Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Senyawa Kimia


Definisi dari senyawa kimia adalah zat kimia murni terdiri dari 2 atau lebih unsur yang dapat dipecah kembali menjadi unsur-unsur pembentuknya dengan reaksi kimia tersebut. Bingung? Saya beri contoh, hidrogen monoksida (H2O/air) adalah sebuah senyawa yang terdiri dari dua atom hidrogen untuk setiap atom oksigen. 

Biasanya, perbandingan ini harus tetap karena sifatnya, buka perbandingan yang dibuat manusia. Oleh sebab itu material seperti superkonduktor  YBCO, semikonduktor (aluminium falium arsenida), kuningan dianggap sebagai aloy atau campuran dan bukan tergolong dari senyawa.

Ciri yang membedakan senyawa terdapat pada rumus kimia. Rumus kimia dapat memberikan perbandingan atom dalam zat, dan jumlah atom di dalam molekul tunggalnya seperti contoh berikut rumus kimia pada etana adalah C2H4 bukan CH2, namun rumus kimia tidak menyebutkan apakah senyawa tertentu terdiri atas molekul, misal natrium klorida (NaCL) atau garam dapur adalah senyawa ionik. 

Senyawa bisa berwujud dalam beberapa fase, namun kebanyakan senyawa dapat berupa zat padat juga dapat berupa cairan atau gas. Satu hal yang perlu diketahui bahwa semua senyawa dapat penjadi senyawa yang lebih kecil atau atom individual jika dipanaskan sampai suhu tertentu (disebut suhu penguraian).