Tips Merawat Motor Matic Injeksi Honda Agar Awet

loading...
Perkembangan motor matic injeksi Honda dari tahun ketahumn terus mengalami peningkatan sehingga menjadikan motor jenis ini paling banyak kita jumpai di jalan-jalan besar dan kecil. Hal ini menunjukkan betapa banyaknya peminat motor honda matik berinjeksi. 

Sekilas kita bahas dulu keunggulan dari teknologi mesin injeksi ini, kelebihannya adalah menggunkan sistem sensor, lebih efisien bahan bakar, perawatan karburator yang lebih mudah, sisa pembakaran yang lebih ramah lingkungan dan perawatan mesin yang lebih mudah dari pada mesin motor dengan karburator manual. 

Walaupun saat ini banyak sekali konsumen motor bebek yang beralih ke motor matic injeksi Honda teranyata juga masih banyak yang belum mengerti cara merawat motor matic injeksi Honda dengan benar. Oleh sebab itu mazmuiz bogspot akan membagikan tips bagaiamana merawat motor matic injeksi Honda agar tetap awet, berperforma maksimal dan bertenaga.

Tips Merawat Motor Matic Injeksi Honda

Sebelum kita bahas cara merawatnya, ada pertanyaan penting dari saya yang harus sobat jawab dalam hati. Seberapakah penting motor matic injeksi sobat dalam aktivitas sobat sehari-hari? Apakah sobat merasa nyaman bila motor matic injeksi tidak bertenaga/loyo?, dan coba sobat bayangkan jika ditengah jalan tiba-tiba motor matic injeksi sobat mati mendadak tidak mau menyala (ini pengalaman pribadi).

Setelah sobat menjawab pertanyaan diatas mungkin sobat akan berfikir bahwa betapa pentingnya merawat motor matic injeksi Honda kita agar tetap baik kondisi mesin dan sensornya disetiap saat kita membutuhkan motor untuk menunjang segala aktivitas kita. Yuk sekarang kita masuk pada pokok pebahasan. 

Tips Bagaimana Merawat Sepeda Motor Matic Injeksi Honda

Pada prinsipnya perawatan motor injeksi dan non injeksi tidak terlalu berbeda, baik motor honda ataupun merk motor lainnya. Namun tetap ada hal yang harus diperhatikan secara khusus agar motor matic injeksi sobat tetap baik khususnya di komponen mesin. Berikut ini ulasannya untuk sobat: 

1. Panaskan Mesin Sebelum Digunakan Saat Pagi Hari (Apakah Masih Perlu Dalam Mesin Injeksi)
Cara ini merupakan tips klasik yang sampai saat ini masih menjadi kebiasaan oleh banyak pemilik kendaraan bermotor baik injeksi mapun non ijeksi. Sebenarnya tujuan dari pemanasan mesin ini adalah untuk meningkatkan suhu mesin dan agar sirkulasi oli merata pada seluruh komponen mesin. 

Pada teknologi injeksi keluaran baru saat ini tidak terlalu membutuhkan pemanasan karena sudah menggunakan teknologi kontrol elektronik yang menjadikan mesin siap digunakan dalam segala kondisi. 

Jika sobat ingin memanaskan mesin motor injeksi, saran saya cukup 1 menit hingga 2 menit saja agar tidak boros bahan bakar dan udara disekitar tidak terpolusi dengan gas bebahaya dari sisa pembakaran.

2. Tarik Gas Secara Perlahan 
Menarik gas terlalu cepat dapat menyebabkan mesin mengalami keborosn bahan bakar dan menarik gas sering mendadak cepat merupakan kebiasaan buruk saat berkendara. Jadi biasakan untuk menarik gas pertama secara perlahan. 

3. Hindari Memainkan Kecepatan Motor 
Mengerem mendadak dan memainkan laju motor matic injeksi honda dapat mempercepat komponen transmisi menjadi cepat aus. Oleh sebab itu aturlah kecepatan motor secara stabil, jika ingin melaju kencang maka tariklah gas secara perlahan dan jika ingin berhenti atau lamban lepaskan gas juga secara perlahan.

4. Gantilah Oli Mesin dan Oli Transmisi Atau Gardan Motor Matic Injeksi 
Mengganti oli mesin dan transmiisi adalah kunci perawatan komponen kendaraan motor matic injeksi. Sebab oli berfungsi ganda di dalam mesin motor kita selain melumasi juga berperan dalam menjaga komponen dari karat, aus dan kotoran dalam mesin sehingga kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan secara benar. 

Gantilah oli mesin dan transmisi motor matic injeksi sobat pada waktu yang tepat secara rutin, artikel mengenai pergantian oli sudah saya tuliskan untuk sobat, sobat bisa membcanya pada tautan link berikut ini : 


7. Hal Penting Dalam Mencuci Motor Matic Injeksi Honda
Bilda sobat hendak mencuci motor matic injeksi sobat, usahakan pada bagian ECM dan Throttle body tidak dibasahi secara berlebihan karena dapat merusak komponennya, jadi cukup basahi secukupnya saja.

8. Hindari Tangki Bahan Bakar Kosong Total
Alasan mengapa tangki bahan bakar matic injeksi tidak boleh kosong karena bila tangki sering dalam kondisi kosong total akan merusak pada pompa injeksi. Saran saya sebaiknya segera isi kembali bahan bakar motor sobat bila sudah mendekati emty/kosong.

9. Periksa Kondisi Busi dan Aki 
Motor matic injeksi hampir seluruh kinerja komponennya menggunakan sistem elektronik sensor yang membutuhkan daya listrik agar dapat bekerja sebagaimana mesitnya. Disinilah peran busi dan aki atau accu motor. Bila salah satu komponen ini bermasalah dapat mengakibatkan motor matic injeksi sobat tidak dapat menyala alias mati total.

10. Chek Atau Servise Motor Matic Injeksi Sobat di Bengkel Resmi Honda
Kapan sih kita harus melakukan chek atua servise motor matic kita ke bengkel resmi Honda? Ketika motor matic dirasa mulai tidak nyaman dan mengalami gangguan baik dari performa atau hal lain yang menurut sobat tidak normal. Alasan harus memeriksakan motor di bengkel resmi Honda karena sobat akan mendapatkan pelayan yang maksimal dan tidak diragukan lagi kualitas servisenya.
Demikian ulasan singkat padat mengenai tips merawat motor matic injeksi honda semoga motor sobat semuanya awet, tahan lama dan performa mesin selalu maksimal. Sampai jumpa di artikel otomotif lainnya ya, terimakasih dan salam senyum.

loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Merawat Motor Matic Injeksi Honda Agar Awet"

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi