Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Beli Motor Listrik Subsidi Polytron

Sepeda motor listrik saat ini banyak diminati karena memiliki kelebihan dibandingkan motor bensin, beberapa diantaranya adalah ramah lingkungan, suara tidak bising/senyap, lebih hemat secara ekonomi dan lebih murah harganya karena mendapat subsidi dari pemerintah. Lalu apa yang menjadi pertimbangan saya juga membeli motor listrik?

Latar Belakang Kenapa Membeli Motor Listrik
Saya bekerja sebagai ojol yang setiap harinya menggunakan sepeda motor bensin untuk menjalankan pekerjaan, setiap hari jika orderan ramai bensin yang saya habiskan bisa mencapai 30rb hingga 40rb, dan hampir setiap minggu harus ganti oli mesin, setiap bulan ganti oli gardan, serta service VCT setiap bulan sekali. Belum lagi harus ganti kampas REM, Ganti Ban luar depan dan belakang dan lainnya. 

Untuk pengeluaran bulanan saja untuk isi bensin dan ganti oli bisa menghabiskan 1,2 juta, diluar service VCT dan kendala lain saat berkendara. Akhirnya saya mendapatkan informasi di internet tentang sepeda motor listrik yang saat ini sedang di subsidi oleh pemerintah sehingga memiliki harga yang murah, dan berdasarkan informasi motor listrik ini lebih efisien dari pada motor bensin karena tidak perlu ganti oli dan minim perawatan.

Memilih Merek Motor Listrik
Saya mulai tertarik untuk mengganti motor bensin dengan motor listrik, langkah awal yang perlu saya lakukan adalah melihat merek-merek motor listrik yang saat ini tersedia di Indonesia dan membandingkan harga, spesifikasi dan review dari para pengguna yang sudah menggunakan motor tersebut untuk mengetahui kendala-kendala yang mungkin nanti akan saya alami setelah membeli motor listrik tersebut. 

Pertama dari spesifikasi, motor listrik yang perlu saya pertimbangkan untuk dibeli adalah yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu jarak tempuh sekali ngecasnya bisa sampai berapa KM, keandalan saat di jalan tanjakan dan kenyamanan saat dibuat goncengan. Untuk mendapatkan informasi ini saya melihat review-review di youtube dan google.

Setelah mengetahui spesifikasi yang diperlukan, akhirnya mulai mencari motor listrik yang sesuai dengan spesifikasi dan harga yang cocok dengan kantong. Beberapa merek yang saat ini tersedia di indonesia adalah Gesit, Alva, Volta, Selis, Polytron dan lain-lain. Akhirnya pilihan jatuh pada sepeda motor listrik keluaran Polytron yaitu Fox R. 

Motor Fox R Di Ajak Jalan Dari Batu Ke Pacet

Sedikit informasi tentang sepeda motor listrik ini adalah jarak tempuh maksimal sekali ngecas dengan kondisi baterai full bisa mencapai 130 KM, untuk ngecas bisa di rumah atau SPLU yang saat ini sudah banyak tersedia di kantor PLN. Dimensi hampir sama dengan motor bensin Yamaha N Max dan Honda PCX, karena dimensi yang besar sehingga sangat cocok untuk dibuat goncengan dan membawa barang yang berat. 

Dari segi harga motor listrik Polytron Fox R ini di jual 13,5 juta daerah JABODETABEK dan 14 juta di luar daerah (Harga ini sudah terpotong subsidi dari pemerintah dan termasuk pengurusan surat-surat seperti STNK dan BPKB).

Perlu diketahui bahwa penjualan motor polytron ini tidak termasuk baterai sehingga pengguna/pembeli motor listrik polytron Fox R harus menyewa baterai yang dapat diperpanjang setiap bulannya sebesar 200rb unlimited jarak tempuh, apabila ada kerusakan atau daya baterai berkurang selama masa sewa maka akan diganti dengan baterai baru. Harga baterai polytron fox R ini dibandrol dengan harga 17,5 juta per unit. 

Cara Membeli Motor Listrik Subsidi
Target motor listrik sudah di dapat selanjutnya eksekusi beli, awalnya mulai dari buka marketplace hingga langsung buka web resmi polytron dan ternyata di arahkan untuk ke Sales/Dealer resmi terdekat. Posisi saya di malang dan pada saat itu sales terdekat berada di Sidowarjo. Singkat cerita saya di suruh kesana, tapi karena jauh akhirnya tertunda terus.
Motor Polytron Fox R di Dealer Malang
Akhirnya ikut group facebook pengguna Polytron Fox R, kebetulan ada sales yang buat postingan bisa bantu untuk pembelian motor listrik subsidi khusus wilayah Jawa Timur dan kebetulan kantornya di Surabaya. 

