Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya

Mata adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi yang sangat sakral dan memiliki bagian-bagian yang cukup kompleks. Dengan seiring perkembangan pengetahuan dan teknologi manusia dapat mengamati dan mempelajari lebih dalam mengenai pemahaman tentang mata.

Kali ini saya akan membahas bagian-bagian mata beserta fungsinya yang mungkin sekarang sedang anda cari tentang informasi ini. Okey langsung pada pokok pembahasan. Baca Dan Kunjungi Juga : Macam-Macam Nutrisi Untuk Kesehatan Mata

Bagian-bagaian Mata Dan Fungsinya

Bagian Mata Dan Fungsinya

Mata memiliki dua organ yang masing-masing memiliki bagian-bagian tersendiri, yaitu organ luar dan organ dalam. Yuk kita bahas bersama-sama pada tulisan di bawah ini :

Organ Mata Luar Beserta Fungsinya

Organ mata luar memiliki bagian-bagian yang berfungsi melindungi mata dari berbagai macam gangguan. Berikut ini penjelasannya.

a. Bulu Mata

Bulu ini terletak dekat sekali dengan mata yang berfungsi menyaring sinar/ cahaya yang akan di terima sebelum masuk ke bola mata.

b. Kelopak Mata

Kelopak mata itu yang dapat membuka dan menutup mata yang memikili kegunaan sebagai penutup serta pelindung mata.

c. Alis Mata

Berada tepat di atas kelopak mata yang sebenarnya memiliki fungsi untuk menahan mata dari air jatuh dari atas seperti keringat dan saat hujan.

Organ Mata Luar Beserta Fungsinya

Beriktut ini bagian-bagian organ mata dalam yang memiliki fungsi masing-masing tapi selalu bekerja sama di dalam cara kerjanya.

1. Kornea

Bagian ini terletak paling luar dari mata yang bening dan tembus pandang, munutupi iris dan pupil. Salah satu karakteristiknya saat kita sentuh mata akan menutup secara reflek. Fungsinya untuk menerima cahaya dari lingkungan sekitar

2. Lensa Krisalin

Lensa ini memiliki fungsi untuk mengfokuskan cahaya yang masuk kebagian belakang mata tepat pada retina sehingga perannya sangat fital.

3. Iris 

Inilah bagian mata yang memiliki warna yang pada manusian kadang berbeda-beda sesuai dengan ganetiknya. Posisi dari iris ini ada di tenga dan berfungsi untuk membatasi banyaknya cahaya yang masuk.

4. Aqueous Humor

Bagian ini berfungsi membiaskan cahaya kedalam mata

5. Pupil 

Berwarna hitam dan berada di tengah Iris yang dapat membuka dan menutup, adapun fungsinya adalah untuk mengatur masuknya cahaya pada bola mata.

6. Retina / Selaput Jala

Retina adalah lapisan yang sangat tipis dari jaringan di dalam mata. Fungsi Retina Mata untuk menangkap sinar cahaya yang masuk ke mata. Impuls cahaya kemudian dikirim ke otak untuk diproses, melalui saraf optik.

7. Syaraf Optik 

Saraf optik mentransmisikan impuls cahaya yang di tangkap retina menuju otak. Menghubungkan ke bagian belakang mata dekat makula. Bagian terlihat dari saraf optik disebut disk optik.

8. Otot Mata 

Otot ini berguna untuk mengatur besar dan kecilnya lensa yang juga merupakan penyangga lensa kristalin.

9. Vitreus humor

Selanjutnya cairan bening yang umumnya berada pada rongga mata. Memiliki fungsi meneruskan cahaya dari lensa menuju ke retina.

10. Bintik kuning

Posisi dari bagian ini di retina yang memiliki bagian yang paling peka terhadap respon dari luar.

Saya Akui artikel ini belum terlalu bagus dan lengkap, saya harap ada kritikan dan saran yang membangun untuk membuatnya semakin bermanfaat. Demikian pembahasan mengenai Bagian-Bagian Mata Serta Fungsinya, semoga bermanfaat dan salam senyum :-)
Sumber gambar :essilorusa.com