Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Merawat Laptop Agar perfomanya tetap Terjaga Dan Awet


Cara merawat laptop yang benar supaya awet dan tetap bagus performanya - Kebetulan lagi longgar dan mendapat kesempatan untuk menulis mengenai perawatan komputer. Sering saya jumpai laptop yang udah berusia 3 tahun ke atas mengalami penurunan kecepatan menanggapi perintah, jadi misall loadingnya lama dan sering not responding. Apakah sobat mengalami hal yang sama? Jika ia kakak saya juga senasib dengan sobat. Pada kesempatan ini saya akan sharing beberapa tips dalam merawat laptop.




Banyak faktor yang menyebabkan OS berjalan sangat lama ketika mendapat perintah dari penggunanya, biasanya akan loading lama atau sering mengalami not responding saat menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu. Masalah ini bisa karena dua hal yaitu faktor internal dan eksternal. Internal itu karena sistem oprasi yang error dan eksternal karena perangkat keras (hardware) yang mengalami masalah. Semua permasalahan di atas karena disebabkan pemeliharaan dan perawatan yang kurang baik oleh pemiliknya. Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa laptop sering rusak seperti penggunaan laptop saat di cas dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara memelihara Laptop Dengan Baik ?

Sebagai pemilik laptop harus mengerti cara merawatnya agar laptop performanya tetap terjaga, sehingga saat digunakan tetap cepat dan tidak cepat rusak, baik Software maupun hardware. berikut ini saya rangkumkan buat anda.

12 Cara Memilihara Laptop Secara Eksternal  (Hardware)

1. Jangan menyalakan laptop saat di simpan dalam tas, karena dapat menggangu sirkulasi udara untuk mendinginkan komponen laptop yang panas.
2. Ketika membuka laptop pegang bagian tengahnya agar engsel laptop tetap awet.
3. Jangan dekat-dekat pada laptop saat makan makanan yang berkuah atau makanan yang memiliki ukuran kecil untuk menghindari kuah dan makan jatuh di atas laptop (pengalaman pribadi).
4. Ketika bepergian selama 1 minggu lebih lepaskan battrey dari laptop dalam ke adaan battrey kosong tanpa daya. Baca juga : Kasus Teman Saya
5. Oprasikan Laptop sehari sekali minimal 30 menit agar jalur listrik tetap stabil dalam komponen hardware tatap awet.
6. Gunakan laptop di tempat yang datar agar tidak jatuh, dan Jangan menggunakan laptop di atas kain, selimut atau kasur karena dapat menutup sirkulasi udara agar tidak panas dan konslet.
7. Ketika menggunakan laptop dalam waktu 5 jam matikanlah sejenak minimal 1 jam tujuannya agar laptop tidak terlalu panas.
8. Jangan mengoncang-goncangkan laptop saat dalam keadaan menyala karena bisa merusak hardisk internal sobat dan komponen yang lain juga.
9. Jangan mengoprasikan laptop sambil mengecas karena dapat membuat rusak sel battrey, ketika battrey sudah 100% lepaskan colokan chareger bila laptop tidak memiliki pengaturan pemutusan chareger otomatis ketika penuh.
10. Gunakan warna yang kontras dan jangan terlalu cerah saat menggunakan laptop agar kinerja lapto tidak terlalu keras.
11. Jangat tekan bagian dalam layar dengan jari anda agar tidak rusak atau gosong (pengalaman teman saya)
12 . Ketika mengetik jangan terlalu keras menekannya agar keyboard awet dan komponen dalamnya tidak patah atau pecah.

8 Cara Memiliahara Laptop Secara Internal (Sistem Oprasi)
1. Install software sistem oprasi yang asli
2. Jangan mengisntall program atau aplikasi terlalu banyak yang tidak penting
3. Membersihkan registry yang tidak di perlukan
4. Menginstal anti virus yang berkualitas, hindari mengisntal antivirus lebih dari 2.
5. Menghapus file-file yang tidak penting secara berkala setiap bulan.
6. Selalu merefresh komputer dan memback laptop.
7. Jangan terlalu sering mengintal ulang sistem oprasi,
8. install software utility (Advance System Care / Tune Up) 

Tidak semua hal di atas harus anda penuhi, jadi kondisional saja, yang terpenting tetap berusaha menjaga laptop dari hal-hal yang dapat merusaknya. Jika salah satu di antara cara di atas belum anda kuasai maka jangan di paksakan, belajarlah sedikit demi sedikit, bila perlu berkonsultasi langsung dengan teman anda yang mengerti tentang laptop. 

Demikian Bagaimana Cara Merawat Laptop Agar perfomanya tetap Terjaga yang bisa saya sharing bersama sobat semua, semoga bisa bermanfaat, jika ada yang kurang dan perlu di tambahi silahkan berkomentar, insya allah akan segera saya update. Terimakasih sudah berkunjung sampai jumpa.