Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berkendara Motor Listrik Agar Hemat Baterai Sehingga Jarak Tempuh Makin Jauh

Sepeda motor listrik saat ini semakin diminati oleh masyarakat di Indonesia, data tahun 2023 sudah terjadi pembelian lebih dari 4 juta unit, sehingga informasi mengenai cara mengendarai motor listrik yang efisien dan hemat baterai perlu di sebarkan sehingga bisa menjawab kebutuhan pengguna. 

Pada kesempatan kali ini saya selaku pengguna sepeda motor listrik akan membagikan pengalaman berharga kepada Anda para pembaca, barangkali Anda bisa terbantu dengan informasi yang akan saya bagikan berikut ini. 

Awalnya saya berkendara menggunakan motor listrik sangat terkesan dengan performa torsinya, bagaimana tidak, saat kita menarik pedal gas motor listrik ini langsung melaju dengan cepat dan ringan, sehingga saat dibutuhkan dalam menyalip kendaraan di depan sangat enak, apalagi suara bunyinya senyap. 

Sehingga saya pikir awalnya berkendara dengan menarik gas secara dalam di awal tidak akan mempengaruhi secara signifikan terhadap konsumsi baterai, ternyata saya salah, karena setelah melakukan teknik berkendara yang akan saya bagikan ini, jarak tempuh motor listrik saya jauh lebih panjang dan konsumsi baterai juga lebih hemat.

Motor Listrik Polytron Jarak Tempuh Maksimal 130 KM sekali Ngecas

Tips Mengendarai Motor listrik Agar Hemat Baterai dan Jarak Tempuh Lebih Jauh

Kunci berkendara motor listrik efisien baterai adalah dengan teknik menarik gas secara perlahan-lahan, dan kemudian setelah kendaraan berjalan baru gas diperdalam tarikannya untuk mendapatkan kecepatan yang di inginkan.

Pada saat jalan menurun lepaskan gas biarkan kendaraan melaju kedepan hingga melambat, setelah itu baru di gas lagi secara perlahan, metode berkendara seperti ini akan lebih menghemat baterai dibandingkan dengan menarik gas langsung dalam untuk mendapatkan kecepatan di awal berkendara.

Kenapa Bisa Lebih Boros Daya Baterai?

Saat motor diam dan langung di gas dalam, dinamo membutuhkan energi yang besar untuk menjalankan kendaraan dengan cepat. Hal ini terjadi karena motor listrik belum mendapatkan momentum untuk melaju, berbeda jika kita tarik gas perlahan, maka motor akan berjalan secara perlahan dan mendapatkan momentum untuk melaju dengan cepat ketika gas di tarik lebih dalam secara perlahan. 

Pengalaman Pribadi Berkendara Motor Listrik Polytron Fox R

Motor listrik ini di klaim jarak tempuh sekali ngecas 130 KM dalam kondisi 100% full baterai, namun dalam praktek yang saya alami cukup sulit untuk mewujudkannya, rata-rata 1% baterai yang berkurang jarak tempuhnya hanya 1 km di jalan lurus yang berarti 100% baterai maksimal jarak tempuh nya 100 KM.

Awalnya saya pikir apa karena kualitas baterai pada unit saya, ternyata setelah membaca sharing di postingan facebook ada teknik berkendara agar hemat baterai motor listrik, dan teknik itu adalah teknik menarik gas secara perlahan-lahan di awal berkendara. 

Ternyata setelah saya coba teknik ini, baterai motor saya lebih efisien yang sebelumnya setiap 1% dapat menempuh 1 KM, menjadi 1,2 KM bahkan bisa lebih, jadi kesimpulannya kunci menghemat baterai motor listrik saat berkendara itu pada penggunaan pedal gas.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kehematan Daya Baterai dan Jarak Tempuh Motor Listrik

Selain teknik mengatur pedal gas, ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi jarak tempuh dan efisiensi penggunaan daya baterai motor listrik yaitu bobot pengendara, kondisi jalan dan kerusakan pada baterai motor listrik. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.