Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Mandi Di Malam Hari ? Ulasan Lengkap Manfaat Dan Efek Samping



Bahaya mandi diwaktu malam hari - Mandi adalah sebuah kegitan menyiramkan air ke seluruh tubuh yang bertujaun untuk membersihkan badan dari kotoran-kotoran yang menempel pada tubuh manusia (wikipedia). Orang indoensia memliki kebiasaan mandi dua kali sehari yaitu diwaktu pagi sebelum melaksanakan kegiatan dan mandi di waktu sore saat selasai melaksanakan rutinitas. Manfaat mandi adalah untuk menghilangkan debu, mengurangi bau badan dan membersihkan kulit dari sel-sel yang mati beserta kotoran yang ada di permukaan kulit. Selain itu, mandi juga bisa sebagai terapi dan relaksasi menghilangkan stress.

Mabahaya jika mandi tengah malam

Ulasan Lengkap Mengenai Mitos Mandi Malam


Masyarakat Indonesia pada umumnya mandi diwaktu pagi dan sore, yang menjadi pertanyaan apakah ada efek buruk pada kesehatan jika kita mandi diwaktu malam? Dalam konteks ini orang yang biasanya mandi malam adalah orang yang berkerja dari siang hari hingga menjelang malam sehingga mereka terpaksa harus pulang malam dan mandi di waktu malam hari. Saya pribadi pernah melaksanakan mandi malam ketika ada kegiatan jam kuliah yang sangat padat, ada diklat yang menuntut saya harus mandi malam. Namun, kegiatan ini saya lakukan bukanlah rutinitas yang setiap hari saya kerjakan. Sekarang bagaimana dengan orang yang bekerja tetap dan sering pulang malam, biasanya mereka akan mandi seusai mereka bekerja.

Mitos yang beredar di masayarakat saat ini jika seseorang sering mandi malam akan terserang peyakit rematik, apakah memang benar penyebab penyakit rematik adalah karena mandi saat petang? Menurut saya tidak benar. Karena ada banyak orang yang saya jumpai mereka sering melaksanakan mandi di tengah malam bahkan jam 2 dini hari mandi dan melaksanakan sholat tahajud justru terlihat awet muda, sehat, segar dan memiliki wajah yang berseri-seri. Jadi belum tentu mandi tengah malam itu berbahaya.

Manfaat mandi tengah malam saat waktu tahajud

Justru kalau kita mandi di waktu tengah malam atau dini hari memiliki manfaat yang sangat luar bisa, banyak sudah yang telah membuktikan, baik manfaat untuk kesehatan tubuh  dan juga kesehatan secara emosional yang lebih damai. Orang yang sering mandi saat dini hari biasanya akan terlihat lebih awet muda dan  memiliki paras wajah yang menyenangkan. Biasanya mandi saat malam ini di ikuti dengan sholat tahajud dan berdoa kepada yang mahakuasa. yang mana manfaatnya bisa lebih mendekatkan diri kita dengan sang pencipta.

Waktu tahajud itu antara jam 1 malam sampai jam 4 pagi, saat itulah allah turun ke langit bumi dan berkata " saya raja saya raja saya raja, berdoalah kepadaku makan akan aku kabulkan. Jadi jika sobat memiliki keinginan bisa berdoa diwatu-waktu ini karna sangat mustajab (waktu yang dikabulkan).

lalu bagaimana dengan mandi sebelum tengah malam, contohnya di saat jam 6 sore sampai jam 12 malam? kalau yang contoh di atas kan mandi saat waktu tahajud atau saat dini hari (tengah malam).


Benarkah mandi malam itu menyebabkan rematik ?

penyakit rematik

Mitos hal itu sudah tidak asing kita dengar, orang yang lebih tua di sekitar kita sering memberi pesan " nak jangan mandi malam karena bisa terkena rematik" Padahal menurut ilmu medis tidak ada hubungannya antara mandi, air dan rematik. air berfungsi untuk membersihkan kotoran dari tubuh, kondisi air yang dinginlah membuat rematik yang sudah di derita terasa lebih nyeri atau nyilu, penyebab rematik adalah karean pola hidup kita yang tidak sehat, biasanya karena makana yang kita konsumsi tidak sehat seperti mie instan. Jadi intinya bukan mandi malamlah yang menyebabkan rematik. Untuk mensiasati ketika anda terpaksa mandi malam, gunakanlah air yang hangat agar terhindar dari rasa sakit yang disebabkan radang sendi atau rematik yang sedang anda alami. Ada beberapa gejala penyakit rematik yang perlu anda ketahui, isa jadi anda sedang terkena penyakit ini tanpa disadari.

Benarkah mandi malam mengakibatkan penuaan dini?

Sama halnya dengan mitos yang berkembang untuk penyakit rematik. Ini jelas tidak ada hubungannya secara medis, penyebab penuaan dini bukanlah karena air yang dingin saat malam hari yang disiramkan ketubuh kita, melainkan bisa karena pola hidup yang tidak sehat seperti makanan yang tidak bergizi dan pola fikir yang selalu negatif (sedih dan suka marah-marah) juga bisa menjadi faktor penuaan dini. Intinya mandi malam bukanlah hal yang membuat wajah cepat menjadi lebih tua.

Sebelum saya menyelasaikan tulisan saya ini, saya akan membahas satu lagi mitos yang beredar bahwa mandi malam dapat menurunkan tekanan darah, apakah memang benar begitu ? Saat kita mandi malam, air yang menyegarkan tubuh membersihakn dari kotoran dan memberikan sifat relaksasi dalam fikiran yang membuat kita lebih nyaman dan tenang seusai kegiatan di siang hari. Karena itulah mengapa tekanan dari menjadi lebih rendah dari biasanya. Namun, perlu diketahui bahwa penurunan ini bukanlah hal yang negati untuk kesehatan tubuh.

Demikain penjelasan Bahaya Mandi Di Malam Hari ? Ulasan Lengkap Manfaat Dan Efek Samping mandi malam yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.