Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Sewa Baterai Motor Polytron, Biaya dan Cara Pembayarannya

Polytron mengeluarkan produk Sepeda Motor Listrik, salah satunya adalah Fox R dengan sistem sewa baterai, ingin tahu bagaimana sistem sewa yang disediakan oleh polytron dan plus minusnya jika kita menyewa baterai saat membeli motor listrik Polytron Fox R, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Kenapa Sewa Baterai Motor Listrik?
Salah satu komponen motor listrik yang paling mahal adalah baterai, sehingga motor listrik kebanyakan dibandrol dengan harga yang sangat mahal, rata-rata motor listrik di jual pada kisaran 25-35 juta tergantung spek yang diberikan. Semakin jauh kemampuan tempuhnya maka semakin mahal, karena menyesuaikan dengan kapasitas baterainya.

Foto Baterai Motor Listrik Polytron

Hal lain yang menjadi ke pertimbangan para konsumen adalah ketahanan baterai, jika baterai motor listrik rusak maka konsumen harus membeli baterai baru yang harganya tidak murah, hampir setengah harga bahkan seharga motor listrik baru. Ini membuat banyak pihak menahan diri untuk membeli motor listrik karena khawatir dengan masa pakai baterai. 

Polytron melakukan inovasi dengan menjual sepeda motor listrik tanpa baterai untuk menurunkan harga produk meraka, sehingga konsumen dapat membeli motor listrik dengan harga terjangkau, sebagai gantinya konsumen harus menyewa baterai agar dapat menjalankan motor listriknya.

Keunggulan Sistem Sewa Baterai Polytron
Saat konsumen membeli Motor Listrik Polytron, maka baterai di dalamnya tidak termasuk dalam pembelian unit sehingga baterai pada sepeda motor listrik milik perusahaan polytron. Lalu apa saja keunggulan dari sistem sewa baterai?

1. Harga Unit Motor Listrik Jauh Lebih Murah
Dengan tidak dimasukkannya baterai dalam pembelian motor listrik maka harganya akan jauh lebih murah di bandingkan dengan yang sepaket dengan baterainya. Contohnya untuk motor listrik polytron Fox R harga sepaket dengan baterainya di bandrol 38 juta, sedangkan dengan sistem sewa harganya 20,5 juta. 

2. Jaminan Performa Baterai
Selama konsumen menyewa baterai, maka pihak polytron bertanggung jawab terhadap performa baterainya, bahkan jika performa baterai menurun di 85% maka akan di ganti baterai baru tanpa biaya. Ini akan mengurangi resiko konsumen terhadap masalah baterai yang harganya masih sangat mahal. 

3. Menghemat Biaya Perawatan
Dibandingkan membeli baterai langsung, menyewa akan lebih murah karena bebas resiko perawatan dan kerusakan. Perlu di ketahui bahwa baterai motor listrik polytron di jual dengan harga 17,5 juta, Kapasitas baterai Polytron yang besar (72V x 52Ah) = 3.75 kWh, mampu memberikan jarak tempuh 130 Km.

Berapa Biaya Sewa dan Kapan Mulai Membayarnya?
Saat artikel ini di buat, biaya sewa baterai motor listrik polytron Rp 200.000 per bulan tanpa batas jarak tempuh, dan mulai membayar sewa baterai 3 hari setelah motor listrik yang di beli konsumen sudah diterima/sudah sampai dirumah. Selanjutnya konsumen melakukan perpanjangan sewa disetiap bulannya. 

Untuk pembayaran sewa baterai bisa dilakukan setiap bulan, jadi setiap bulan konsumen bisa membayar 200rb, bisa juga melakukan pembayaran langsung untuk 3 bulan, 6 bulan hingga langsung 12 bulan, dengan catatan sudah melakukan pembayaran sewa pertama sebesar 200rb. 

Pihak polytron akan menelpon konsumen untuk memberitahukan bahwa menu pembayaran sewa baterai sudah tersedia di aplikasi pengguna. Pembayaran menggunakan Bank BCA dan nomer rekening tujuan atas nama PT. 

Setiap konsumen motor listrik polytron akan mendapatkan akun aplikasi EV by polytron yang bisa di download pada playstore dengan menggunakan nomor telepon yang terdaftar saat pembelian. Di aplikasi tersebut kita bisa mendapatkan informasi terkait baterai, jarak tempuh dan tanggal pembayaran sewa baterai sekaligus prosedur pembayarannya. 

Apa Yang Terjadi Jika Kita Tidak Membayar Sewa Baterai?
Jika konsumen tidak membayar tagihan sewa, maka sensor pada dasbor motor listrik akan menyala (Sensor ECU) dan kecepatan motor akan dibatasi hingga konsumen melakukan pelunasan sewa baterai. Lalu jika memutuskan untuk berhenti sewa baterai apa yang terjadi? Maka pihak polytron berhak untuk mengambil baterai yang ada di motor, charger, akun di aplikasi dan sekaligus GPS yang terpasang di dalam motor listrik konsumen.

Bagaimana Cara Ngecas Motor Listrik Polytron?
Saat pembelian unit motor listrik, maka konsumen akan mendapatkan alat charger yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterainya, jadi bukan sistem swap atau tukar baterai ya. Ngecas bisa di rumah sendiri atau dimana saja yang menyediakan colokan listrik dan ada strumnya.

Jika ingin mengecas di rumah, maka setidaknya daya PLN rumah minimal 900 Watt, sebab charger bawaan polytron membutuhkan daya 840 Watt saat mengecas. Agar dapat mengecas di rumah maka alat elektronik yang membutuhkan Watt besar dimatikan terlebih dahulu, seperti Kulkas, AC, Magicom Dll. Daya listrik Rumah yang disarankan oleh pihak Polytron minimal 1300 Watt

Selain itu saat ini di Service Center (SC) Polytron sudah menyediakan alat fast charging secara gratis untuk pengguna motor listrik polytron, keunggulan Fast Charging ini pengguna bisa mengecas dengan cepat dari 0 hingga 100 % cukup 1 jam saja, sedangkan Charger bawaan membutuhkan 4 - 5 jam, tapi ingat tidak disarankan menghabiskan baterai hingga 0% karena akan cepat merusak baterai.

Proses Ngecas Baterai di SC dengan Fast Charging

Anda juga bisa mengecas di SPLU yang saat ini banyak tersedia di Kantor PLN di setiap kota saat berada di luar kota. Owh iya perlu diketahui bahwa baterai motor listrik polytron ini tidak bisa dilepas pasang begitu saja, jadi kalau mau melepasnya harus bongkar body motor terlebih dahulu. 

Tatacara mengecas motor listrik polytron adalah pertama colokkan terlebih dahulu adaptor ke sepeda motor listrik, selanjutnya baru ke PLN, saat baterai sudah penuh lakukan sebaliknya yaitu lepaskan colokan di PLN terlebih dahulu baru lepaskan colokan di motornya. Demikian semoga bermanfaat.