Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pencegahan usus buntu

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, hal ini lah yang harus selalu di ingat. Bahwa mengobati penyakit lebih sulit dari pada mencegahnya. Kembali lagi membahas mengenai sakit usus buntu yang telah banyak nyerang manusia, beberapa faktor yang menjadikan manusia terkena usus buntu di antaranya adalah faktor makanan yang di konsumsi dan tingkat daya tahan tubuh sistem pencernaan.

Cara pencegahan usus buntu


Sebenarnya dalam mencari cara mencegah sebuah penyakit menyerang kita dengan mengetahui penyebab penyakit itu, dengan demikian kita bisa menjauh dari penyebab sakit itu terjadi. pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman serta informasi kesehtan mengenai cara mencegah usus buntu agar tidak menyerang kita. 

Walau cara ini tidak bisa menjamin 100% anda akan bebas dari usus buntu, Namun setidaknya anda telah berusaha menjauhinya. Okey kita langsung dalam pembahasannya : 

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Pada umumnya kasus yang menimpa orang yang terkena radang usus buntu adalah karena usus mereka ada sumbatan, dulu waktu saya mengantar mas kandung saya oprasi usus bantu ada ibu-ibu juga yang berada di ruang tunggu dan menceritakan penyebab anaknya terserang usus buntu. Ibu itu bilang bahwa anaknya memakan kacang tanah tanpa di kunyah dan akhirnya menjadi sumbatan pada ususnya. Dari cerita di atas bisa juga menjadi salah satu penyebab orang terkena usus buntu. 

Sedangkan kasus yang menimpa sodara saya sepertinya bukan karena ada kacang di ususnya, entah apa yang menyumbat yang jelas sodara saya sempat depresi berat sehari sebelum gejala usus buntu menyerangnya, badannya demam dan tubuh merasa tidak enak. Menurut pendapat saya stress atau depresi berat juga dapat menjadikan alat pencernaan terganggu.

Satu hal lagi yang saya ketahui dari PMR yang saya ikuti bahwa sistem pencernaan kita bisa melumat tulang di dalam lambung kita dengan asam lambung tetapi tidak bisa menghancurkan makanan jenis kacang-kacangan sehingga bisa mengakibatkan usus buntu.

Tips Cara Alami Pencegahan Usus Buntu Pada Manusia

Seperti yang saya katakan di atas bahwa kita dapat mencegah dengan menghindari penyebab usus buntu, namun saya akan menjabarkan lebih detail cara mencegah usus buntu agar tidak menjangkit kita.
  1. Cerdas memilih makanan yang sehat, tidak harus mahal kok yang terpenting adalah kandungan gizi dan nutrisinya lengkap serta mengandung serat yang cukup.
  2. Saat makan maka kunyahlah hingga benar-benar halus, jika anda orang muslim. Rosul mensunnahkan kita mengunyah sebanyak 33 kali baru kemudian di telan perlahan.
  3. Perbanyak minum air, kalau bisa rutin 2 liter perhari. Manfaar air putih untuk membantu metabolisme dalam tubuh, menjaga temperatur suhu di tubuh kita dan membantu proses pencernaan.
  4. Menghindari depresi atau stress yang berlarut-larut karena dapat menurunkan daya tahan tubuh. 
Bagaimana, sekarang anda sudah mengerti bagaiamana cara pencegahan usus buntu agar tubuh kita terhindar dari sakit pencernaan ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung pada blog yang sederhana ini. Salam senyum :-)