10 Gejala Anda Kurang Darah Dan Cara mengatasinya

mazmuiz.blogspot.com - Tubuh terasa mudah lemas dan capek tidak sepertia biasanya jangan di anggap remeh, karena bisa jadi Anda mengalami gejala kurang darah atau sering di sebuat anemia. Kurang darah disini bukan di artikan volume darah ditubuh yang berkurang karena pendarahan melainkan karena kadar warna merah hemoglobin darah yang berukurang

10 Gejala Anda Kurang Darah Dan Cara mengatasinya

Ini bisa di sebabkan oleh kurangnya makanan yang di konsumsi kurang bergizi, tubuh yang kekurangan zat besi dan vitamin B 12 menjadi faktor paling sering terkena kurang darah. Bila Anda merasa mengalami gejala di bawah ini bisa di pastikan kemungkinan besar Anda mengalminya.

1. Sering Sakit-sakitan
Tubuh sering mengalami sakit karena tubuh mengalami perunun kekebalannya. Sebab energi di dalam tubuh berkurang inilah yang menyebabkan Anda mudah terserang penyakit.

2. Rontok Pada Rambut
Rambut mengalmi kerontokan bisa juga di sebabkan oleh anemia, tubh yang kekurangan nutrisi akan membuat kesehatan rambut dan kuit berkurang, cepat kering dan rontok. Maka segeralah emngkonsumsi makan yang bergizi.

3. Wajah Pucat
Kurang darah mengakibatan wajah menjadi pucat dan tubuh berwarna kekuningan. Sebab asupan nutrisi pada darah berkurang, warna darah tidak berwarna merah normal.

4. Detak Jantung Tak Normal
Mengalami denyut jantung yang tidak normal, kadang cepat kadang lamban. Ini mengindikasikan darah tidak cukup membawa oksigen ke jantung di karenakan darah mengalami kekurangan nutrisi. 

5. Nafas Sering Sesak 
Kurang darah mengakibatkan Oksigen tidak dapat di bawa secara maksimal oleh darah sehingga mengakibatkan pernafasan terganggu. Hal ini membuat penderita anemia sering mengalami sesak nafas.

6. Tes Ujung jari
Darah yang normal dan cukup nutrisi akan menyebarkan Oksigen kesuluruh organ tubuh manusia termasuk jari.Salah satu cara melihat apakah Anda mengalami anemia atau kurang darah adalah dengan memencet ujung dari hingga terasa sedikit sakit kemudian lihat apakah kembali berwarna merah atau tidak, jika tidak, kemungkinan kurang darah.

7. Sering Sakit Kepala 
Otak memerlukan oksigen untuk berkerja, ketika asupan oksigen berkurang melalui darah maka kepala akan mengalami sakit kepala. Penderita kurang darah ummnya mengeluhkan sering mengalmai sakit kepala.

8. Mual Pagi
Anemia juga mengakibatkan Anda seirng mual saat bangun dari tempat tidur di pagi hari. Hal ini sering terjadi untuk penderita anemia.

9. Kelopak Mata Pucat
Cukup mudah untuk mengetahui gejala anemia dengan melihat mata. Ketika Anda meregangkan kelopak mata dan memperhatikan bagian bawah mata. Anda akan melihat bahwa bagian dalam kelopak mata berwarna pucat.

10 . Mudah Sekali Lelah
Merasa tubuh lemas dan sering lelah padahal aktifitas tidak terlalu berat. Ini terjadi karena tubuh kurang energi dan pasokan oksigen yang berfungsi untuk mensintesis makanan yang ada bersa enzim dalam tubuh. Kurangnya sel darah merah membuat kadar Oksigen tubuh berkurang dan tidak memnuhi kebutuhan tubuh. 

Cara Mengatasi Kurang Darah
Cara yang paling baik untuk mengobati kurang darah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti daging dan kacang-kacangan. Banyak mengandung Vitamin C dan B12  yanf bisa di jumpai pada buah-buahan seperti pisang. Intinya mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayur serta istirahat yang cukup. 

Demikian 10 Gejala Anda mengalami Kurang darah serta cara mengatasinya. Semoga bermanfat untuk Anda para pembaca, jika Anda suka dengan artikel ini, silahka di share pada teman-teman Anda. Terimakasih dan salam senyum.

Postingan terkait: