Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Mengganti LCD Xiaomi Note 10 4G

Saya memiliki HP xiaomi Note 10 4G dengan layar amoled, HP ini saya gunakan untuk bekerja sebagai Ojek Online Gojek, HP ini sangat tangguh menurut saya, karena sering saya gunakan saat hujan dan panas hari, jadi sering terkena air rembesan dan kepanasan saat cuaca panas. 

Selain karena panas dan hujan, HP Xiaomi ini saya letakkan pada holder hp yang menjempit di stang motor, sehingga bagian sisi samping layar mengalami tekanan yang cukup kuat membuat layar error pada bagian tengah, jadi ada bagian layar yang tidak bisa di klik. 

Masalah itu saya akali dengan aplikasi kursor pada layar menggunakan aplikasi di google play. Namun setelah lama-lama kelamaan semakin parah, dan puncaknya setelah habis ngojol saat hujan dan terkena cipratan air, layar HP xiaomi Note 10 saya muncul titik hitam kecil pada bagian layar dan muncul beberapa kotoran biru pada layarnya. 

Saya pikir karena kamasukan air dan akan pulih sendiri ketika kering, ternyata tidak. Ke esokan harinya dari titik hitam kebiruan itu meluas dan semakin banyak menutupi hampir seperempat layar HP saya, ini sangat menggangu walaupun fungsi layar masih berfungsi. Akhirnya saya melihat tutorial di youtube dan mencari tahu cara mengatasinya. 

Ternyata di youtube menjelaskan bahwa masalah ini terjadi karena kerusakan pada LCD, kejadian ini umum terjadi pada layar LCD tipe Amoled yang di sebabkan karena umur pakai layar dan penggunaan yang terlalu ekstrim. Solusi satu-satunya adalah dengan mengganti LCD.

Layar HP Xiaomi Redmi Note Saya Seperti ini Kerusakannya

Akhirnya saya mencari tempat service HP di sekitar tempat saya tinggal melalui google maps dan mencari tempat service dengan reting yang bagus, akhirnya saya menemukan tempat service yang dekat dengan tempat tinggal saya dengan reting yang memuaskan dan minim komplain. 

Setelah saya menghubungi tukang service yang ada di google maps melalui WA, akhirnya mereka meminta membawa hp saya untuk di cek terlebih dahulu untuk mengetahui masalah apa saja yang terjadi pada HP saya sebelum menentukan Harga service, singkat cerita saya bawa HP saya kesana dan di cek, ternyata masalahnya hanya pada Layar LCD nya sehingga harus di ganti.

Tukang service bilang kalau mengganti dengan layar amoled biaya nya akan mahal dikisaran 800 rb, namun jika menggunakan LCD yang biasa type IPS cukup murah, yaudah akhirnya saya menyetujui untuk mengganti ke layar yang biasa, toh juga yang penting fungsi nya.  Untuk proses penggantian membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dengan biaya 270rb. Oke saya dealkan dan pengerjaan di mulai ke esokan harinya, karena tukang service harus membeli sperpart terlebih dahulu. 

Akhirnya HP saya sudah selesai di service dan semua layar berfungsi dengan baik, hanya saja perbedaan antara LCD Amoled dengan yang biasa yaitu amoled lebih jernih, lebih responsif dan layar nya tajam. Jadi kalau buat main game dan nonton sangat memanjakan mata. Demikian semoga bermanfaat.