Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Usus Buntu

Penyebab Sakit Usus Buntu -  Kali ini saya akan membahas penyebab sakit radang usus buntu yang sering terjadi pada manusia. Kenapa pada manusia, kok tidak pada hewan seperti sapi, kambing dan ayam saja yang di bahas? Karena saya bukan dokter hewan dan belum pernah mengetahui usus buntu pada selain manusia. Heheheh sedikit humor yang penting mudah di pahami oleh anda semua oleh para pembaca.
Penyebab radang usus buntu

Namanya saja sakit usus buntu, dari sebutannya sudah bisa ketahui penyebab dari sakit ini bahwa terjadinya pembuntuan pada saluran usus kita. Pada umumnya yang membuntu adalah makanan yang tidak berhasil di cerna oleh lambung kita yang kemudian berhenti dan menyumbat usus. Saat saya berda di rumah sakit sempat berbincang-bincang dengan salah satu orang tua pasien usus buntu, ia berkata bahwa anaknya yang masih balita saat ini sedang di rawat karena usus buntu, hal yang membuntu salurannya adalah sebiji kacang yang ditelannya. 

Tahukah anda ? sebenarnya sistem pencernaan manusia dapat menghancurkan hasil kunyahan dari mulut kita pada lambung, semisal potongan tulang ikan itu dapat lunak dan lebur di dalam lambung karena enzim di dalamnya, Namun enzim lambung tidak dapat melunakkan dan menghancurkan makanan yang tertelan berupa kacang atau biji-bijian sehingga oleh lambung disalurkan ke area pembuangan melalui usus, Dari situlah makanan atau sejenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang ukurannya terlalu besar dapat menyumbat saluran usus yang kemudian menjadi penyebab sakit radang usus buntu Usus setiap saat mengalirkan cairan menuju pembuangan, saat tersumbat maka cairan ini akan menumpuk pada bagian yang tersumbat sehingga menjadi bengkak dan area sumbatan tempat yang baik untuk berkembangnya bakteri jahat, adakalanya usus yang tersumbat dapat pecah karena tidak dapat menahan volume yang ada pada sumbatan, jika ini sampai terjadi maka akan sangat berbahaya karena bakteri akan dapat menginfeksi di area perut.

Kunjungi dan baca pula : Pencegahan Usus Buntu

Cara mencegah agar anda tidak sakit radang usus buntu adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki serat yang cukup, perbanyak minum air bening, makanan bergizi dan bernutrisi yang seimbang, tidak harus mahal kok. Demikian artikel saya mengenai Penyebab Radang usus Buntu semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang usus buntu. Terimakasih untuk kunjungannya salam senyum :-)