Saya hubungi beliau nya melalui WA bernama Pak Wahyu, lalu di sampaikan persyaratannya dan ketentuan dalam membeli motor listrik subsidi. Berikut ini beberapa syaratnya: 

Syarat pembelian subsidi di Polytron
  1. Customer menyerahkan foto KTP+KK yg bagus dan jelas
  2. Proses pembelian custamer memberikan:
    - No Telp :
    - Email :
    - Warna Motor:
    - Alamat Kirim:
    - Nama Ayah Kandung sesuai KK :
  3. Setelah proses SPK dan pelunasan penerima unit di ushakan yg atas nama sesuai KTP
  4. Proses surat2 STNK dan plat nomer paling cepat 14 hari kerja paling lama 1 bulan 
  5. Setelah STNK dan Plat Nomer jadi yang menerima harus orang yang sesuai dengan data STNK dan penerima Subsidi serta berfoto di depan unit sambil pegang KTP dan STNK tanpa menggunakan topi dan menggunakan masker saat foto menghadap kamera untuk syarat klaim subsidi dari pemerintah, selama masih dalam proses STNK dan Plat No "DILARANG MEMODIFIKASI KENDARAAN DALAM BENTUK APAPUN"
  6. Customer di larang melakukan pembelian ke dealer lain dengan subsidi selama proses claim subsidi di Polytron, Apabila terjadi pembelian di dealer lain dan subsidi tidak cair maka resiko akan di bebankan ke customer
  7. Kalau dari pihak konsumen tidak mengikuti prosedur sampai tuntas dan subsidi terjadi pembatalan cair ke perusahaan maka 7 juta yang tidak cair akan di tanggung konsumen pribadi untuk melunasi sisa subsidi yang tidak cair
Untuk harga OTR (On The Rood) 21 juta sudah termasuk pengurusan surat-surat dan biaya pengiriman, sistem batrai sewa 200 ribu perbulan sudah unlimited, jadi seumpama lolos berhak mendapatkan subsidi 21 juta - 7 juta total 14 juta wajib pelunasan tranfer ke REK PT SARAN KENCANA MULYA menunggu invoice penagihan resmi terlebih dahulu.

Kemudian saya iyakan, lalu 30 menit kemudian mendapatkan email dari Polytron sehubungan dengan tagihan pembelian motor listrik, esok harinya (tgl 14 Des 2023) saya transfer seusai yang ada di email dengan tujuan rek atas nama PT Saran Kencana Mulya. Tanggal 18 Desember 2023 Unit datang yang di kirim langsung dari Surabaya ke Kota Batu Malang. 

Pada saat unit datang ke rumah, petugas yang Antar bernama Pak Huda memberikan penjelasan seputar tombol-tombol yang ada di dasbor motor beserta fungsinya. Memberikan penjelasan apabila kendala di jalan dan apa yang harus dilakukan jika ada masalah pada sepeda motornya. Tidak lupa beliau juga mengecek dan memastikan kondisi sepeda motor listrik yang saya terima semuanya dalam kondisi baik, setelah itu foto serah terima dan melakukan tanda tangan dokumen serah terima dan sewa baterai.

Untuk pembeli motor polytron perlu mendownload aplikasi EV Polytron yang bisa di download di playstor, aplikasi ini berfungsi untuk memonitoring lokasi Motor, jarak tempuh, kondisi suhu dinamo, baterai dan inverter. Selain itu App ini juga berfungsi untuk mengetahui kemana status sewa baterai dan kemana kita harus membayar tagihan sewa baterainya. 

Kapan kita mulai membayar sewa baterainya? Setelah 3 hari unit datang kita akan mendapatkan WA dan email bahwa tagihan sewa baterai sudah bisa di bayarkan dengan maksimal pembayaran 6 hari setelah unit diterima.

Pengurusan STNK dan Plat Motor
Sesuai dengan ketentuan diatas bahwa pembelian motor listrik subsidi sudah termasuk pengurusan surat-surat ke kantor kepolisian untuk mendapatkan STNK, Plat Motor dan BPKB, jadi kita sebagai pembeli tidak perlu repot mengurusnya karena dari pihak dealer yang akan mengurusnya.

foto STNK dan Plat Motor Listrik Polytron

Unit saya datang pada tanggal 18 Des 2023, pada tanggal 3 Januari 2024 saya dihubungi oleh pihak Polytron Malang untuk mengambil STNK dan Plat Motor di Service Center daerah malang. Sedangkan BPKB estimasi akan diterima bulan Februari 2024.