Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Kampas Rem Depan Motor Habis Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Jika Anda adalah pemilik sepeda motor, pasti sudah tahu betul pentingnya perawatan kampas rem untuk keselamatan berkendara. Namun, seringkali terjadi bahwa kampas rem depan motor justru sering terabaikan dalam perawatannya. 

Padahal, kampas rem depan merupakan bagian yang sangat penting dan harus selalu diperhatikan kondisinya, karena ini yang bertanggung jawab untuk menghentikan kecepatan motor ketika kita mengerem. 

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas ciri-ciri kampas rem depan motor yang sudah habis atau tipis, agar Anda tidak terjebak dalam kecelakaan berkendara akibat kampas rem depan yang tidak efektif.

Gambar Kampas Rem Depan Motor
Gambar kampas rem depan motor

Berikut Ini Ciri-Ciri Kampas Rem Depan Motor Sudah Habis dan Harus Segera di Ganti 

  1. Tebal kampas rem yang sudah berkurang atau sudah tidak sebesar tebal kampas rem saat pertama kali digunakan. 
  2. Warna kampas rem yang sudah pudar atau sudah tidak secerah saat pertama kali digunakan
  3. Bau tidak sedap yang timbul saat menggunakan rem
  4. Suara berisik saat menggunakan rem dan kadang saat tidak digunakan juga berbunyi kresek-kresek
  5. Motor mudah terjerembab saat menggunakan rem, ini sudah sangat fatal dan berbahaya, segeralah ganti kampas rem depan Anda. 

Setelah mengetahui ciri-ciri kampas rem depan motor yang sudah habis, sebaiknya segera mengganti kampas rem tersebut demi keamanan saat berkendara. Jangan biarkan kampas rem yang sudah habis terlalu lama, karena dapat menyebabkan kecelakaan yang tidak diinginkan. Selalu jaga kondisi kampas rem sepeda motor Anda agar tetap aman saat berkendara.