat kering dan gersang. 

Jadi demikian sementara yang bisa saya bagikan perihal menanam tanaman semangka di pot. Owh iya baca juga artikel terkait : Cara Membedakan Bunga Jantan dan Betina Tanaman Semangka

Saran 

Jika sahabat ingin menanam tanaman semangka di pot, siapkan media tanam yang subur yaitu campuran arang sekam, kompos dan tanah dengan perbandingan 1:1:1, selain itu gunakan pot dengan ukuran yang cukup besar yaitu sekitar diameter 25 atau 30 cm. Untuk pupuk tambahan bisa memberikan pupuk NPK mutiara 16, 16, 16.

Pupuk NPK bisa diberikan ketika tanaman sudah berumur 30 hari, dengan dosis 5 gram pertanaman dengan pengulangan 1 minggu sekali. Semoga berhasil dan sampai jumpa.