Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Kotoran Kambing cepat Hancur

Kotoran Kambing berpotensi untuk digunakan sebagai pupuk organik berupa POC ataupun kompos, namun yang menjadi kendala dalam penggunaannya adalah kotoran kambing ini berbentuk bulat seperti kelereng kecil yang cenderung sulit untuk hancur walaupun disimpan dalam waktu yang lama, bahkan dengan difermentasipun kadang kotoran kambing tidak bisa hancur sendiri. 

Namun sahabat tidak perlu khawatir, karena admin akan membagikan beberapa cara agar kotoran kambing cepat hancur dan bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kandang untuk menyuburkan tanaman sayur dan buah. 

Berikut ini beberapa perlakuan agar kohe kambing cepat hancur : 

1. Digiling

Alat dan bahan nya adalah mesin giling multifungsi dan kotoran kambing yang sudah dikeringkan terlebih dahulu, hal ini berfungsi agar kotoran tidak menempel pada saringan mesin giling sehingga tidak tersumbat. Masukan kohe kambing kering ke dalam mesin giling, maka kohe kambing akan hancur seperti tanah, adapun harga mesin giling multifungsi kisaran 2jt hingga 3 jt belum termasuk penggerak.

2. Memukul / Menumbuk

Alat yang dibutuhkan adalah saringan nilon yang biasanya di buat untuk menyaring pasir (bukan dari logam atau besi), bisa juga menggunakan kain yang tidak terpakai, alat lain yang dibutuhkan adalah pemukul dan telenan yang terbuat dari kayu, hal ini berfungsi agar suara tidak terlalu keras saat menumbuk kotoran kambing. 

Langkah cara menumbuknya adalah masukkan kotoran kedalam saringan atau kain yang sudah disediakan, tumbuk atau pukul kotoran kambing sampai hancur dan halus, setelah dirasa cukup, buka kain atau saringan dan masukan kedalam wadah yang sudah di sediakan. 

3. Memproses kotoran Kambing Sebagai POC (Pupuk Organik Cair)

Alat yang dibutuhkan adalah tong dengan tutup, pertama masukkan kotoran kambing kedalam tong kemudian campur dengan air dengan perbandingan 1:1, contoh jika kohe kemabing 50 liter maka air juga 50 liter. 

Selanjutnya aduk-aduk hingga air dan kohe kambing bercampur merata, tutup tong dengan rapat dan biarkan hingga 1 minggu, kemudian dibuka kembali dan aduk-aduk lagi dan tutup rapat. Lakukan sampai 4 minggu atau hingga kotoran kambing benar-benar hancur. Setelah itu sahabat bisa menggunakan air dan campuran kohe ini untuk pupuk. 

Cara penerapannya ambil air yang ada di gentong, boleh dicampur dengan sebagian kotoran kambing, selanjutnya tambahkan air dengan perbandingan 1:4 (1 bagian POC 4 bagian air). Siram ke area perakan tanaman. 

Air yang ada di tong bisa diambil dan disimpan dalam jerigen sehingga hanya menyisakan kotoran kambing, kotoran kambing bisa dikeringkan dan diberikan ketanaman.

Itulah beberapa perlakuan agar kotoran kambing cepat hancur dan bisa segera digunakan sebagai pupuk organik untuk menyuburkan tanaman, semoga bermanfaat untuk para pembaca.