Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Air Ke Sumber Maron Malang Yang Sungguh Istimewa

Gatel rasanya pingin nulis pengalaman liburan yang satu ini, sudah 5 tahun di malang masih banyak destinasi  wisata yang belum saya dikunjungi dan akhirnya saya berkesempatan untuk berlibur disalah satu wisata air di malang yaitu sumber maron.

Sumber maron Malang adalah 1 diantara banyak tempat wisata air tawar di malang dengan banyak fasilitas liburan dan pastinya murah, rokemen deh untuk sobat yang lagi menghemat tapi ingin tetep liburan seru bareng keluarga.

Lokasi sumber maron malang berada di daerah gondanglegi, tepatnya di Karangsuko, Pagelaran, Karangsuko, Malang, Jawa Timur. Kalau sobat belum pernah ke sumber maron untuk mendapatkan alamatnya bisa dapat dengan mudah diakses di google map, caranya dengan mengetik kata kunci "sumber maron malang" selain itu jalannya juga sudah bagus aspal dan cor.

Alamat yang benar di lingkar merah ya. Kalau yang warna hijau itu kantornya

Sobat juga tidak perlu bingung karena banyak tempat parkir disana, mobil ataupun sepeda motor juga tesedia. Owh iya ada 2 pintu masuk ya, pintu masuk 2 lokasi paling dekat dengan wisata tubbing namun jalannya agak curam dan khusus sepeda motor, kalau mobil di pintu masuk 1. Lokasi juga tidak terlalu jauh dari jalan raya, jadi bukan daerah plosok.

Berapa Sih Tiket Masuk dan Fasilitas Penyewaan di Wisata Sumber Maron?
Biar gak bingung akan saya coba rincikan, berikut ini daftar biayanya:
Tiket masuk per orang Rp. 3000 dewasa Rp. 2000 anak kecil
Parkir sepeda motor Rp. 2000 ( ada juga yang Rp. 3000)
Parkir mobil Rp. Rp. 5000
Sewa ban untuk mandi atau tubbing Rp. 3000 - Rp. 15000 (Tergantung ukurannya)
Sewa perahu untuk anak Rp. Rp. 5000
Sewa kamar mandi (Rp. 1000-2000)
Sewa loker Rp. 5000


Wahana Menarik Di Sumber Maron

Wisata Air  Alami 
Buat sobat yang suka air alami, sumber maronlah tempatnya, air yang berasal dari sumber alami ini bersih, sejuk dan menyegarkan, dilokasi ada semacam waduk dengan dasaran pasir dan krikil kecil-kecil yang aman untuk kita injak, kedalaman air juga bervareasi mulai dari 30 cm hingga 1 meter lebih, jadi sangat cocok untuk bermain air bagi anak-anak dan orang dewasa. Kalau sobat hobi berenang juga bisa beranang di semacam waduk ini, airnya segeeeeer banget.

Pemandian di sumber maron difasilitasi tempat penyewaan ban dan perahu (untuk anak-anak) harga sewanya juga murah, di sekitar waduk juga banyak warung dan tempat untuk mandi atau ganti baju, jadi cukup lengkap dan memanjakan.

Tubbing/Mini Arum Jeram
Suka olahraga yang memacu adrenalin? sumber maron menyediakan wisata tubbing dengan menggunakan ban besar. Air yang lumayan deras dengan bebatuan yang cukup besar akan semakin membuat sobat betah bermain tubbing. Kalau menrut saya sih permainan ini sangat menyenangkan dan tergolong cukup aman, sebab di area finis ada palang bambu yang dapat mencegah Anda hanyut selain itu ada penjaga siap sedia.

Pemandangan Yang Asri 
Lokasi yang berbukit dan dikeliling persawahan yang hijau dengan sungai yang bersih membuat mata kita termanjakan pemandangan yang indah nan asri, jadi awal kita masuk ke area sudah melihat pemandangan yang menyenangkan.

Wisata Kuliner 
Ininih yang bikin pingin sering main kesini, setelah capek mandi, berenang dan main tubbing perut akan terasa lapar, dilokasi ini terdapat banyak warung menyediakan masakan khas jawa, dari soto, bakso dan lain-lain tersedia disini. Soal harga? tenang, disini murah-murah kok makanannya, jadi harga makanan di kampung. Kalau biasanya di tempat wisata makanannya mahal disini makanannya murah-meriah.

Air Terjun Mini 
Buat yang suka air terjun disini juga ada loh, walaupun air terujunnya tidak tinnggi tetapi memiliki bentuk yang indah, cocok untuk selfie dan mengabadikan momen bahagia saat liburan. Airnya juga bersih jadi akan sangat menyenangkan berwisata di air terjun ini.

Aslinya lebih bagus dari pada foto ini, difoto ini saya berdiri dan teman saya duduk
Eksis dulu hahaha
Snorkling Air Tawar
Punya hobi snorkling? di sumber maron juga ada spotnya. Kalau main kesini jangan lupa bawa kacamata renang ya biar sekalian berenang sekaligus menikmati indahnya bebatuan dan ikan-ikan besar yang ada di waduk sumber maron. Saya sendiri waktu itu membawa kacamat renang dan berenang bersama ikan-ikan besar, sungguh pemandangan yang indah dan menyenangkan.

Ikannya banyak yang besar, tapi ada juga yang kecil

Wisata Teknologi PLTMH 
Tidak hanya wisata alam saja yang disuguhkan di sumber maron, disana ada pembangkit listri tenaga terbarukan loh, yaitu pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Air yang berada di waduk tadi sebagian airnya disalurkan ke pembangkit listrik sehingga warga sekitar dapat merasakan manfaat dari teknologi ini. Owh iya sekaligus informasi, PLTMH ini adalah hasil kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang atau di singkat UMM.

Ruang pembangkit listrik mikro hidro

ini kata mereka tentang sumber maron :
Beberapa komentar dari pengunjung 
Tips atau Saran
Jika sobat tidak suka keramaian yang berlebihan sebaiknya datang di selain weeken karena biasanya akan sangat ramai di sumber maron. Kalau tetap ingin berangkat hari sabtu/minggu datanglah di pagi hari karena airnya akan sangat segar dan belum ramai pengunjung. 

Untuk dokumentasi mohon maaf ya karena waktu itu hp saya lowbat jadi tidak banyak mengambil foto di sekeliling. Semoga pengalaman indah yang saya alami saat berwisata di sumber maron juga sobat alami bila berlibur disana. sampai jumpa di artikel yang lain.