Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Oli Motor Matic Yang Bagus Untuk Honda BeAT eSP

Sobat mencari informasi oli apa yang bagus untuk motor Honda BeAT eSp? Sobat akan menemukan jawabannya pada artikel ini. Sebelum kita membahas tentang oli ada baiknya kita liat dulu spesifikasi mesin pada Honda BeAT, kenapa harus melihat spesifikasi mesin dulu? 


Alasannya adalah untuk membantu kita dalam mengetahui kebutuhan jenis oli pada mesin berdasarkan spesifikasinya. Pada artikel sebelumnya saya sudah menulis bahwa oli motor honda saat ini secara umum terbagi menjadi 3 jenis. 

Pertama oli untuk motor Bebek, bebek matic dan Sport. Kedua oli untuk motor matic dan yang terakhir adalah oli motor untuk mesin keluaran lama yang diproduksi oleh honda seperti karisma, supra dan lain-lain

Spesifikasi Mesin Honda Beat

Tipe mesin
4 Langkah SOHC
Sistem pendinginan
Pendinginan udara, eSP
Diameter x langkah
50 x 55,1 mm
Volume langkah
108,2 cm3
Perbandingan kompresi
9,5 : 1
Daya maksimum
6,38 kw (8,68 ps / 7.500 rpm
Torsi maksimum
9,01 N.m (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm
Kopling
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter
ACG starter, pedal dan elektrik
Busi
NGK MR9C-9N / DENSO U27EPR-N9
Sistem bahan bakar
Injeksi (PGM-FI)
Transmisi
Otomatis, V-Matic
Sistem pengapian
Full transisterized, Baterai

Pada tabel di atas kita ketahui bahwa kopling pada motor Honda Beat eSP adalah tipe kopling kering dan merupakan motor matic.

Oli Motor Matic Yang Bagus Untuk Honda BeAT eSP

AHM Oil merekomendasikan oli yang cocok dan bagus untuk Honda Beat dengan spesifikasi mesin diatas adalah SPX2 dan MPX2. Pilihannya memang ada dua, namun yang menjadi pertanyaan disini 
adalah apa bedanya antra SPX dan MPX? 

Sobat bisa membaca artikel ini : Perbedaan Oli MPX dan SPX

Disini akan saya jelaskan secara singkat bedanya Mpx2 dan Spx12 untuk sobat, Bahan dari oli spx2 adalah fully synthetic sedangkan oli mpx2 tidak. Walaupun keduanya diperuntukkan untuk motor matic tapi tetap ada perbedaannya. 

Bila Motor BeAT eSP sobat keluaran terbaru, misal 2015-2016, maka oli yang berbahan dasar fully syntheticlah yang paling bagus atau dengan kata lain Oli SPX2 lah pilihan tepat. Jika motor  honda beat sobat keluaran lama misal 2008 maka oli yang cocok dan bagus adalah MPX2. 

Bagaimana sobat, sudah tahukan jawabannya oli mana yang bagus untuk Honda BeAT eSP. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjawab pertanyaan sobat, Bila ada pertanyaan silahkan berkomentar ya dibawah ini. Sampai jumpa dan salam senyum.