Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Mencairkan Uang Truemoney di Alfamart

Hallo lama sudah tidak mengisi artikel di blog ini karena kesibukan yang saat ini dijalani, kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman pribadi mencairkan uang true money melalui alfamart. Dalam artikel ini saya sebutkan saja merek ya, mudah-mudahan tidak apa-apa. 

Saya melakukan penarikan uang ini juga baru pertama kali, dan kejadiannya sekitar 3 minggu yang lalu. Awal mulanya saat saya menjual obat penghilang tahi lalat secara online dan konsumen saya belum memiliki rekening, akhirnya pembayaran melalui transfer truemoney yang dapat diambil di  seluruh cabang alfamart (katanya begitu). 

Cara ini bisa menjadi pilihan untuk sobat yang ingin transfer uang ke keluarga atau teman yang membutuhkan tanpa harus memiliki rekening Bank. Penerima dapat mengambil uang di cabang alfamart dengan syarat membawa fotocopy KTP dan no hp. Owh iya untuk biaya layanan ini kalau tidak salah fee nya  Rp 15rb. 

Untuk maksimal dan minimal jumlahnya transfer saya kurang paham, tapi waktu saya dapat transfer nominalnya Rp100rb. Saran saya, kalau jumlah transfernya besar jangan melalui cara ini, khawatirnya uang cash di alfamart tidak mencukupi sehingga transaksi sobat akan terhambat. 

Kembali lagi ketopik tentang pengalaman saya, ketika mendapat kabar dari konsumen bahwa dia sudah mentransfer sejumlah uang yang di tujukan kesaya melalui truemoney yang bisa diambil di gerai alfamart terdekat, saya di kirimkan foto struk bukti transaksi yang berisi info Nama, No hp dan kode MTCN. Sobat bisa melihat gambarnya di bawah ini : 


Informasi di struk ini harus diperhatikan terutama tanggal terakhir beralakunya kode MTCN, buat yang belum tau kode mtcn itu apa, kode ini di buat sebagai kode keamanan dan kode transaksi, oleh sebab itu jangan sampai orang tau kode ini jika sobat belum mencairkan uangnya.

Trus apa yang terjadi jika uang tidak segera diambil hingga habis masa berlaku kode MTCN nya? Saya belum tahu pasti, ada kemungkinan uang akan hangus atau dikembalikan ke pengirim, jadi sebaiknya segera ambil saja, kecuali sobat mau coba-coba.

Gambar di atas juga tertulis bahwa admin fee 15rb dan jumlah transfer 100rb, saya juga belum paham apakah admin fee ini fix atau berubah-ubah sesuai jumlah nominal yang di transfer, tapi menurut saya sih tarif fix.

Cara Pengambilan Uang Trumoney di Alfamart 
Pertama yang harus sobat lakukan adalah mendatangi gerai alfa terdekat di kota Anda, saran saya datanglah di jam sepi agar tidak antri panjang dan karyawan alfa mau melayani pencairan uang sobat.

Pengalaman saya ini berlokasi di malang, saya sampai bingung karena saya harus keliling malang untuk mencairkan truemoney di alfa, saya sampai harus bolak balik datang di gerai alfa hanya untuk mendengar kata "maaf mas gak bisa, lagi gangguan, coba nanti" sobat tau saya sampe 3 kali bolak balik datang di gerai yang sama dan ternyata jawabannya sama, pada kedatangan saya yang ke 3 di gerai ini saya bertanya "apakah gangguan ini terjadi di semua gerai alfa?". petugas alfa bilang "iya mas, untuk daerah malang yang satu jaringan gangguan semua".

Saya gak nyerah gitu aja, lumayan kan uang 100rb buat beli bakso hehehe, akhirnya saya datang ke gerai alfa yang lain dengan jarak ber kilo-kilometer, dan jawabannya sama lagi gangguan dan sobat tau yang buat saya jengkel? saya sudah antri lama dan jauh-jau datang ke gerai alfa kalau gak salah gerai yang ke 7 (dari ke 7 ini berbeda-beda tempat dan paling jauh jaraknya) ternyata jawabnya lagi gak bisa dan malah nyuruh saya coba cairkan di indomart atau alfamidi, katanya alfamart semalang gangguan. Pikiran saya whaaaat? masak harus ke luar kota buat nyairin ini doang?

Tetap tidak menyerah akhirnya saya pergi mencari alfamidi dan indomart, hasil akhirnya tetap sama, mereka tidak menyediakan jasa pencairan dana dari truemoney, saya merasa ditipu dan jengkel waktu itu oleh karyawan alfamart yang ke 7.

Akhirnya saya menyerah deh dan berencana untuk pulang, diperjalanan pulang saya dan teman saya memutuskan untuk melewati jalan kampung, dan kebetulan melihat 1 gerai alfamart, pikir saya "coba ah barangkali bisa, kalau gak bisa ya sudahlah" Akhirnya saya masuk dan antri, kebetulan cuma 1 pembeli jadi agak cepat.

Di Gerai inilah akhirnya uang saya bisa dicairkan, alhamdulillah batin saya bersyukur akhirnya pejuangan yang begitu melelahkan terbayar sudah.

Owh iya buat sobat yang bertanya gimana sih bilangnya ke karyawan alfamart untuk mencairkan dana? Pertama datang ke kasir dan bilang "mba/mas bisa ambil uang truemoney?" Jika jawabnnya bisa, biasanya akan ditanya berapa jumlah uang yang mau diambil? jawab aja sesuai yang ada di struk mtcn.

Syarat untuk pengambilan uang harus bawa FC KTP ya, FC itu bukan klub bola ya tapi fotocopy 1 lembar, bila perlu bawa KTP juga. Nanti sobat akan di minta tanda tangan dan diberikan selembar kertas sebagai bukti telah mencairkan dana, estimasi pengurusan ini kisaran 5 menitan karena saya lihat agak ribet.

Ini adalah foto kertas penerimaan dana
Saya bersyukur dan senang di gerai alfamart ini karena pelayanannya bagus, ramah dan tetap mau melayani pengambilan dana truemoney saya walaupun ribet prosedurnya. Dalam pikiran saya "mungkin karena prosedur ribet ini yang membuat banyak gerai alfamart lain enggan membantu saya"

Sobat tidak perlu khawatir karena bisa jadi kejadian ini hanya ditempat saya, jadi sobat bisa menggunakan cara ini sebagai alternatif pengiriman uang bila menggunakan rekening tidak memungkingkan. Demikian yang bisa saya bagikan pengalaman mengambilan uang truemoney di Alfamart, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.